Yuk, buat libur akhir pekan jadi seru walau di rumah
Elshinta
Jumat, 12 Juli 2019 - 18:15 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Sigit Kurniawan
Yuk, buat libur akhir pekan jadi seru walau di rumah
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2Ju2yV2

Elshinta.com - Bagi orangtua yang bekerja, akhir pekan adalah saat yang tepat untuk beristirahat. Namun anak-anak sering meminta untuk pergi berlibur. Orangtua tentunya menjadi dilema apalagi jika mulai masuk tanggal tua.

Sebenarnya akhir pekan tidak harus ke tempat-tempat rekreasi. Libur akhir pekan dapat diisi dengan kegiatan yang dapat menambah pengetahuan dan pengalaman anak. Intinya isi dengan kegiatan yang membuat orangtua bisa semakin dekat dengan keluarga dan anak-anak pun merasa bahagia. Sehingga saat nanti kembali beraktivitas belajar di sekolah menjadi lebih bersemangat. Momen-momen sederhana tapi istimewa seperti itu akan selalu dikenang oleh anak-anak.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut liburan seru akhir pekan yang bisa dilakukan bersama anak-anak tercinta:

Bercocok Tanam

Jika salah satu dari orangtua ada yang suka berkebun, tak ada salahnya ajak buah hati untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan tentang tanaman. Tak masalah jika lahan yang dimiliki sangat sempit.

Pilih tanaman yang mudah ditemukan. Ajarkan anak-anak cara menanam dan merawat. Pot yang digunakan pun bisa menggunakan barang bekas seperti ember.

Memasak

Memasak bersama bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Ajarkan anak-anak bagaimana mengolah makanan sehingga mereka akan mengetahui bagaimana proses mengolah makanan sebelum siap disantap. Ajari cara mencuci sayuran yang benar dan cara memotong hingga mengolahnya.

Sambil memasak, orangtua bisa memberikan pelajaran seperti untuk tidak menyia-nyiakan makanan atau bagaimana cara menjaga kebersihan makanan dan lain sebagainya.

Menghias Kue
Jika selama ini selalu membeli kue atau roti, akhir pekan ini coba isi dengan membuat sendiri. Lalu ajak anak-anak untuk menghias kue. Agar lebih seru, adakan lomba siapa yang hiasan kuenya paling bagus. Jangan lupa tetap berikan pujian akan hasil hiasan mereka walaupun tidak menang.

Prakarya
Membuat prakarya bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Tidak harus yang rumit, ajak anak-anak membuat sesuatu dari benda-benda sederhana misalnya dengan mengunakan stik es krim.

Dari bahan stik es ini bisa dibuat berbagai karya sepertitempat pensil atau pigura. Jangan lupa beri cat warna agar hasil karya terlihat menarik.

Mengecat barang bekas

Manfaatkan pot-pot atau plastik-plastik bekas, botol, ember atau kaleng bekas sebagai wadah tanam. Ajak anak-anak mengecat ulang dengan warna-warna kesukaan mereka. Jangan lupa pajang hasil karya mereka agar ikut merasa bangga.

Dirikan tenda
Jika memungkinkan bisa mendirikan tenda di halaman atau di dalam rumah pun juga tetap asyik. Jika tidak memiliki tenda, tidak masalah. Karena bisa membangun tenda atau rumah-rumahan dari bahan sederhana.

Bisa dengan kain sprei tempat tidur yang diletakkan di bawah atas tatanan bangku-bangku atau dari kardus bekas. Lalu hias agar terlihat menarik.

Nonton film

Untuk menonton film ini sesuaikan dengan usia anak dan usahakan tidak hanya memberi hiburan saja tapi juga ada memiliki sisi edukatif. Agar seperti di bioskop, siapkan pula camilan dan minuman. Akan makin seru, jika disiapkan kostum yang sesuai dengan karakter dalam film.

Membuat pertunjukkan
Ada banyak hal yang bisa dijadikan pertunjukan sendiri di rumah seperti penampilan drama, menyanyi, menari, mendongeng atau penampilan lainnya. Selain menghibur, mungkin dari sini akan terlihat bakat tersembunyi yang dimiliki anak-anak.


Merapikan rumah

Mulailah dengan acara merapikan kamar anak. Ajak anak membereskan barang-barang yang ada di kamarnya. Setelah itu, ajak anak untuk merapikan benda-benda di rumah yang ringan dan tidak membuat anak lelah.

Membersihkan sepeda

Membersihkan sepeda bisa menjadi kegitan yang menyenangkan di akhir pekan. Ajak anak membantu agar mereka juga merasakan asyiknya membersihkan sepeda tidak hanya ketika menaikinya.

Membereskan mainan

Ajak anak menata mainan mereka. Misalnya mainan mobil-mobilan menjadi satu wadah atau memiliha mana mainan yang sering digunakan dengan yang jarang dipakai. Sehingga selain terlihat lebih rapi juga memudahkan ketika mencari.

Percobaan Sains
Percobaan sains adalah permainan belajar yang sangat menyenangkan dan pasti disukai setiap anak. Percobaan sains tidak harus menggunakan bahan kimia, seperti membuat roket dari botol bekas dan minuman bersoda.


 


 

Description: Arthur Gideon

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Perlukah membentuk karakter anak sejak dini?
Selasa, 15 Oktober 2019 - 12:49 WIB
Elshinta.com - Berbagai penelitian mengungkapkan pentingnya pendidikan usia dini bagi perkembangan k...
Bila orang tua mudah marah, apa yang akan terjadi pada anak?
Selasa, 08 Oktober 2019 - 09:48 WIB
Elshinta.com - Setiap orang tua memiliki karakter yang berbeda-beda termasuk dalam hal emosionalnya....
LKK NU sebut usia perkawinan 4-7 tahun rentan pertengkaran
Senin, 07 Oktober 2019 - 15:43 WIB
Elshinta.com - Sekretaris Lembaga Kemasyarakatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKK NU) Alissa ...
Orang tua, perhatikan hal ini agar kemampuan anak berkembang maksimal
Minggu, 29 September 2019 - 16:16 WIB
Elshinta.com - Usia balita merupakan usia emas, sehingga orang tua harus mengisi masa ters...
Ini peran penting ayah dalam perkembangan anak
Jumat, 27 September 2019 - 10:45 WIB
Elshinta.com - Selama ini anggapan bahwa tugas seorang ayah adalah mencari nafkah dan anak menjadi t...
Saat anak tidak mau mendengarkan perkataan orang tua, apa yang harus dilakukan?
Jumat, 20 September 2019 - 13:17 WIB
Elshinta.com - Alasan utama anak enggan mendengarkan karena tidak menyukai apa yang orang tua sampai...
Ingin melatih anak agar memiliki rasa percaya diri? Ini caranya
Senin, 16 September 2019 - 14:44 WIB
Elshinta.com - Sebagai orang tua tentu sangat senang melihat anaknya memiliki rasa percaya diri dan ...
Mengapa anak senang memukul saat marah? Mungkin ini alasannya
Rabu, 11 September 2019 - 14:35 WIB
Elshinta.com -  Refleks anak saat marah bermacam-macam. Salah satunya memukul atau menendang orang ...
Ini cara agar anak tidak mudah menyerah
Rabu, 04 September 2019 - 12:38 WIB
Elshinta.com - Setiap orang tua pasti mengharapkan anak-anaknya menjadi sosok pribadi yang mandiri d...
7 hal yang bisa dilakukan orang tua agar anak bahagia
Jumat, 30 Agustus 2019 - 15:10 WIB
Elshinta.com - Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya merasa bahagia. Tak jarang karena in...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV