Selasa, 25 April 2017

5 langkah dasar yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis rumahan

Kamis, 09 Juli 2015 04:11

Ilustrasi Ilustrasi
Ayo berbagi!

Jika sebelumnya kita sempat membahas apa saja keuntungan yang didapat dari bisnis rumahan, kali ini kita akan mengulas tentang langkah dasar dalam memulai usaha rumahan.
 Apabila Anda sudah mantap untuk menjadikan usaha rumahan sebagai jalan yang Anda pilih, maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk dilakukan. Seperti yang dikatakan Istijanto Oei, Pelatih dan Konsultan Bisnis Prasetya Mulya, berikut langkah-langkah dasarnya :

1. Membuat perencanaan

Rencana bisnis merupakan kunci untuk mengakses dana sebagai modal kerja. Rencana bisnis dapat memberi gambaran tentang jumlah modal yang diperlukan, untuk mengetahui persaingan pasar dan untuk mempromosikan usaha Anda.

2. Membuat simpanan dana

Simpanan dana dapat berupa tabungan atau deposito dengan minimal 6 kali pengeluaran rutin bulanan. Simpanan dana digunakan sebagai dana untuk membayar kebutuhan rutin pada saat usaha Anda belum mendapatkan keuntungan. Hal ini biasanya terjadi pada awal-awal berdirinya usaha Anda.

3. Membuat anggran arus kas

Membuat anggaran pemasukan arus kas setiap bulan untuk mengetahui berapa sebenarnya keuntungan yang Anda peroleh.

4. Memisahkan antara uang pribadi dengan uang bisnis

Gunakan keuangan bisnis untuk keperluan bisnis, jangan dicampur adukan dengan keuangan pribadi. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kegagalan dalam usaha Anda.

5. Mendapat izin dari orang terdekat

Anda berusaha mencari penghasilan tidak lain untuk meningkatkan potensi dalam mencapai kehidupan keluarga yang sejahtera. Oleh karena itum support dan doa restu dari suami dan anak-anak adalah hal yang paling utama.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar