Menhub: Secara teknis, runway 3 Bandara Soetta siap beroperasi Agustus 2019
Elshinta
Senin, 22 Juli 2019 - 08:32 WIB | Penulis : Dewi Rusiana | Editor : Administrator
Menhub: Secara teknis, runway 3 Bandara Soetta siap beroperasi Agustus 2019
Menhub Budi Karya Sumadi mengamati skema Runway 3 Bandara Soetta saat meninjau runway tersebut, di Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Minggu (21/7). Sumber foto: https://bit.ly/2StfVaU

Elshinta.com - Secara teknis Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) siap beroperasi pada pertengahan Agustus 2019, yaitu setelah Standard Operating Procedure (SOP) disempurnakan dan Sosialisasi kepada para maskapai penerbangan dilakukan. 

Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi (Menhub), Karya Sumadi saat melakukan peninjauan di Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Minggu (21/7).

"Kita akan usulkan paling lambat pertengahan Agustus 2019 secara teknis bisa beroperasi. Sebenarnya sekarang bisa. Tapi saya pikir lebih baik kita sempurnakan SOP-nya terlebih dahulu, kita harus sosialisasi dengan maskapai, karena jenis pesawat yang bisa di sini kan belum semuanya," papar Menhub, seperti diinformasikan melalui laman resmi Kemenhub. 

Menhub mengatakan, dioperasikannya Runway 3 Bandara Soetta pada Agustus menjadi kado spesial di hari Kemerdekaan Indonesia.

Menhub Budi menjelaskan, dengan adanya Runway 3 ini dapat membuat kapasitas take off landing bertambah dari 81 menjadi 114 take off landing. Saat ini Runway 3 memiliki panjang 2.500 meter, namun akan bertambah hingga 3.000 meter sampai Bulan November 2019.

"Sekarang kemampuan dari Soetta, satu jam itu kira-kira 81 take off-landing. Dengan kapasitas itu, memang kita belum bisa membuat kecepatan jadi lebih baik. Oleh karenanya kita diamanahkan untuk membangun Runway 3 dengan harapan bisa akan tambah menjadi 114 take off-landing. Jadi ada peningkatan level of service-nya," jelas Menhub. 

Jika Runway sepanjang 3.000 meter telah rampung. Maka akan dapat menambah lagi kapasitas take off-landing hingga 40 persen.

"Sekarang ini 2.500 meter yang telah rampung dan bisa segera digunakan. Nanti kita akan laporkan kepada Pak Presiden. Dalam waktu Bulan September atau Oktober sudah menjadi 3.000 meter dan naik menjadi 40 persen itu bisa diilustrasikan kira-kira menjadi 100 juta penumpang per tahunnya, " ungkapnya.

Dalam tinjauan tersebut, Menhub Budi juga menyaksikan test proper flight dari pesawat kalibrasi. Menhub juga sempat berbincang kepada pilot pesawat tersebut untuk mendapatkan input untuk perbaikan Runway 3.

"Ini tadi bukan penerbangan pertama tapi penerbangan test proper flight atau tes Runaway 3 ini. Tadi pilot pesawat kalibrasi Capt. Iwan menyatakan clear, tidak ada masalah, jadi secara teknis ini sudah bisa dipertanggung jawabkan," tuturnya.

Secara keseluruhan Menhub Budi menyatakan senang telah adanya Runway 3 yang menjadi arahan Presiden Joko Widodo. Ia berharap AP II bisa menyediakan fasilitas yang baik dan lengkap sehingga Jakarta juga dapat menjadi salah satu destinasi wisata dan menyumbangkan devisa ke Indonesia.

  • "Oleh karenanya, kita tidak hanya bisa berpikir tentang bandara tapi juga infrastruktur pendukung, sarana umum, kita harus siapkan karena simulasi tentang kebutuhan-kebutuhan itu harus bisa dilakukan dengan baik. Sehingga masyarakat bisa menggunakan bandara secara baik, waktunya tepat, pelayanannya baik, yang kita tentu harapkan Jakarta juga menjadi destinasi wisata yang bisa menambah devisa bagi negara," tandasnya. 
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Jonan optimis akhir 2020 seluruh rumah di Indonesia tersambung listrik
Senin, 26 Agustus 2019 - 09:43 WIB
Elshinta.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan menyampaikan bahwa selu...
Seorang haji Pangkalpinang tertunda kepulangannya
Senin, 26 Agustus 2019 - 09:07 WIB
Elshinta.com - Seorang haji asal Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung atas nama Ismail Ahm...
Kemenag: Sistem zonasi jemaah haji akan dipertahankan
Minggu, 25 Agustus 2019 - 21:43 WIB
Elshinta.com - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Sekjen Kemenag) M Nur Kholis Setiawan mengat...
Ratusan gamers dari berbagai daerah ikuti turnamen Wali Kota Cup Kediri 2019
Minggu, 25 Agustus 2019 - 21:29 WIB
Elshinta.com - Kali pertama Pemerintah Kota Kediri mengadakan turnamen game berbasis online. Perma...
Pertamina kenalkan Bright Gas ukuran 220 gram di Jayapura
Minggu, 25 Agustus 2019 - 20:42 WIB
Elshinta.com - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VIII bersama masyarakat Jayapura, Papua ...
Pemprov Jatim beri santunan kepada korban KM Santika Nusantara
Minggu, 25 Agustus 2019 - 20:12 WIB
Elshinta.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa atas nama Pemprov memberikan pengganti ...
113 kendaraan meriahkan festival kendaraan hias
Minggu, 25 Agustus 2019 - 19:29 WIB
Elshinta.com - Sekitar 113 kendaraan ikuti Festival Kendaraan Hias 2019 yang digelar Pemerintah Kota...
Gadget dapat timbulkan stress hingga gangguan perilaku
Minggu, 25 Agustus 2019 - 19:16 WIB
Elshinta.com - Pada perkembangan teknologi digital saat ini dimana segala sesuatu bisa dimudahkan, n...
Masyarakat Kota Bekasi ramaikan acara Fesbuk 2019
Minggu, 25 Agustus 2019 - 17:25 WIB
Elshinta.com - Ribuan masyarakat Kota Bekasi antusias mengikuti Festival Bekasi Untuk Kemerdekaan (F...
Perairan Maluku dibayangi gelombang tinggi empat meter
Minggu, 25 Agustus 2019 - 16:57 WIB
Elshinta.com - Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon memprakirakan gelombang laut dengan tinggi samp...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)