Kejagung tingkatkan pelayanan melalui IT
Elshinta
Senin, 22 Juli 2019 - 11:52 WIB | Penulis : Dody Handoko | Editor : Dewi Rusiana
Kejagung tingkatkan pelayanan melalui IT
Foto: Dody Handoko/Elshinta.com

Elshinta.com - Untuk terus mengikuti perkembangan teknologi, Badan Diklat Kejaksaan Agung RI mempunyai 38 Aplikasi melalui 34 hardware dengan alat dukung IT. Ini dilakukan Badan Diklat Kejagung RI dalam rangka meningkatkan jumlah unit pelayanan publik khususnya dalam optimalisasi belajar mengajar.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Ka Bandiklat) Kejaksaan Agung RI, Setia Untung Arimuladi saat Pameran Adhyaksa Law Festival 2019 dalam rangkaian Ke-59 Hari Bhakti Adhyaksa di Aula Sasana Adhika Karya, Badiklat Kejaksaan RI, Jakarta, sejak Kamis hingga Senin (18-22 Juli 2019).

"Sekarang ini kami meningkatkan mutu pendidikan berbasis IT, bagi penyelenggara pendidikan, para peserta pendidikan/pelatihan, pengajar atau widiaswara, narasumber yang berbasis Informasi dan Teknologi sebagai wujud Learning Centre For The Fourth Industrial Revolution atau Lembaga Pelatihan Era Revolusi Industri 4.0,” kata Setia Untung kepada wartawan di Jakarta, Senin (22/7), seperti dilaporkan Reporter Elshinta.com, Dody Handoko.

Masih kata Untung, aplikasi berbasis IT ini sebagai sarana untuk memonitor seluruh proses kegiatan belajar mengajar, bahkan dalam keadaan tertentu pimpinan dapat memberikan instruksi langsung dari ruangan Command Centre, sehingga fungsi pengawasan dapat dilaksanakan secara optimal melalui sentuhan jari pada layar layout 3 dimensi.

“Sistem dan aplikasi informasi jadwal kegiatan berbagai Jenis Kediklatan, pengumuman, layar multimedia, majalah dinding atau mading, digital signage yang ditempatkan di lokasi strategis sebagai wujud sarana pelayanan publik yang mudah dijangkau dan dapat dimanfaatkan sebagai media informasi bagi seluruh stakeholder Badiklat Kejaksaan,” jelasnya.

Kemajuan teknologi itu, lanjut Untung, untuk menopang intansi menuju Zona Integritas (ZI) dalam kawasan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Adapun 38 layanan aplikasi yang disuguhkan itu diantaranya E-Register, E-Akademik, E-Quisionair, E-izin, E-Lapdu, Program Command Center, Cashless Managament System, E-Absen, E-Learning.

“Karena itu kami terus berbenah, tidak hanya kuantitas bagi peserta calon jaksa, pegawai atau calon pimpinan yang di latih disini, tapi juga kwalitas yang terus di asa, sehingga terbentuk jaksa yang profesional dan berintegritas,” ujarnya.

Adapun kata dia, semua itu dilakukan untuk memudahkan para peserta didik dan mentor serta masyarakat yang hendak mengetahui lembaga pendidikan yang dinaungi Kejaksaan RI tersebut.

Untuk diketahui, para peserta tidak hanya berasal dari Kejaksaan saja, tapi berasal dari Kepolisian, KPK dan dari berbagai intansi Kementerian serta kelembagaan negara yang ikut Diklat sesuai kebutuhannya.

Untung menekankan bahwa, setiap informasi dan teknologi yang canggih dan terjangkau, akan dipergunakannya untuk terus dikembangkan guna menunjang kinerja Kejaksaan, begitu juga lingkungan yang asri disekitarnya.

“Tak hanya teknologi, tapi lingkungan sekitar juga kita peduli. Kami juga baru meresmikan patung dewi keadilan sebagai simbol para penegak hukum dan pencari keadilan. Kenapa perlunya lingkungan asri, karena lembaga ini bagian rumah kita,” pungkasnya. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Ini kata Pakar tata kota terkait polemik kebijakan PKL boleh berjualan di trotoar
Senin, 14 Oktober 2019 - 13:24 WIB
Elshinta.com - Kebijakan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membagi ruang antara pedagang kaki lim...
Kamera e-TLE bisa deteksi kendaraan `bodong`
Senin, 14 Oktober 2019 - 12:56 WIB
Elshinta.com - Kamera Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) dapat mendeteksi kendaraan `bodong`...
Berikut lokasi pelayanan SIM keliling di Jakarta
Senin, 14 Oktober 2019 - 08:59 WIB
Elshinta.com - Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya membuka pelayanan keliling untuk mengurus S...
Ada demo lagi, satu unit `water canon` disiagakan di depan Istana
Senin, 14 Oktober 2019 - 08:46 WIB
Elshinta.com - Satu kendaraan `water canon` atau meriam air disiagakan di samping pintu masuk M...
PUPR bantu Pemprov DKI atasi masalah sanitasi dan air limbah
Senin, 14 Oktober 2019 - 08:36 WIB
Elshinta.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat J...
Pemerintah subsidi 50 persen, Menhub perkirakan tarif LRT Rp12.000
Minggu, 13 Oktober 2019 - 20:59 WIB
Elshinta.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkiraan tarif tiket kereta layan...
Kualitas udara Jakarta terburuk kelima dunia, Minggu siang
Minggu, 13 Oktober 2019 - 14:30 WIB
Elshinta.com - Berdasarkan data AirVisual, kualitas udara di DKI Jakarta menempati peringk...
Gubernur minta MRT dan Transjakarta akomodir fasilitas pengguna sepeda
Sabtu, 12 Oktober 2019 - 18:50 WIB
Elshinta.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta PT Mass Rapid Transit (MRT) dan...
Gubernur DKI luncurkan fase dua jalur sepeda Jakarta
Sabtu, 12 Oktober 2019 - 17:15 WIB
Elshinta.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan fase dua jalur sepeda Jakar...
14 ribu pengendara ditilang selama 24 hari perluasan Ganjil-Genap
Sabtu, 12 Oktober 2019 - 06:57 WIB
Elshinta.com - Petugas Polda Metro Jaya dan jajaran polres menindak atau menetapkan bukti ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)