Erbe Sentanu: Modal itu soal rezeki, yang penting kreatif dan berani
Elshinta
Selasa, 23 Juli 2019 - 10:17 WIB | Penulis : Cucun Hendriana | Editor : Dewi Rusiana
Erbe Sentanu: Modal itu soal rezeki, yang penting kreatif dan berani
Erbe Sentanu. Foto: elshinta.com/Reza

Elshinta.com - Erbe Sentanu dikenal sebagai pelatih transformasi diri yang juga menjadi founder Katahati Institute (sebelumnya bernama Mind Management Center –red) yang didirikannya pada 1998. Menurut pria kelahiran 22 Mei 1964 ini, bisnis apapun yang dikerjakan arahnya adalah mencari jati diri.

“Kita gali apa yang alam kita miliki dan dimasukkan ke dalam bisnis sehingga menjadi rasa Indonesia. Nah, ini yang menurut saya bakal semakin kental,” ujarnya.

Nunu, demikian sapaannya, melanjutkan, perlunya membangun kekuatan insting dan intuisi dalam sebuah bisnis. “Insting itu basisnya dari fisik dan otak, sementara intuisi datang dari perenungan mendalam. Keduanya mesti dilatih sehingga mampu melahirkan terobosan inovatif.”

Baginya, dunia kewirausahan sudah tidak asing lagi. Sebab, dirinya sudah masuk ke bidang tersebut sejak tahun 1980-an. Kala itu dirinya menjadi salah satu orang yang mendirikan perusahaan startup di bidang perikanan.

“Wirausaha di Indonesia ini sudah on the track. Sudah keren banget. Sebenarnya kondisi seperti sekarang ini mimpi saya sejak dulu. Orang saat ini melihat usaha itu asyik. Keren. Zaman dulu, kalau mikir mau usaha itu dimarahi, katanya tidak ada masa depan. Sekarang zaman berubah,” jelasnya lagi.

Dirinya mengingatkan agar para pelaku usaha selalu berpikir terbuka. Nunu juga melihat jika semangat anak muda dalam berwirausaha sangat baik. Yang perlu dilakukan adalah terus membesarkan spirit wirausaha ini dengan bergandengan tangan. 

Terkait permodalan, di era ini rasanya tidak ada yang sulit. Diakuinya, modal itu soal rezeki. Kalau sudah kompak antara pelaku usaha dan konsumen, modal akan datang dengan sendirinya. “Kalau kita bisa menjual makanan enak, bisa berkolaborasi dengan yang lain. Sekarang ini tidak ada alasan lagi mengeluh soal modal. Yang terpenting kreatif dan berani.”

Nunu menjabarkan beberapa kiat dalam berwirausaha, salah satunya kreatif. Terkait kreativitas, startup lokal saat ini sudah cukup kreatif. Bisnis itu pun tidak bisa instan, maka pelaku usaha harus bisa menikmati segala prosesnya; tantangan, kesulitan, dan hambatannya. “Semuanya harus kita nikmati. Jangan buru-buru ingin sampai puncak, sebab prosesnya panjang.”

Selain itu, pelaku usaha juga harus percaya diri, sabar, konsisten, happy, dan berpikir terbuka. Jika sudah dilakukan, lambat laun akan tertuntun pada kesuksesannya sendiri. “Pengusaha itu harus happy dengan apa yang dia kerjakan. Konsisten dan terbuka. Akan banyak feedback yang diterima dari banyak orang, pelajari hal tersebut. Intinya seorang pengusaha itu harus peka dengan lingkungannya agar bisa maju,” tutur dia.

Nunu tak menampik masih ada tantangan dalam kewirausahaan nasional. Dirinya melihat tantangan tersebut adalah diri pelaku usahanya sendiri. ‘Makin kaya makin sok-sokan’ inilah yang menjadi masalah di bidang ini. Nunu menegaskan, “Kalau Anda tiba-tiba punya pesawat karena bisnis yang dilakukan, janganlah keluar dari dari kita yang biasanya. Kalau tiba-tiba sikap kita berubah, itu problem. Bukan hanya masalah bagi diri kita, tapi juga buat orang lain.”

Dirinya mengingatkan agar para pelaku usaha bisa menciptakan sesuatu yang selaras dengan alam, manusia, dan Tuhan. “Bisnis itu jangan hanya mencari keuntungan saja, karena ujungnya akan mengeksploitasi alam dan manusia. Ciptakan sesuatu yang cocok dengan manusia. Alamnya cocok tidak, kalau ada limbah bagaimana? Kalau tiga pilar ini cocok (Tuhan, alam, manusia –red) apapun bisnisnya niscaya akan berkembang,” pungkasnya.

 

 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Jejak sukses BeaconCream, Youtuber gaming dengan 2,57 juta subscriber
Kamis, 25 Juni 2020 - 06:42 WIB
Namanya Nelson Wijaya Putra. Ia adalah pemilik channel YouTube gaming populer BeaconCream. Milenial ...
Ramadan brand berbagi tebarkan virus kebaikan di tengah pandemi
Rabu, 20 Mei 2020 - 08:02 WIB
Meski Ramadan tahun ini diwarnai dengan wabah pandemi, tapi semangat berbagi kebaikan kepada mereka ...
Angkat produk lokal, Kemenkop UKM gandeng artis Raffi Ahmad
Rabu, 04 Maret 2020 - 11:24 WIB
Raffi ingin mengajak pelaku UMKM khususnya yang muda-muda ini mengikuti dan menggunakan digital seb...
Dear UKM! Ini pentingnya mendefinisikan bisnis Anda
Rabu, 12 Februari 2020 - 14:15 WIB
Mendefinisikan bisnis Anda itu penting karena hal itu mencakup gerak langkah yang akan Anda lakukan ...
Cari nama brand yang jitu untuk memikat pasar, bagaimana caranya?
Jumat, 07 Februari 2020 - 10:32 WIB
Brand adalah sebuah identitas penting bagi sebuah produk. Namun tak jarang para pelaku usaha seringk...
Trik bisnis kuliner, kedepankan variasi hidangan atau suasana?
Kamis, 06 Februari 2020 - 15:15 WIB
Bisnis kuliner adalah bisnis selera. Atas dasar itu, sangat disarankan, sekalipun menu kuliner Anda ...
Soal modal dan SDM yang sering jadi masalah dalam bisnis
Selasa, 28 Januari 2020 - 12:33 WIB
Dalam bisnis, peranan SDM cukup berpengaruh karena pemahaman SDM-lah yang menjadi scrub dan gigi unt...
Pengusaha Asep Sulaeman: Doa bersama di lokasi tambang akan jadi agenda rutin
Minggu, 26 Januari 2020 - 09:51 WIB
SEAM Group menggelar sebuah acara di salah satu site milik mereka yaitu site MP (Marwan Putra). Mena...
Santripreneur, program Kemenperin cetak wirausaha muda baru di lingkungan pesantren
Kamis, 23 Januari 2020 - 10:06 WIB
Kementerian Perindustrian berhasil mencetak wirausaha industri baru dari lingkungan pondok pesantre...
Ikuti tren bisnis, jangan sekadar meniru tapi lakukan juga…
Selasa, 21 Januari 2020 - 17:07 WIB
Tren dalam bisnis itu penting, karena hal itu menunjukkan arah orientasi kegandrungan konsumen kalau...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV