Seni yang dibuat secara old school masih keren
Elshinta
Jumat, 26 Juli 2019 - 17:05 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Seni yang dibuat secara old school masih keren
Sumber foto: medy renaldy

Elshinta.com - Memiliki hobi menggambar sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai peluang usaha. Hal tersebut telah dibuktikan oleh Medy Renaldy. Keahliannya dalam membuat sketsa wajah membuatnya banyak menerima pesanan. Akhirnya Medy pun memutuskan untuk menggabungkan hobi dan usaha menjadi satu.

Medy menyebut profesi yang dijalaninya ini adalah sebagai penggiat seni sketsa wajah. “Ide dari usaha ini adalah untuk mengolah foto atau momen terkait agar lebih memiliki nilai atau value seni,” ujarnya.
 
Pria kelahiran Jakarta ini sudah menyukai menggambar semenjak kecil. “Bahkan waktu Sekolah Dasar saya sudah sempat berjualan di sekolah dengan harapan untuk mendapatkan uang jajan tambahan,” tuturnya. 
 
Namun hobi tersebut sempat terlupakan akibat terlalu sibuk dengan sekolah dan kegiatan sehari-hari. Baru pada tahun 2014 ia mulai mencoba untuk menggali kembali hobi lamanya tersebut. Tiga tahun kemudian ada satu momen yang akhirnya mengubah pikiran Medy.
 
Suatu ketika di tahun 2017, karya Medy di repost oleh istri dari Ernest Prakasa, Meira Anastasia. “Dari situ ada yang menawarkan harga untuk membeli karya saya, dan semenjak itu saya pun memutuskan untuk menjual karya saya.”
 
Sebenarnya ada alasan yang melatar belakangi Medy untuk semakin menggiatkan hobinya. Ia  melihat di zaman yang semakin digital ini, seni yang masih konvensional dan cenderung tradisional lambat laun mulai ditinggalkan.
“Padahal, saya pribadi masih percaya bahwa seni-seni yang dibuat secara old school masih keren. Bahkan jadi lebih keren dan berbeda dibandingkan seni yang dibuat lewat cara digital,” ujar penggemar olahraga ini.
 
foto: medy renaldy
foto: medy renaldy
 
Melalui karya yang dibuatnya, ia berharap sebuah momen spesial bisa memiliki nilai yang berbeda sehingga dapat dikenang dengan cara yang berbeda pula.
 
Medy mengaku terinspirasi  dari salah satu seniman asal Malaysia bernama Alvin Chong, seorang seniman sketsa wajah sekaligus seniman tato. Ketika itu Medy melihat sekilas di instgaram hasil sketsa Alvin dan langsung jatuh cinta dengan style nya.
 
“Saya pikir berbeda sekali dengan sketsa wajah pada umumnya. Dari situlah saya belajar secara otodidak untuk juga membuat sketsa wajah dan secara mengejutkan sekarang menjadi salah satu sumber penghasilan utama saya,” tuturnya.
 
Selain sketsa wajah, Medy sekarang juga tengah belajar style gambar lainnya seperti one line drawing, style kartun dan sebagainya. Namun sampai saat ini hanya sketsa wajah saja yang dikomersialkan. 
 
Medy merasakan sekali berbagai macam keuntungan dari profesinya ini. Tidak hanya sebatas keuntungan finansial saja, tetapi juga keuntungan bagi batinnya sebab dapat mengekspresikan keinginannya.
 
“Apa yang benar-benar suka untuk saya lakukan karna kembali lagi fondasi dari profesi ini juga bermulai dari hobi semenjak kecil. Jika saya cinta melakukannya, kenapa tidak?”
 
Justru yang menjadi penghambat adalah mengatur mood untuk tetap terinspirasi dalam membuat sebuah karya. “Ada cara yang mudah mengatasinya. Bisa dilakukan dengan berbagai cara karena bagi Medy inspirasi bisa datang dari mana saja. Mulai dari traveling, sharing santai bersama kerabat seputar bisnis, atau sekadar nongkrong sore di sebuah kafe.
 
Medy yakin prospek bisnis yang berkaitan dengan seni tentu menjanjikan. “Karena seni itu hidup dalam setiap aktivitas yang kita lakukan, entah itu seni dalam berbicara, berjalan, mengatur waktu,” jelasnya.
 
Ia percaya setiap manusia pasti butuh seni untuk sekadar outbreak dari rutinitasnya dan sketsa wajah ini bisa menjadi salah satu media yang dapat membuat orang tersenyum melihat momen spesial mereka.
 
Ke depannya nanti, Medy ingin membuat sebuah komunitas seni sketsa wajah bersama orang-orang yang memiliki minat yang sama, dan membuat workshop. “Serta secepatnya merilis media kreatif yang saya sedang bangun bersama rekan-rekan kerja dan berharap bisnis ini semakin laku,” tandasnya.
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Cukupi kebutuhan pangan, manfaatkan waktu di rumah karena COVID-19 dengan berkebun
Selasa, 05 Mei 2020 - 11:24 WIB
Masyarakat didorong untuk memanfaatkan ruang terbatas di rumah untuk berkebun atau menanam tanaman, ...
Benarkah kepribadian seseorang bisa dilihat dari hobi yang digeluti?
Kamis, 12 Maret 2020 - 11:29 WIB
Hobi merupakan kebiasaan-kebiasaan yang kerap kali dilakukan oleh seseorang guna mendapatkan kesenan...
 Manfaat tersembunyi dari hobi kerajinan tangan
Jumat, 07 Februari 2020 - 12:22 WIB
Kerajinan tangan sangat luas, banyak sekali ragamnya seperti merajut, menjahit, membuat keramik, mem...
Dari hobi crafting hasilkan pundi-pundi rupiah
Jumat, 24 Januari 2020 - 11:48 WIB
Kegemaran Dianisa Rizkika dalam dunia crafting dengan bunga kering membuatnya berani memutuskan untu...
Ini manfaat mengagumkan dari hobi membaca
Jumat, 13 Desember 2019 - 17:07 WIB
Bagi beberapa orang, aktivitas membaca sering kali dianggap sebagai aktivitas yang membosankan. Pada...
Mengapa memiliki hobi itu penting? Ini alasannya…
Kamis, 28 November 2019 - 14:24 WIB
Banyaknya pekerjaan dan aktivitas tak jarang membuat seseorang tidak memiliki waktu luang untuk seka...
Jadikan hobi menggambar sebagai sumber penghasilan dengan cara ini
Senin, 18 November 2019 - 14:48 WIB
Ada banyak peluang bisnis dari hobi menggambar dan itu merupakan peluang usaha yang lumayan menguntu...
Pascakebakaran di sejumlah gunung, jumlah pendaki mulai meningkat
Minggu, 17 November 2019 - 13:26 WIB
Pascabencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Gunung Ringgit, Arjuna dan Welirang, ju...
Ini tips untuk para pekerja yang ingin pelihara hewan
Sabtu, 09 November 2019 - 07:54 WIB
Dokter hewan Novi Wulandari menyebut ada beberapa tips untuk para pekerja yang ingin memelihara hewa...
Apa keuntungan menjalankan usaha berdasarkan hobi?
Senin, 04 November 2019 - 10:51 WIB
Hobi juga dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dalam juml...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV