Startup asal Indonesia ini ikuti netpreneur training di markas Alibaba
Elshinta
Selasa, 13 Agustus 2019 - 10:19 WIB | Penulis : Cucun Hendriana | Editor : Dewi Rusiana
Startup asal Indonesia ini ikuti netpreneur training di markas Alibaba
Startup asal Indonesia ini ikuti netpreneur training di Alibaba. Foto: istimewa

Elshinta.com - Perwakilan startup food supply chain and marketplace Indonesia, Etanee, terpilih menjadi salah satu dari 56 partisipan Alibaba Netpreneur Training Indonesia Program di markas Alibaba di Hangzhou, China, pada 29 Juli sampai dengan 7 Agustus 2019 lalu.

Program ini merupakan kerja sama dengan Kadin Indonesia dan didukung Badan Ekonomi Kreatif (Bekfraf). 56 partisipan yang ada merupakan hasil seleksi dari 260 pendaftar.

Founder & CMO Etanee Herry Nugraha, yang mengikuti pelatihan selama 10 hari tersebut menyatakan Alibaba Netpreneur Training sangat menginspirasi bagi peserta. Terlebih para peserta merupakan pelaku usaha berbasis internet (netpreneur).

Program training tersebut meliputi sharing best practice, bagaimana China membangun ekosistem digital dalam 20 tahun terakhir. Juga peran pemerintah dalam membangun infrastruktur dasar seperti listrik dan logistik (rantai pasok dan pengiriman barang) merupakan pondasi membangun e-commerce China.

Di samping itu, para peserta juga berkesempatan berinteraksi langsung dengan para pelaku industri, di antaranya Desa Bainiu yang memasarkan produknya di Taobao (unit bisnis milik Alibaba).

Dua dekade lalu, tidak ada satupun pemuda yang bangga dengan Desa Bainiu karena kondisi ekonomi desa yang terbelakang. Namun kini, Desa Bainiu menjadi salah satu desa digital dengan PDB mencapai 30 juta RMB per kapita per tahun atau setara dengan Rp 5 juta per kapita per bulan. Yang menarik desa digital tersebut mampu melakukan perdagangan wallnut yang diproduksi oleh petani setempat ke seluruh China. 

Salah satu program menarik dalam Alibaba Netpreneur Training tersebut adalah Digital City Experience di Kota Hangzhou, dimana semua transaksi seperti pembelian makanan, pemesanan taksi, atau sewa sepeda listrik menggunakan platform digital payment yaitu Alipay.

Bahkan di salah satu pasar tradisional yang menjual sayuran dan buah-buahan tersedia QR code di setiap toko pedangang untuk pembayaran digital.

"Yang menarik kebiasaan menggunakan platform digital ini dirasakan massif, tidak hanya konsumen tapi juga penyedia jasa dan produk di kota Hangzhou," kata Herry dalam keterangannya, Selasa (13/08).

China tampaknya telah berubah secara drastis menjadi negara yang kuat dalam industri digital ekonomi. Secara jumlah transaksi dan nilai belanja per transaksi pengguna ecommerce China lebih besar empat kali lipat bahkan dibanding pengguna ecommerce USA.

Nilai sales retail e-commerce Cina meningkat signifikan dari hanya 298 billion USD pada 2013 menjadi 1.149 billion USD pada 2017.

Dalam sharing session pertama Alibaba Netpreneur Training Indonesia Program, VP Alibaba Global Initatives Brian Wong mengatakan, program ini muncul setelah pada 2016 lalu, di sela-sela pertemuan G-20 di China, Presiden Indonesia Joko Widodo datang ke Kampus Alibaba. Saat itu, Executive Chairman Alibaba Jack Ma dan Presiden Joko Widodo sepakat untuk saling bekerja sama memajukan agenda ekonomi Indonesia.

Brian juga menjelaskan perkembangan ecommerce China dalam 20 tahun terakhir. Pada 1999, hanya ada 8,8 juta pengguna internet di China. Tak ada retail e-commerce di sana, tidak tersedia layanan online payment saat itu, dan GDP per kapita per tahun sebesar 800 USD.

Pada 2019, jumlah pengguna internet di China mencapai 830 juta dengan akses internet 98,3%.  Gross Merchandise Value (GMV) e-commerce di China mencapai 1.149 billion USD pada 2017 dan GDP China mencapai 9.000 USD per kapita per tahun.

"Awal perkembangan ecommerce di Indonesia bisa jadi lebih maju dibandingkan saat Alibaba memulai. Hanya saja, Indonesia punya tantangan membangun jaringan logistik yang harus menghubungkan banyak pulau. Selain juga membangun sistem pembayarannya," kata Brian.

Alibaba sendiri memiliki Alibaba Netpreneur untuk 3 negara Asia. Alibaba Netpreneur Indonesia Program pada awal Agustus lalu merupakan yang pertama untuk Indonesia.

 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Wujudkan pertanian untuk semua, startup pertanian ini gelar TaniHack
Sabtu, 14 Maret 2020 - 09:18 WIB
TaniHub Group, perusahaan digital rintisan (startup) di bidang pertanian, terus berupaya melakukan t...
Kerja sama RI-Korea diharapkan dongkrak pertumbuhan startup
Senin, 02 Desember 2019 - 14:18 WIB
Kementerian Perindustrian mendorong penguatan kerja sama Indonesia dan Korea Selatan di bidang ekono...
4 tips sederhana untuk sukses memulai bisnis startup
Jumat, 25 Oktober 2019 - 14:36 WIB
Para milenial ramai-ramai terjun ke bidang bisnis startup. Potensi yang besar membuat sejumlah kalan...
Ini minuman dan kuliner khas inovasi anak Presiden
Selasa, 22 Oktober 2019 - 15:32 WIB
Tren ragam kuliner mancanegara mulai menjadi santapan sehari-hari hingga gaya hidup masyarakat urban...
Startup asal Jerman ini bernama Kontool, warganet Indonesia geger
Selasa, 03 September 2019 - 17:55 WIB
Jagat maya kembali heboh. Kali ini lantaran kehadiran startup asal Jerman yang dinamai Kontool. Kare...
BAKTI ajak startup e-commerce dan UMKM digital gali potensi daerah 3T
Selasa, 03 September 2019 - 16:14 WIB
Badan Aksesibililitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika me...
Ngampooz, startup besutan anak bangsa untuk segala masalah di kampus
Senin, 26 Agustus 2019 - 09:25 WIB
Satu lagi aplikasi yang hadir untuk menjawab kebutuhan banyak orang. Kali ini aplikasi ini mampu men...
Dapat kucuran Rp71 M, startup Goola milik Gibran siap ekspansi ke Asia Tenggara
Senin, 19 Agustus 2019 - 16:30 WIB
Perusahaan rintisan bidang kuliner Goola, yang memproduksi kreasi minuman tradisional Indonesia, men...
Startup asal Indonesia ini ikuti netpreneur training di markas Alibaba
Selasa, 13 Agustus 2019 - 10:19 WIB
Program ini merupakan kerja sama dengan Kadin Indonesia dan didukung Badan Ekonomi Kreatif (Bekfraf)...
Hai pelaku startup! Ini 6 tips untuk menggaet dana dari investor
Rabu, 17 Juli 2019 - 13:05 WIB
Saat membangun sebuah bisnis, termasuk perusahaan rintisan atau startup, tentu harus memikirkan baga...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV