Berbelanja bisa memperbaiki suasana hati, ini alasannya
Elshinta
Kamis, 22 Agustus 2019 - 10:00 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Berbelanja bisa memperbaiki suasana hati, ini alasannya
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2zbNDZS

Elshinta.com - Berbelanja memang sangat menyenangkan. Apalagi saat banyak promo dan diskon, sering jadi lupa diri dan terkadang membeli barang yang sebenarnya justru tidak diinginkan. Tapi ada pula yang mengatakan bahwa belanja adalah sebuah pemborosan dan tidak ada manfaatnya.

Namun sebenarnya jika terkelola dengan baik, kegiatan membeli barang tersebut ternyata ada pula manfaatnya, mulai dari dampak positif terhadap kesehatan fisik hingga psikologis. Benarkah demikian? Dihimpun dari berbagai sumber berikut ini manfaat dari berbelanja:

Kepuasan pribadi
Bisa membeli barang yang diinginkan saat berbelanja akan menimbulkan rasa puas dan kebanggaan. Apalagi ketika berhasil membeli sebuah barang yang diimpikan dengan harga miring. Merasa bangga karena memiliki keterampilan transaksi saat membeli barang incaran.
 
Kreativitas
Menurut penelitian, seseorang yang baru berkunjung ke tokonya saja dan belum membeli barang, hal tersebut sudah dapat menginspirasi dan menstimulasi sisi kreatif dari diri seseorang.
 
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2ZkohmW
 
Memperbaiki suasana hati
Mungkin pernah ada yang mendengar mitos bahwa berbelanja bisa membuat kamu merasa senang dan bahagia. Belanja atau kegiatan apapun yang bisa memanjakan diri, mampu menstimulasi perasaan nyaman di hati dan otak.
 
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa berbelanja apalagi saat sedang ada diskon besar-besaran bisa meningkatkan produksi hormon endorfin. Hormon ini juga memberikan rasa bahagia dan tenang. Selain itu, studi di Brunei juga mengatakan bahwa kegiatan belanja ini dapat meningkatkan aktivitas bagian otak yang berkaitan dengan pikiran positif.
 
Panjang umur
Baik wanita ataupun pria yang gemar berbelanja ternyata memiliki kemungkinan meninggal di usia muda lebih rendah hingga 27%. Hal ini dilansir melalui riset para ahli dari Taiwan, dengan membandingkannya dengan orang yang jarang berbelanja atau kurang dari sekali seminggu.
 
Hal ini disebabkan aktivitas fisik dan interaksi sosial selama berbelanja yang meningkat sehingga pikiran dan mental menjadi lebih aktif. Otak lebih terlatih untuk menyusun rencana dan menghitung anggaran.
 
Membakar Kalori
Berbelanja ternyata bisa membantu mendapatkan tubuh yang lebih fit dan proposional. Dengan keliling mal mencari barang-barang yang akan dibeli, sudah termasuk melakukan olahraga dengan kaki karena cukup menguras energi
.
Berkeliling mal dengan membawa sekantong penuh barang bawaan, dapat membakar hingga 385 kalori. Dengan berjalan lebih dari 1000 langkah setiap hari bisa bantu menyehatkan jantung dan tentunya bakar kalori sehingga tubuh menjadi lebih proposional.
 
Mempertajam daya ingat
Berbelanja tidak semudah kelihatanya. Karena tak jarang masuk ke berbagai toko dengan produk sama hanya untuk membandingkan harga dan kualitas. Belum lagi ketika harus mengatur anggaran dan juga tawar-menawar dengan penjual.
 
Keterlibatan mental, fisik, dan sosial inilah yang akan menajamkan insting dan kognitif. Hal ini tentu sangat penting untuk menjaga kebaikan mental dan tetap fokus. Berbelanja juga bisa menjadi salah satu bentuk pencegahan demensia.
 
Mengurangi stres
Salah satu hal yang bisa dihilangkan dengan berbelanja adalah depresi yang diakibatkan stres berlebih. Dengan berbelanja, maka interaksi sosial dengan orang akan meningkat baik ke sesama pembeli ataupun penjual.
 
Apalagi jika berbelanja bersama sahabat ataupun keluarga. Bahkan ketika tidak membeli pun, tetap bisa mengalihkan pikiran dari stres karena ada interaksi memilih dan saling menilai produk.

Jadi, asal tahu cara mengatur pengeluaran dan memisahkan berbagai kebutuhan maka berbelanja bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Mengapa wanita senang belanja? Ternyata ini alasannya
Jumat, 21 Februari 2020 - 11:51 WIB
Kegemaran akan belanja memang lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Sebagian besar wan...
Apa saja kesalahan yang bisa terjadi saat berbelanja?
Jumat, 31 Januari 2020 - 12:59 WIB
Ketika berada di toko, mata sering menjadi tidak terkendali. Salah satunya adalah yang pada awalnya ...
Cara menghemat anggaran belanja pakaian
Selasa, 21 Januari 2020 - 09:50 WIB
Berbagai cara pun dilakukan agar bisa tampil sesuai keinginan. Salah satunya dengan membeli baju bar...
Sudah tahu belum? Ini loh keuntungan belanja saat Harbolnas!
Kamis, 12 Desember 2019 - 12:10 WIB
Hari Belanja Online Nasional akan berlangsung 1 hari di 12 Desember 2019 dengan berbagai macam promo...
Begini cara cerdik belanja baju di online shop
Kamis, 05 Desember 2019 - 11:17 WIB
Kemudahan belanja sekarang tidak harus datang ke toko fisik untuk bisa membeli barang yang diinginka...
Mengenal apa saja jenis-jenis Cashback
Senin, 25 November 2019 - 15:06 WIB
Saat ini beberapa perusahaan memberikan cashback dalam bentuk barang dan sudah banyak jenis-jenis pr...
Apa perbedaan cashback dan diskon?
Kamis, 14 November 2019 - 16:46 WIB
Istilah cashback pasti sudah asing lagi di telinga. Banyak orang yang menganggap cashback sama denga...
Ingin hemat saat belanja online? Ikuti tips berikut ini…
Selasa, 05 November 2019 - 09:55 WIB
Banyaknya toko online yang menawarkan bebagai diskon dan promosi menarik, tak jarang membuat tergiur...
Kenali macam-macam diskon yang sering ditawarkan
Kamis, 17 Oktober 2019 - 11:55 WIB
Semakin hari, strategi diskon kian beragam, semua demi tujuan yang sama yakni menarik perhatian sehi...
Bagaimana cara belanja oleh-oleh yang tepat? Ini dia tipsnya
Kamis, 03 Oktober 2019 - 12:28 WIB
Membelikan oleh-oleh sebenarnya bukan suatu hal yang wajib. Namun, karena sudah membudaya, hal itu t...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)