BPOM Palembang ajak masyarakat lakukan `Cek KLIK`
Elshinta
Minggu, 08 September 2019 - 12:15 WIB | Penulis : Dhany Lukito | Editor : Administrator
BPOM Palembang ajak masyarakat lakukan `Cek KLIK`
Sumber foto: Elshinta/Purwa

Elshinta.com - Guna memberikan keamanan masyarakat dalam memilih dan memilah produk yang dipakai dan dikonsumsi, Badan POM Palembang menggelar talkshow "Ayo Cek KLIK Pilih Obat dan Makanan yang Aman" di lantai 3 Transmart Palembang, Sumsel, Sabtu (7/9).

Hadir sebagai pembicara antara lain Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, Yustianus, Kepala Balai Besar POM Palembang, Hardaningsih, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumsel, Taufik Husni dan Ketua Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (APRINDO) Sumsel, Hasannuri A.R.

Kepala Balai Besar POM Palembang, Hardaningsih dalam pemaparanya mengatakan dalam talkshow ini BPOM menyosialisasikan kepada masyarakat dalam membeli barang-barang obat-obatan maupun bahan makanan untuk selalu Cek KLIK yakni Cek Kemasannya, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluwarsa.

Selain itu juga dijelaskan bahwa untuk izin edar dan keterangan lebih lengkap mengenai suatu produk, disarankan kepada masyarakat untuk unduh aplikasi BPOM Mobile di playstore. Aplikasi tersebut penggunaannya sangat mudah hanya dengan memindai dua dimensi barcode yang ada pada setiap kemasan melalui aplikasi BPOM Mobile dan langsung akan tertera keterangan lebih lengkap mengenai suatu produk tersebut baik dari obat, kosmetik maupun makanan.

"Sesudah dipindai atau di-scan akan keluar informasi seperti nama produk, jumlah netto, nama produsennya, nomor izin edar, dan lain sebagainya termasuk produk tersebut dipasarkan dimana. Akan tetapi hingga saat ini proses data dan keterangan dari setiap produk perusahaan tertentu masih bertahap untuk setiap perusahaan yang telah terdaftar di BPOM, khususnya bagi produsen obat-obatan karena mereka harus mencetak label kembali dan juga harus memperbaharui dua dimensi barcodenya, oleh karena itu diberikan waktu hingga 2023 untuk pembaharuan kemasan tersebut," katanya.

Lanjutnya, dalam aplikasi tersebut juga ada pengaduan yang di tanggapi dan ditindak lanjuti oleh customer service, tetapi masyarakat juga bisa menelpon langsung ke CS BPOM melalui Halo BPOM di nomor telepon 1500533.

"Untuk program selanjutnya dari BPOM Palembang, adalah mensertifikasi pangan olahan siap saji, dimana BPOM Palembang akan bersinergi dengan Pemerintah Kota Palembang yang rencananya akan dimulai minggu depan dan dua bulan berikutnya akan di validkan. Sertifikasi ini akan dilaksanakan mulai dari suatu daerah semisal di daerah BKB Palembang yang dimana terdapat restoran-restoran dan para pedagang kaki lima, sementara data sertifikasi tersebut akan dimuat di web atau medsos agar masyarakat dapat mengakses dan mengetahui olahan pangan siap saji yang telah lulus sertifikasi," ungkapnya, dilaporkan Kontributor Elshinta, Purwa.

Hardaningsing juga mengatakan untuk tahapan tahun 2020, BPOM Palembang juga akan menggaet para pengusaha makanan yang di-order melalui online dan bekerjasama dengan aplikasi ojek online yang ada di Kota Palembang untuk diberikan sertifikasi juga.

Diakhir talkshow, seluruh pembicara menempatkan materi edukasi berupa wobler dan hanging banner sebagai petunjuk dan pengingat kepada masyarakat yang akan membeli produk tertentu haruslah Cek KLIK terlebih dahulu supaya produk yang dibelinya tersebut benar-benar aman dan telah tersertifikasi BPOM.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Kapan harus membersihkan alat vital dan bagaimana cara yang benar?
Kamis, 30 Juli 2020 - 23:15 WIB
Jangan anggap remeh manfaat dari kebiasaan membersihkan area kelamin bagi pria. Kerak cairan dan kot...
 Mengapa sebaiknya pasangan suami istri bercinta pada pagi hari?
Rabu, 29 Juli 2020 - 23:15 WIB
Ternyata dibanding pada malam hari, pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk bercinta. Berc...
Ternyata ini fungsi puting susu pada pria
Selasa, 28 Juli 2020 - 23:15 WIB
Jika pada wanita puting berfungsi untuk proses menyusui, lantas untuk apa fungsi puting susu pria? T...
Apa saja keluhan seksual yang sering dialami oleh banyak wanita di dunia?
Senin, 27 Juli 2020 - 23:15 WIB
Masalah seksual dapat menimpah suami atau istri. Namun, secara lebih besar masalah seksual kerap kal...
Kalsel segera tes swab 10 ribu warga
Senin, 27 Juli 2020 - 21:10 WIB
Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sedang mempersiapkan pelaksanaan tes swab kepada 10 ribu warg...
 Apa saja vitamin yang ampuh tingkatkan jumlah sperma?
Jumat, 24 Juli 2020 - 23:15 WIB
Kekurangan jumlah vitamin tidak hanya mengancam kesehatan tubuh namun juga dapat memengaruhi jumlah ...
Pemerintah berikan dana insentif untuk tenaga medis di 23 rumah sakit di Jateng
Jumat, 24 Juli 2020 - 20:37 WIB
Para tenaga medis dari 23 rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di Jateng mendapatkan insentif dar...
Apa ciri-ciri masa subur pria yang jarang diketahui?
Kamis, 23 Juli 2020 - 23:15 WIB
Pada umumnya, masa subur pria berlangsung hampir setiap hari. Namun, bisa dikatakan bahwa masa subur...
Presiden dan Ibu Negara minta anak-anak terapkan protokol kesehatan
Kamis, 23 Juli 2020 - 12:22 WIB
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana meminta anak-anak Indonesia disiplin menerapkan protokol ...
Ternyata bukan hanya karena seks semata penyebab pria berselingkuh
Rabu, 22 Juli 2020 - 23:15 WIB
Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa dalam hubungan yang kuat dan bahagia sekalipun, pria tid...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV