Kiri Kanan
BPOM Palembang ajak masyarakat lakukan `Cek KLIK`
Elshinta
Minggu, 08 September 2019 - 12:15 WIB | Penulis : Dhany Lukito | Editor : Administrator
BPOM Palembang ajak masyarakat lakukan `Cek KLIK`
Sumber foto: Elshinta/Purwa

Elshinta.com - Guna memberikan keamanan masyarakat dalam memilih dan memilah produk yang dipakai dan dikonsumsi, Badan POM Palembang menggelar talkshow "Ayo Cek KLIK Pilih Obat dan Makanan yang Aman" di lantai 3 Transmart Palembang, Sumsel, Sabtu (7/9).

Hadir sebagai pembicara antara lain Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, Yustianus, Kepala Balai Besar POM Palembang, Hardaningsih, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumsel, Taufik Husni dan Ketua Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (APRINDO) Sumsel, Hasannuri A.R.

Kepala Balai Besar POM Palembang, Hardaningsih dalam pemaparanya mengatakan dalam talkshow ini BPOM menyosialisasikan kepada masyarakat dalam membeli barang-barang obat-obatan maupun bahan makanan untuk selalu Cek KLIK yakni Cek Kemasannya, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluwarsa.

Selain itu juga dijelaskan bahwa untuk izin edar dan keterangan lebih lengkap mengenai suatu produk, disarankan kepada masyarakat untuk unduh aplikasi BPOM Mobile di playstore. Aplikasi tersebut penggunaannya sangat mudah hanya dengan memindai dua dimensi barcode yang ada pada setiap kemasan melalui aplikasi BPOM Mobile dan langsung akan tertera keterangan lebih lengkap mengenai suatu produk tersebut baik dari obat, kosmetik maupun makanan.

"Sesudah dipindai atau di-scan akan keluar informasi seperti nama produk, jumlah netto, nama produsennya, nomor izin edar, dan lain sebagainya termasuk produk tersebut dipasarkan dimana. Akan tetapi hingga saat ini proses data dan keterangan dari setiap produk perusahaan tertentu masih bertahap untuk setiap perusahaan yang telah terdaftar di BPOM, khususnya bagi produsen obat-obatan karena mereka harus mencetak label kembali dan juga harus memperbaharui dua dimensi barcodenya, oleh karena itu diberikan waktu hingga 2023 untuk pembaharuan kemasan tersebut," katanya.

Lanjutnya, dalam aplikasi tersebut juga ada pengaduan yang di tanggapi dan ditindak lanjuti oleh customer service, tetapi masyarakat juga bisa menelpon langsung ke CS BPOM melalui Halo BPOM di nomor telepon 1500533.

"Untuk program selanjutnya dari BPOM Palembang, adalah mensertifikasi pangan olahan siap saji, dimana BPOM Palembang akan bersinergi dengan Pemerintah Kota Palembang yang rencananya akan dimulai minggu depan dan dua bulan berikutnya akan di validkan. Sertifikasi ini akan dilaksanakan mulai dari suatu daerah semisal di daerah BKB Palembang yang dimana terdapat restoran-restoran dan para pedagang kaki lima, sementara data sertifikasi tersebut akan dimuat di web atau medsos agar masyarakat dapat mengakses dan mengetahui olahan pangan siap saji yang telah lulus sertifikasi," ungkapnya, dilaporkan Kontributor Elshinta, Purwa.

Hardaningsing juga mengatakan untuk tahapan tahun 2020, BPOM Palembang juga akan menggaet para pengusaha makanan yang di-order melalui online dan bekerjasama dengan aplikasi ojek online yang ada di Kota Palembang untuk diberikan sertifikasi juga.

Diakhir talkshow, seluruh pembicara menempatkan materi edukasi berupa wobler dan hanging banner sebagai petunjuk dan pengingat kepada masyarakat yang akan membeli produk tertentu haruslah Cek KLIK terlebih dahulu supaya produk yang dibelinya tersebut benar-benar aman dan telah tersertifikasi BPOM.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Nge-gym solusi untuk jaga kebugaran tubuh
Minggu, 01 Desember 2019 - 12:03 WIB
Selama ini olahraga kebugaran dipersepsikan identik dengan harga yang relatif mahal dan repot.
Tangkal radikal bebas, konsumsi enam makanan kaya antioksidan ini
Sabtu, 30 November 2019 - 14:28 WIB
Antioksidan adalah komponen atau substansi yang mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. R...
Lions Ride 2019 akan digelar di BSD
Kamis, 28 November 2019 - 18:02 WIB
Tahun ini akan digelar Lions Ride merupakan program peduli diabetes dengan mengajak masyarakat lomba...
Waspada, rokok bisa picu mata bayi katarak
Kamis, 28 November 2019 - 16:42 WIB
Bagi Anda perokok aktif hendaknya saat ini mulai waspada karena aktivitas menghisap tembakau itu bi...
Waspada! Pencemaran udara tingkatkan risiko terkena glaukoma
Kamis, 28 November 2019 - 10:16 WIB
Sebuah studi dari UCL di Inggris menyatakan bahwa orang yang tinggal di kawasan dengan pencemaran ud...
Pascawabah Hepatitia A Dinkes Depok masih berlakukan Status KLB
Selasa, 26 November 2019 - 19:37 WIB
Pascawabah Hepatitis A di SMPN 20 Kota Depok, Jawa Barat, sekolah terpaksa meliburkan selama tiga ha...
Tim gabungan Dinkes Magelang renovasi rumah penderita TB
Selasa, 26 November 2019 - 16:15 WIB
Tim gabungan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Magelang, Jawa Tengah mendatangi rumah seorang pasien Tuber...
2019, tercatat 138 orang menderita HIV/AIDS di Bojonegoro
Selasa, 26 November 2019 - 14:08 WIB
Tahun 2019 di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur tercatat ada 138 penderita HIV/AIDS. Jumlah tersebut ...
Vaksinasi, cara hindari gangguan influenza selama musim liburan
Selasa, 26 November 2019 - 11:09 WIB
Ketua Indonesia Influenza Foundation Cissy B. Kartasasmita di acara Media Briefing World Flu Day 201...
 Hari Kesehatan Nasional, pelajar di Banjarmasin cuci tangan massal
Senin, 25 November 2019 - 07:27 WIB
Kepala Dinas Kesehatan  Ptovinsi Kalimantan Selatan Muslim, mengatakan sebanyak lima ratus siswa-s...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)