Gerakan Siberkreasi tumbuhkan produktivitas warganet Indonesia
Elshinta
Rabu, 11 September 2019 - 17:49 WIB | Penulis : Andi Juandi | Editor : Sigit Kurniawan
Gerakan Siberkreasi tumbuhkan produktivitas warganet Indonesia
Menkominfo Rudiantara. Sumber Foto: https://bit.ly/2Bl7HfN

Elshinta.com - Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi merupakan gerakan sinergis yang mendorong pengguna internet/ warganet di Indonesia dalam menggunakan internet secara lebih bijak dan bertanggung jawab. 

Gerakan ini diinisiasi oleh beberapa Kementerian, komunitas/organisasi, dan private sector. Siberkreasi yang dibentuk pada 27-29 Oktober 2017 di Jakarta, telah berhasil mewadahi 102 lembaga/komunitas dari berbagai unsur, menjangkau 442 lokasi dengan lebih dari 185.000 peserta aktif yang dikemas dalam program – program sinergi, dan menyebarluaskan 73 buku seri literasi digital yang telah diunduh sebanyak 180.000 kali.

“Hidup di era digital memudahkan kita untuk mendapatkan, berbagi, hingga mengolah berbagai informasi. Meskipun memudahkan kita dalam berinteraksi satu sama lain akibat mudahnya arus informasi di era digital, membuat kita juga harus menghadapi berbagai tantangan yang muncul di era ini. Seperti rentannya penyebaran konten negatif melalui internet berupa hoaks, cyberbullying, dan online radicalism. Siberkreasi sebagai gerakan nasional berupaya untuk menanggulangi hal-hal tersebut dengan melakukan literasi digital. Bersama siberkreasi kita mendorong warganet Indonesia untuk aktif berpartisipasi dalam menyebarkan konten positif secara konsisten di dunia maya. Sehingga dengan memanfaatkan perkembangan teknologi ini kita bisa berkembang dan produktif di dunia digital," ujar Menkominfo Rudiantara, Rabu (11/9).

Beberapa program unggulan Siberkreasi antara lain, School of Influencer, Pandu Digital, Kreator Nongkrong, dan website literasidigital.id. Dengan website ini masyarakat mendapatkan pengetahuan seputar pendidikan digital, ekonomi digital, cybercrime, dan lain lain dalam bentuk buku, video, dan infografis yang dapat diunduh secara gratis.

“Ponsel dan internet itu ibarat pisau bermata dua, yang harus ditingkatkan adalah kemampuan kita untuk menggunakan internet secara baik," imbuh Rudiantara, seperti dilaporkan Reporter Elshinta, Supriyarto Rudatin.

Adapun Program Pandu Digital merupakan program bagi masyarakat umum khususnya pada hal community empowerment berbasis komunitas, collaborative engagement dengan menyebarluaskan pengetahuan etika digital, dan memperkuat ekonomi digital dengan roadmap e-commerce Indonesia. 

Sedangkan School of Influencer berfokus pada pengembangan konten positif di Internet dengan cara mengajak anak-anak muda Indonesia untuk memproduksi konten kreatif seperti video, gambar, artikel, blog atau vlog yang positif di Internet. Kreator Nongkrong adalah komunitas bentukkan Siberkreasi yang mewadahi para influencer/ konten kreator untuk saling bersinergi dan tetap produktif dalam memproduksi dan menyebarkan konten positif

Selain empat program di atas, salah satu program lain Siberkreasi adalah Siberkreasi Netizen Fair 2019 yang diadakan setiap tahun. Adapun gelaran Siberkreasi Netizen Fair 2019 akan berlangsung di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jakarta pada 5 Oktober mendatang.

Kegiatan ini merupakan gelaran ketiga setelah dua tahun sebelumnya Siberkreasi Netizen Fair sukses digelar. Dengan mengangkat tema “Creator Generation” pada tahun ini, Siberkreasi Netizen Fair 2019 hadir untuk mengajak anak bangsa lebih bebas menuangkan kreativitas dalam berekspresi serta mendorong anak muda agar mampu memanfaatkan teknologi dengan memproduksi konten positif yang bisa berguna bagi banyak orang. Adapun perhelatan Siberkreasi Netizen Fair 2019 akan digelar dalam bentuk konferensi workshop dan penghargaan Siberkreasi. 

Yosi Mokalu, Ketua Divisi Kreatif GNLD Siberkreasi berpendapat “Siberkreasi Netizen Fair adalah event yang penuh dengan energi positif dari dunia siber. Mulai dari bermacam workshop, entertainment & penghargaan. Orang harus datang untuk mendapatkan inspirasi, ilmu dan kreativitas baru, jika ingin aktif berkontribusi dalam dunia siber," ujar Yosi. 

Untuk mengikuti Siberkreasi Netizen Fair 2019, masyarakat tidak dikenakan biaya alias gratis. Bagi yang ingin ikut serta, dapat mendaftar di website siberkreasi.id. Pendaftaran ditutup pada tanggal 25 September 2019, pada pukul 23.00 WIB.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Mengintip teknologi yang dibenamkan didalam KTP-el
Minggu, 20 Oktober 2019 - 19:38 WIB
Elshinta.com - Hingar-bingar kasus KTP-el yang melibatkan para petinggi negara dan unsur swasta...
Pemerintah ajak masyarakat bijak gunakan medsos
Sabtu, 19 Oktober 2019 - 19:36 WIB
Elshinta.com - Deputi Partisipasi Masyarakat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlin...
Kemendikbud nilai teknologi hanya alat capai tujuan pendidikan
Jumat, 18 Oktober 2019 - 16:46 WIB
Elshinta.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan bahwa teknologi hanya ...
Palapa Ring diprediksi tumbuhkan unicorn baru
Selasa, 15 Oktober 2019 - 20:58 WIB
Elshinta.com - Asisten Deputi Telematika dan Utilitas Kementerian Koordinator Perekonomian Eddy...
Palapa Ring bukan untuk ujaran kebencian dan hoaks
Selasa, 15 Oktober 2019 - 07:07 WIB
Elshinta.com - Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian proyek infrastruktur jaringan...
Resmikan Palapa Ring, Presiden: Dunia telah berubah dari analog ke digital
Senin, 14 Oktober 2019 - 14:25 WIB
Elshinta.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) Senin (14/10) hari ini meresmikan Palapa Ring di Istana...
Kapak corong perunggu ditemukan di Situs Bobu Uriyeng di Papua
Senin, 14 Oktober 2019 - 13:18 WIB
Elshinta.com - Kapak corong yang terbuat dari perunggu ditemukan di Situs Bobu Uriyeng, Ka...
Ekskavasi Balai Arkeologi Papua temukan Obsidian di Situs Yomokho Jayapura
Senin, 14 Oktober 2019 - 13:06 WIB
Elshinta.com - Ekskavasi dari Balai Arkeologi Papua di Situs Yomokho, Kampung Dondai, Dist...
Riset LIPI: Rumput laut hijau kuatkan imun tubuh balita
Senin, 14 Oktober 2019 - 12:49 WIB
Elshinta.com - Seribu hari pertama kehidupan merupakan masa-masa penting pertumbuhan anak....
30 perguruan tinggi se-Indonesia ikuti KKCTBN 2019 
Jumat, 11 Oktober 2019 - 19:55 WIB
Elshinta.com - Sekitar 63 tim dari 30 perguruan tinggi mengikuti Kontes Kapal Cepat Tak Berawak...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV