Ayo, atur strategi saat belanja bulanan
Elshinta
Jumat, 13 September 2019 - 13:26 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Ayo, atur strategi saat belanja bulanan
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2kKjih9

Elshinta.com - Berbelanja kebutuhan bulanan sudah menjadi kegiatan yang rutin dilakukan. Karena membeli barang dalam jumlah yang tidak sedikit maka kebanyakan orang memilih berbelanja kebutuhan rumah tangga di supermarket.

Banyak godaan ketika berbelanja di tempat tersebut dan jika tidak dikelola dengan baik, bisa bisa dana habis untuk membeli barang yang sebenarnya kurang diperlukan. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini strategi pengelolaan keuangan yang tepat, agar bisa hemat belanja bulanan khususnya di supermarket:
 
Buat daftar belanja
Dengan membuat daftar belanja maka bisa mendapatkan beberapa manfaat seperti lebih efisien. Seperti lebih hemat sehingga tidak tergoda membeli barang lain di luar daftar. Dan manfaat lainnya adalah skala prioritas untuk menentukan barang apa yang harus dibeli dan barang mana yang nanti dibeli di bulan berikutnya.
 
Mengatur Anggaran
Dari daftar belanja yang sudah dibuat akan menentukan anggaran belanja. Sehingga diketahui berapa jumlah uang akan digunakan untuk belanja bulan ini. Pengelolaan anggaran ini juga untuk mencegah pemborosan membeli barang-barang yang belum penting.
 
Belanja banyak sekaligus
Pasar, toko, atau supermarket biasanya memberikan harga yang lebih murah jika belanja produk dalam jumlah yang besar. Keuntungan membeli barang dalam jumlah besar sekaligus yang bisa digunakan hingga satu bulan bahkan ada yang bisa beberapa bulan adalah harga barang dalam jumlah besar biasanya lebih hemat daripada harga satuan.
Selain itu dengan berbelanja sekaligus tidak perlu berulang kali belanja, sehingga waktunya bisa dimanfaatkan untuk aktivitas yang lebih bermanfaat atau menghasilkan uang.
 
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2kIVM4i
 
Membandingkan harga
Ada beberapa orang yang sangat teliti membandingkan harga sebuah barang kebutuhan keluarga. Harga barang di tukang sayur, minimarket, supermarket, atau tempat grosiran untuk mencari yang paling murah. Dengan rajin membandingkan harga, keuangan untuk belanja bulanan menjadi lebih hemat.
 
Bayar Tunai
Sebuah penelitian melaporkan bahwa orang cenderung lebih banyak mengeluarkan uang sekitar 20-50% ketika membayar dengan kartu kredit maupun debit. Sebab ketika bayar menggunakan kartu, seakan-akan tidak membeli barang dengan uang tunai sehingga tidak ada perasaan takut telah berbelanja banyak.
 
Jika membayar tunai maka akan  merasa sudah mengeluarkan uang banyak, sehingga keinginan belanja lagi bisa ditahan.Jangan membawa uang terlalu banyak sebab mudah tergoda untuk membeli barang yang tidak ada dalam daftar belanja bulanan.
Namun untuk berjaga-jaga kalau ada harga barang yang naik, bawalah uang cadangan dengan jumlah tidak besar. Jika memang harus menggunakan kartu kredit atau debit, usahakan tetap bisa mengontrol belanja.
 
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2TQKUNq
 
Manfaatkan kartu member, bonus, kupon belanja
Biasanya pusat perbelanjaan atau supermarket menyediakan kartu member buat pelanggan. Kartu member ini memberikan beberapa keuntungan. Seperti diskon khusus produk supermarket, diskon program tertentu (diskon hotel, restoran, tempat hiburan, rumah sakit dan lain-lain), poin dan cashback dan kemudahan membayar tanpa uang tunai.
 
Selain kartu member, beberapa tempat belanja juga menyediakan bonus dan kupon belanja. Jeli juga melihat info terbaru tentang diskon yang sedang diadakan. Namun tetap harus menggunakan kartu dengan bijak gar belanja efisien dan efektif. 
 
Pilih produk lokal
Barang-barang dari produk lokal, biasanya harganya lebih terjangkau dengan kualitas tetap bagus. Produk buatan minimarket atau supermarket sendiri juga harganya bisa lebih murah. Sehingga bisa membantu menghemat uang belanja.
 
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2lTjM4J
 
Waktu belanja
Tanpa disadari memilih waktu belanja ternyata ikut memberikan pengaruh pada barang yang dibeli. Bila membeli saat ramai, ada kecenderungan akan membeli barang lain yang tidak diperlukan, karena melihat di keranjang atau troli pembeli yang lain. Untuk itu harus bisa cermat memilih barang-barang yang dibutuhkan sekaligus mengontrol keuangan belanja.
 
Hanya membeli yang dibutuhkan
Membeli barang-barang yang benar-benar dibutuhkan selain dapat menghemat uang belanja bulanan juga dapat melatih disiplin dalam menggatur pengeluaran.
Jika kebetulan belanja di pasar, jangan pernah malu atau malas untuk menawar harga. Sebab biasanya pedagang di pasar memang sudah terbiasa memberikan harga yang bisa ditawar oleh pembeli.
 
 
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Ini alasan mengapa window shopping memiliki banyak manfaat
Kamis, 17 September 2020 - 10:03 WIB
Bukan terkesan pelit atau hanya sekadar ingin coba-coba. Tujuan window shopping bukan ingin menghabi...
Ini alasan mengapa tidak perlu malu membeli barang bekas
Kamis, 10 September 2020 - 09:31 WIB
Salah satu cara untuk menekan pengeluaran adalah dengan membeli barang-barang bekas atau preloved. ...
 Bagaimana cara menghemat belanja make up?
Kamis, 03 September 2020 - 10:13 WIB
Tidak semua produk make up yang ada saat ini harus dimiliki semuanya, cukup membeli make up yang dib...
 Ternyata ada manfaatnya mengajak anak belanja bersama
Kamis, 27 Agustus 2020 - 09:27 WIB
Terkadang orang tua enggan mengajak anak belanja ke supermarket karena anak suka minta macam-macam d...
 Cara beli sepatu online agar tidak salah ukuran
Kamis, 13 Agustus 2020 - 10:34 WIB
Belanja sepatu lewat online shop memberi banyak pilihan yang menawarkan model dan motif yang beragam...
 Rahasia cara membeli barang bekas agar tak menyesal
Kamis, 06 Agustus 2020 - 09:17 WIB
Banyak orang yang merasa malu membeli barang bekas. Padahal membeli barang bekas adalah salah satu c...
Cara aman COD ketika belanja online
Kamis, 30 Juli 2020 - 10:02 WIB
Sistem COD dianggap aman karena meminimalisir risiko penipuan tapi tetap memiliki celah untuk tinda...
Apa saja barang yang paling banyak dibeli ibu-ibu saat belanja online?
Kamis, 23 Juli 2020 - 10:34 WIB
Berbelanja online memang sangat memudahkan dalam memenuhi kebutuhan sekaligus menghemat waktu. Ada 4...
Bagaimana agar tidak tertipu belanja online shop di Instagram?
Jumat, 17 Juli 2020 - 10:53 WIB
Belanja online di Instagram banyak dimanfaatkan untuk modus penipuan dan sudah banyak memakan korban...
Tipe pembeli di online shop, mulai dari yang praktis hingga yang membuat pusing penjual
Kamis, 09 Juli 2020 - 09:44 WIB
Belanja dengan sistem online sudah menjadi hal yang biasa dilakukan. Tidak hanya melalui website res...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV