Apa yang bisa membuat perut kenyang lebih lama? Ini dia daftarnya!
Elshinta
Rabu, 18 September 2019 - 15:12 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Apa yang bisa membuat perut kenyang lebih lama? Ini dia daftarnya!
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2lUVbN6

Elshinta.com - Terkadang atau mungkin sering, walau sudah sarapan perut masih terasa lapar. Akibatnya makan menjadi tidak terkendali yang berpotensi bisa membuat berat badan menjadi naik.

Sebenarnya jika memilih makanan atau minuman yang tepat, bisa loh mengenyangkan. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini beberapa buah, minuman dan makanan tinggi serat dan protein dapat membantu membuat kenyang lebih lama.
 
Makanan

Sup kaldu bening
Sup kaldu hangat dapat menekan nafsu makan. Sup kaya akan serat dari sayuran dan protein non-lemak dari kaldu daging dan cairan hangat. Jadi pastikan pilih sup kaldu bening, bukan jenis krim kental yang bisa menjadi sumber lemak dan kalori tinggi.
 
Sayuran non-pati
Sayuran yang berserat tinggi dan kaya kandungan air, seperti mentimun, bayam, brokoli, wortel, zucchini, seledri, kubis, kale, dan brussel sprouts sangat rendah kalori namun tinggi kandungan antioksidan.
Brokoli dan brussel sprouts penuh nutrisi dan memiliki properti anti-kanker. Jika termasuk tipe yang kurang suka lalapan sayuran mentah, masukkan sayur-sayuran ini ke dalam sandwich, sup, atau omelet.
 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2mnhSd7
 
Salmon
Salmon adalah sumber omega-3 yang baik untuk menurunkan berat badan, mengurangi resistensi insulin, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses oksidasi lemak.
 
Telur
Sebuah studi menemukan bahwa orang yang makan telur saat sarapan memiliki tingkat hormon nafsu makan yang memerintahkan otak untuk makan yang lebih rendah, dan tingkat hormon yang bikin kenyang yang lebih tinggi.
 
Kedelai
Protein dalam kedelai bisa membuat perut kenyang lebih lama karena kandungan serat dan proteinnya yang tinggi. Konsumsi kedelai juga bisa mencegah ngemil makanan tak sehat di sela-sela waktu makan, juga mencegah rasa lapar larut malam.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2kRKGtE
 
Buah-buahan
Serat dalam buah mampu membuat kenyang lebih lama, sehingga akan makan lebih sedikit dalam sehari.
Apel
Serat dan air dalam kandungan apel akan mengisi perut sehingga jatah porsi makan siang akan lebih sedikit.
 
Alpukat
Alpukat tidak hanya mengandung dosis tinggi dari lemak tak jenuh tunggal, tetapi juga diperkaya oleh seporsi besar serat yang baik untuk tubuh.
Makan setengah alpukat saat makan siang membantu merasa kenyang lebih lama hingga menjelang petang.
 
Pir
Pir juga mengandung banyak serat jika dimakan dengan kulitnya. Satu buah pir sedang yang dimakan dengan kulitnya mengandung 5,5 gram serat.
 
Raspberry
Raspberry merupakan salah satu buah yang kaya akan serat. Satu gelas raspberry mengandung serat sekitar 8 gram, ini memberikan sekitar 1/3 kebutuhan serat per hari. Selain kaya serat, raspberry juga kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang tentu dibutuhkan oleh tubuh.
 
Pisang
Pisang adalah buah yang bisa mengenyangkan karena kandungan seratnya yang lumayan banyak. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung serat sebanyak 3,1 gram.
 
 
 
 
 
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2kFOpL4
 
Minuman
Sebenarnya saat lapar menyerang, dua gelas air putih bisa jadi minuman yang mengenyangkan perut dan menunda lapar. Selain air putih ada beberapa minuman yang juga mengenyangkan.
 
Susu kacang
Susu kacang yang bebas laktosa juga lebih sehat karena tidak mengandung lemak jenuh layaknya susu sapi. Susu kacang justru kaya akan protein dan serat yang mengenyangkan.
 
Jus buah dan sayur
Untuk menunda lapar, jus dari buah dan sayur bisa jadi pilihan yang bijak. Lapar akan hilang jika tubuh sudah mendapatkan beragam jenis nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan serat. Jika ingin manis, ganti gula dengan madu atau bubuk kayu manis.
 
Susu sapi rendah lemak
Kandungan laktosa dan protein dalam susu sapi bisa menekan nafsu makan. Susu rendah lemak juga mengandung berbagai macam mikronutrien yang dibutuhkan tubuh. Meski demikian, sebaiknya tidak minum susu secara berlebihan.
 
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2lWi8Q9
 
Smoothies
Bahan utama smoothies adalah yogurt. Tekstur smoothies yang kaya dan padat akan menipu sistem pencernaan Anda seolah Anda habis makan berat.
 
Minuman dark chocolate
Minuman dark chocolate yang terasa pahit bisa membantu menekan nafsu makan. Selain itu, cokelat juga bisa menekan produksi hormon yang membuat lapar. Dark chocolate juga kaya akan serat, mineral, antioksidan, dan nutrisi penting lainnya.
 
Teh hijau
Teh hijau juga mampu menekan hormon yang membangkitkan nafsu makan. Minum teh hijau sebelum makan bisa membuat cukup kenyang.
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pesan makanan lewat jasa antar di tengah pandemi COVID-19, amankah?