Ingin menghilangkan noda hitam di wajah? Ini dia tipsnya..
Elshinta
Jumat, 11 Oktober 2019 - 12:08 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Ingin menghilangkan noda hitam di wajah? Ini dia tipsnya..
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2kW7p7V

Elshinta.com - Setiap orang khususnya kaum hawa, tentu mendambakan wajah yang mulus tanpa noda. Namun karena beberapa faktor menyebabkan berbagai permasalahan kulit wajah dan  penampilan jadi terganggu. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa cara menghilangkan flek atau noda hitam di wajah:

Gunakan tabir surya
Sinar matahari menjadi salah satu penyebab munculnya noda hitam di wajah. Tak hanya itu, sinar matahari juga dapat menyebabakan kanker kulit. Oleh karenanya sangat penting untuk selalu menggunakan tabir surya atau sun screen saat beraktivitas di luar ruangan.
 
Gunakan serum vitamin c
Vitamin c memiliki manfaat mencerahkan dan menghilangkan noda hitam di wajah. Saat ini banyak produk skincare yang mengandung vitamin C dan salah satunya adalah serum. Agar noda hitam di wajah berkurang, gunakan setiap hari.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2IHxSPv
 
Gunakan produk AHA dan BHA
Pembersih wajah yang mengandu
ng AHA dan BHA mampu mengikis sel kulit mati serta noda hitam di wajah sehingga sel kulit wajah yang baru terbentuk dan wajah kembali cerah. Namun untuk kulit wajah yang kering dan sensitif, sebaiknya tidak menggunakan pembersih wajah dengan kandungan ini.
 
Gunakan produk spot treatment
Produk spot treatment ada yang dikhususkan untuk mengatasi masalah noda hitam di wajah. Pilih produk spot treatment yang mengandung licorice root extract, kojic acid, vitamin C and E, niacinamide, dan alpha arbutin.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2B4a0RH
 
Jangan memencet jerawat
Jerawat memang sering membuat jengkel.  Tapi jangan pernah memencetnya karena bisa memerah, meradang, dan bahkan meninggalkan bekas kehitaman di kulit wajah. Lebih baik gunakan krim anti jerawat yang yang mengandung hidrokortison untuk mengurangi kemerahan dan bengkak, dan asam salisilat atau benzoyl peroxide untuk mengeringkan jerawat.
 
Lemon
Air perasan buah lemon untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Karena buah lemon memiliki kandungan vitamin C yang mampu menghilangkan flek hitam di wajah. Jika memiliki jenis kulit yang peka atau sensitif, tambahkan sedikit air, air mawar atau madu pada jus lemon untuk mengurangi keasamannya.
Jangan menggunakan jus lemon jika ada luka terbuka pada kulit dan jangan biarkan kulit terkena sinar matahari setelah menggunakan jus lemon.
 
Kentang
Kentang bisa digunakan sebagai pemutih alami yang membantu untuk memudarkan bekas luka, serta flek hitam di wajah. Zat tepung yang ada dalam kentang mampu untuk membantu mengurangi pigmentasi, sementara enzim di dalamnya membantu untuk menyehatkan kulit.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/315huP5
 
Buttermilk
Buttermilk juga bermanfaat untuk membantu memudarkan noda dan flek hitam namun tidak menimbulkan rasa terbakar pada kulit. Kandungan asam laktat di dalamnya akan mengurangi pigmentasi kulit dan mencerahkan kulit secara bertahap.
 
Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki banyak khasiat penyembuhan dan merupakan obat alami yang baik untuk menghilangkan flek hitam. Gelnya memiliki polisakarida yang mampu untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru, juga membantu mengurangi flek hitam dan menyembuhkan bekas luka.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2MIW6dt
 
Kayu cendana
Kayu cendana juga bahan yang efektif untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam pada wajah. Kandungan minyak alami yang dikandungnya bisa membantu membersihkan flek hitam secara alami, tampak sehat dan berseri-seri.
 
Kunyit
Kunyit mampu menghilangkan flek hitam di hidung dan wajah serta memperbaiki kerusakan radikal bebas dan mengurangi pigmentasi kulit, juga mencerahkan warna kulit. Kunyit efektif dan cepat untuk menghilangkan flek akibat terpapar sinar matahari dan flek akibat penuaan kulit.
 
Almond
Almond membantu untuk mencerahkan kulit sekaligus menghilangkan flek hitam dan bekas luka. Almond kaya akan vitamin E, antioksidan dan lemak sehat, juga membantu untuk menjaga kulit agar tetap bersih dan mulus.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2M3z5Ta
 
Oat
Bubuk oatmeal diyakini berguna dan baik untuk pengelupasan kulit. Mengandung saponin yang berfungsi sebagai pembersih alami. Oatmeal juga melembutkan, memperbaiki dan meremajakan kulit. Juga mampu menyembuhkan kulit yang gosong akibat terbakar sinar matahari.
 
Pepaya
Enzim yang terdapat pada pepaya dapat membantu untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam pada kulit. Pepaya mengandung papain, enzim yang mampu mengelupas kulit untuk menyingkirkan sel kulit mati. Selain itu, sifat pembersihannya membantu membersihkan kulit dari kotoran dan bahkan melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari.
 
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Ingin wajah terlihat glowing? Ikuti tips berikut ini
Rabu, 22 Januari 2020 - 11:36 WIB
Karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, tidak semua orang bisa memiliki wajah g...
Begini cara berdandan dengan produk kecantikan tanpa waswas
Jumat, 17 Januari 2020 - 12:30 WIB
Tampil cantik adalah dambaan setiap perempuan karena hal itu bisa membuat mereka lebih percaya diri....
Apa saja kebiasaan yang menjadi penyebab kulit wajah kusam?
Rabu, 15 Januari 2020 - 12:15 WIB
Sebenarnya untuk mengatasi kulit kusam bukan hanya menggunakan produk skin care untuk kulit kusam sa...
Empat mitos tabir surya
Minggu, 12 Januari 2020 - 07:12 WIB
Ahli kesehatan kulit menyarankan tabir surya digunakan saat berkegiatan di luar ruangan demi menghin...
Apa saja produk perawatan yang dibutuhkan untuk usia di atas 50 tahun?
Jumat, 10 Januari 2020 - 13:03 WIB
Seiring bertambahnya usia, ada risiko terjadi berbagai masalah pada kulit seperti kerut, kusam, keri...
Berikut tips sembuhkan bibir pecah-pecah
Selasa, 07 Januari 2020 - 11:49 WIB
Bibir pecah-pecah sering terjadi saat udara dingin dan kering. Hal ini tentu saja bisa sangat mengga...
Kenali jenis-jenis alas bedak agar tak salah pilih
Jumat, 27 Desember 2019 - 11:10 WIB
Menggunakan alas bedak yang tepat merupakan kunci keberhasilan tata rias wajah. Untuk itu jangan sam...
Ini kesalahan yang bisa terjadi saat membeli kosmetik
Kamis, 19 Desember 2019 - 11:06 WIB
Banyaknya pilihan kosmetik seringkali membuat wanita menjadi bingung dan kurang teliti saat berbelan...
Masalah kulit pada perempuan saat masa menopause
Rabu, 18 Desember 2019 - 14:08 WIB
Rendahnya kadar estrogen dalam tubuh dapat menyebabkan berkurangnya kadar kolagen, di mana kolagen m...
Kenali perubahan kulit wajah sesuai usia
Selasa, 17 Desember 2019 - 09:57 WIB
Seiring dengan semakin bertambahnya usia, maka kondisi kulit wajah pun akan mengalami perubahan. Unt...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV