Pengamat: Syarat jaringan pemerintah yang aman dan mandiri bertumpu pada kemampuan industri nasional
Elshinta
Selasa, 22 Oktober 2019 - 20:06 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Pengamat: Syarat jaringan pemerintah yang aman dan mandiri bertumpu pada kemampuan industri nasional
Foto: https://bit.ly/31AMW89/Elshinta.com.

Elshinta.com - Isu soal keamanan jaringan memang menjadi perhatian khusus dalam Rencana  Pembangunan Jangka Panjang Menengah Nasional (RPJMN)  2020 -2024, karena jaringan publik yang tersedia sangat rawan dari serangan cyber.  Dari hasil kajian Bappenas, diperoleh data infrastruktur data center (IDC) tidak efisien, aplikasi e-government  di instansi pemerintah tersebar  dan beragam, datanya tidak terintegrasi, serangan cyber terjadi hingga 12,8 juta kali  dengan sasaran yang paling tinggi adalah domain internet milik pemerintah. 

Karena itulah pemerintah memerlukan infrastruktur dan aplikasi yang aman, tersandarisasi dan memiliki ketahanan keamanan siber. Menurut Nonot Harsono, pemerhati telekomunikasi dari Masyarakat Telekomunikasi, Indonesia merupakan satu-satunya negara yang belum memiliki jaringan khusus pemerintah yang terintegrasi satu sama lainnya. 

Padahal jaringan pemerintah ini sangat bermanfaat, sebagai jaringan penghubung antar lembaga kementerian dan lembaga, jaringan penghubung antara pemerintah pusat dengan seluruh Pemda, Kecamatan dan Kelurahan. “Semua negara maju sudah memanfaatkan TIK untuk meningkatkan kualitas pelayananan publik, Indonesia sudah tertinggal jauh,” jelasnya seraya menambahkan jika selama ini yang terjadi setiap rapat perencanaan nasional selalu bingung data tidak akurat. 

Setiap kali melakukan upaya evaluasi dan koordinasi kesulitan karena terkendala komunikasi dan tidak lengkap. Untuk mewujudkan hal tersebut menurut Nonot Harsono, diperlukan komitmen yang kuat, strategi dan cara bisa menyesuaikan dengan situasi. 

Dengan membuat rancangan jaringan yang aman dan mandiri yang komprehensif dan perencanaan yang lengkap dan realistis. Ia menyarankan agar pemerintah, segera membuat  SOP koordinasi antar kementerian dan membentuk panitia Antar Kelembagaan. 

Kemudian menyepakati sinergi dan harmoni dengan para operator jaringan dan jasa, mengkoordinasikan semua Pemda dan Pemkot untuk terlibat aktif. Serta menggunakan pendekatan yang kooperatif dengan memadukan semua potensi yang ada. 

Menurutnya, keperluan terhadap jaringan telekomunikasi pemerintah yang aman sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi, lantaran tantangan komunikasi ke depan semakin kompleks. Jaringan milik pemerintah mutlak harus terpisah dengan jaringan publik. Untuk menjamin tingkat keamanan yang tinggi dan bisa dipercaya, maka  faktor berikutnya adalah jaringan tersebut harus diselenggarakan dan diproduksi oleh para pelaku industri dalam negeri. 

Dalam pandangan Nonot dari namanya  jaringan khusus pemerintah maka harus aman dan mandiri. Jika ingin aman dan mandiri maka harus membina industri nasional. Agar tidak bergantung dan tersandera oleh negara atau pihak asing. 

“Kita sudah sering mendengar pidato-pidato tentang kemandirian, saat ini harus ada yang memikirkan bagaimana terealisasi,” tukasnya. 

Negara harus memberikan kesempatan kepada para pelaku industri dalam negeri baik BUMN maupun Swasta yang memiliki kemampuan untuk menyelenggarakan jaringan aman dan mandiri. “ Saya yakin kita mampu mendesain, memproduksi dan menyelenggarakan Jaringan pemerintah bekerjasama dengan industri nasional,” jelas  Nonot. 

Dengan adanya jaringan yang terpisah tersebut, maka rencana pemerintah dalam memberlakukan system keamanan digital bisa berjalan. Selain itu pemerintah memberikan perlindungan terhadap keamanan informasi kepada para  aparatur negara dalam menyelenggarakan komunikasi.

Hal senada dikemukakan ahli manajemen industri Mathiyas Thaib yang juga menyambut positif rencana Bappenas membangun jaringan telekomunikasi aman mandiri untuk komunikasi dan integrasi lembaga publik.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pemerintah tuntaskan target dukungan akses internet bagi 3.126 fasilitas layanan kesehatan
Minggu, 27 Desember 2020 - 12:10 WIB
Presiden Joko Widodo menyatakan pandemi menjadi momentum untuk melakukan reformasi kesehatan. Salah ...
Mengenal fungsi dan kegunaandari modem Wi-Fi untuk kehidupan
Jumat, 25 Desember 2020 - 22:44 WIB
Di zaman yang serba modern ini, rasanya hidup tanpa koneksi internet akan membuat hari-hari mu menja...
Kominfo fokuskan pembangunan jaringan 4G pada 2021
Selasa, 15 Desember 2020 - 15:12 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan fokus membangun jaringan 4G di seluruh Indones...
BRTI: Sharing frekuensi diperlukan agar tidak ada monopoli
Kamis, 12 November 2020 - 09:50 WIB
Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) bidang teknologi Agung Harsoyo mengatakan ...
BAKTI Kominfo raih penghargaan dunia
Sabtu, 07 November 2020 - 12:39 WIB
Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (K...
Huawei dan pakar gelar pertemuan bahas teknologi ramah lingkungan
Rabu, 04 November 2020 - 17:25 WIB
Huawei kembali menggelar ``Better World Summit 2020 ``dengan ``Power Digitalization 2025`` menjadi t...
Huawei Indonesia dukung program vokasi pemerintah
Kamis, 29 Oktober 2020 - 13:21 WIB
Huawei Indonesia menyatakan kesiapan mereka dalam mendukung komitmen Pemerintah Indonesia terkait pr...
Jaringan internet desa dukung kegiatan di tengah pandemi
Kamis, 29 Oktober 2020 - 11:58 WIB
Di tengah masa pandemi Covid-19 kehadiran jaringan internet ke desa-desa di Subang Jawa Barat diras...
Industri dorong konsumen beli ponsel resmi dukung aturan IMEI
Minggu, 20 September 2020 - 10:40 WIB
Pemerintah awal pekan ini resmi memberlakukan kebijakan pengendalian International Mobile Equipment ...
Kemenperin: IMEI Tanda Pendaftaran Produk ponsel bisa diintegrasikan
Senin, 24 Agustus 2020 - 21:29 WIB
Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian T...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV