Sosok Menteri PPPA yang jago tenis meja
Elshinta
Jumat, 25 Oktober 2019 - 09:45 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Sosok Menteri PPPA yang jago tenis meja
Sumber foto:https://bit.ly/2qKZ6Pb

Elshinta.com  - Selain Ida Fauziah yang dipilih presiden menjadi Menteri Tenaga Kerja, satu lagi wajah baru menteri perempuan dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Presiden Joko Widodo menunjuk I Gusti Ayu Bintang Darmavati sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menggantikan Yohana Yembise. Penunjukan Bintang menjadi menteri merupakan sebuah kejutan sebab sampai sehari sebelumnya nama Bintang tidak masuk dalam radar calon menteri.

Aktif di berbagai bidang
Bintang, sapaan akrabnya, adalah istri dari mantan Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Saat Puspayoga masih menjabat sebagai menteri, Bintang duduk sebagai Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementrian Koperasi dan UKM. Bintang mendorong perkumpulan perempuan untuk mendirikan koperasi, agar dapat menjadi sarana pemberdayaan bagi perempuan.
 
Perempuan kelahiran Bali, 24 November 1968 itu memiliki banyak aktivitas. Ia aktif di Dewan Kerajinan Nasional (Dekarnas), menjabat sebagai Ketua Bidang Manajemen Usaha dan dipercaya sebagai Ketua Bidang II Penggerak PKK. Pada Kabinet Kerja, Bintang menjadi Ketua Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga Besar Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE).
 
OASE merupakan organisasi yang peduli pada program pendidikan, kesehatan, pelayanan, dan kepedulian. Saat di OASE, ia aktif ikut dalam kunjungan kerja untuk melakukan penyuluhan mengenai kanker serviks ke berbagai daerah.
Bintang berhasil menjadi satu dari delapan pejabat Eselon II Pemkot Denpasar dari hasil lelang pada Mei 2019. Ia pun dilantik sebagai Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Denpasar.
 
Sumber foto:https://bit.ly/32RkVe4
 
Jago tenis meja
Tak hanya aktif di pemerintahan, rupanya Bintang juga punya kegemaran di bidang olahraga, khususnya tenis meja. Hobinya tersebut telah membawa Bintang pada berbagai pertandingan. Salah satunya pernah menjuarai Kejuaraan Tenis Meja PB Perwosi oktober 2010 di GOR Sumantri Brojonegoro, Jakarta. Berkat kemahirannya tersebut, Bintang termasuk atlet tenis meja andalan Bali.
 
Berkat kecintaannya pada tenis meja, Bintang berhasil terpilih menjabat sebagai Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMS) Bali pada 2015-2019. Ia juga merintis kejuaraan tenis meja antar PKK banjar sekota Denpasar pada 2002. Tujuannya untuk  menjaring bibit-bibit andal cabang olah raga ini. Kini event tersebut menjadi agenda tahunan PTMSI Provinsi Bali.
 
Bermain tenis meja bagi Bintang tidak hanya menyalurkan hobi semata tapi juga sekaligus menjaga kebugaran karena semua tubuh bergerak saat bermain tenis meja.Menurutnya bermain tenis meja itu butuh latihan intensif karena bolanya kecil dan pantulannya cepat, sehingga harus penuh konsentrasi.
 
Selain itu, kesukaannya pada tenis meja karena cabang olah raga ini tidak memerlukan tempat khusus dan bisa dimainkan oleh berbagai kalangan tanpa batasan usia. Bisa dimainkan sepanjang  tahun, siang atau malam tanpa khawatir cuaca buruk.
 
Merilis buku
Bintang  juga merilis buku bertajuk ‘Sinergi untuk Negeri.’ Buku tersebut disusun oleh tim yang diketuai Kabag Humas Kementerian Koperasi dan UKM Darmono. Buku tersebut menyajikan peran Bintang selama mendampingi suaminya. Selain itu, Bintang juga bercerita tentang tugas-tugasnya dari berbagai jabatan yang pernah diembannya. Cover buku tersebut menggambarkan potongan-potongan atau kepingan gambar yang jika disusun akan memberikan gambaran utuh tentang sesuatu.
 
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Tak hanya selegram, Nay memiliki bisnis kuliner
Jumat, 04 September 2020 - 21:03 WIB
Tak sedikit selebgram, influencer atau youtubers yang kemudian melebarkan sayap dengan mengembangkan...
Era Soekamto, aktif kampanyekan budaya lewat kebaya
Rabu, 29 April 2020 - 06:00 WIB
Dalam pandangan Era Soekamto, sosok Kartini adalah seorang figur wanita yang sangat kritis dan mindf...
 Sosok Niki Zefanya, penyanyi asal Indonesia yang masuk daftar 30 Under 30 Asia dari Forbes
Selasa, 07 April 2020 - 10:53 WIB
Isyana Sarasvati dan Niki Zefanya, masuk dalam daftar bergengsi 30 Under 30 Asia 2020 oleh Forbes. ...
Sosok Pricilia Carla Yules, Miss Indonesia 2020
Jumat, 21 Februari 2020 - 13:54 WIB
Pricilia Carla Yules asal Sulawesi Selatan resmi dinobatkan menjadi Miss Indonesia 2020 pada malam p...
Zahra Amalina, duta pariwisata spa pertama di Indonesia
Kamis, 20 Februari 2020 - 21:00 WIB
Indonesia memiliki potensi yang luar biasa di sektor pariwisata, salah satunya adalah di industri sp...
Sosok Apriyani Rahayu, anak desa yang mengharumkan nama bangsa
Senin, 20 Januari 2020 - 12:53 WIB
Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu sukses meraih gelar juara di Indon...
Naila Novaranti, wanita pertama Indonesia yang menaklukan tujuh benua dengan terjun payung
Senin, 30 Desember 2019 - 11:55 WIB
Penerjun payung dunia dari Indonesia, Naila Novaranti berhasil menaklukan benua Antartika pada 5 Des...
Profil Albertina Ho, Srikandi Hukum yang menjadi Dewan Pengawas KPK
Senin, 23 Desember 2019 - 12:18 WIB
Dewan pengawas yang terdiri dari lima orang merupakan struktur baru di KPK. Ketua dan anggota dewan ...
Sosok Lili Pintauli Siregar, Pimpinan KPK yang baru
Jumat, 20 Desember 2019 - 17:57 WIB
Presiden Joko Widodo telah melantik lima orang Pimpinan KPK baru untuk periode 2019-2023 pada Jumat,...
Hasniah, perempuan difabel rungu yang mahir merias
Jumat, 06 Desember 2019 - 10:37 WIB
Perempuan memang tidak bisa dipisahkan dari dunia kecantikan. Demikian pula dengan Hasniah. Saat mel...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV