Perhatikan hal-hal ini sebelum menyewakan rumah
Elshinta
Jumat, 01 November 2019 - 11:51 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Perhatikan hal-hal ini sebelum menyewakan rumah
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2JBfwzR

Elshinta.com - Salah satu keuntungan bisnis properti adalah tidak harus digunakan sendiri melainkan bisa disewakan. Dengan menyewakan rumah, selain mengembalikan modal awal saat pertama kali membelinya juga bisa meraup keuntungan.

Selain itu, hunian yang ditempati pasti akan lebih terawat dibandingkan tempat tinggal yang dibiarkan tanpa penghuni. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menyewakan rumah:
 
Identitas calon penyewa
Selalu tanyakan identitas lengkap dan latar balakang calon penyewa agar rumah yang disewakan tidak menjadi tempat kejadian kriminal. Selain itu, jangan lupa untuk membuat kriteria siapa saja yang boleh menempati rumah. Apakah hanya laki-laki atau perempuan saja, penyewa dengan keluarga, karyawan, atau hanya mahasiswa. Jika data sudah didapat, tinggal memutuskan tipe penyewa yang diperbolehkan.
 
Bertemu dengan penyewa
Tindakan sederhana ini perlu dilakukan sebelum menandatangani dokumen sewa-menyewa dengan calon penyewa. Pertemuan ini akan memperlihatkan bagaimana sikap penyewa kontrakan nanti.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2r2kVtA
 
Membuat perjanjian kontrak
Sebelum memasarkan rumah kontrakan, perlu dibuat daftar list yang berisikan aturan-aturan. Adanya perjanjian dapat mengikat kedua belah pihak untuk menjalankan hak dan kewajibannya masing-masing. Apabila ada yang melanggar maka salah satu pihak dapat dikenakan sanksi sesuai perjanjian yang telah disepakati.
 
Pastikan tanggal dimulainya dan berakhirnya kontrak rumah tertera dalam kontrak surat perjanjian tersebut. Selain itu alamat rumah hingga kesepakatan harga sewa rumah per tahun / bulan juga tercantum, termasuk jika diberlakukan uang muka dan cicilan kontrakan tiap bulannya.
 
Berdasarkan aturan ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam perjanjian sewa rumah, yaitu klausul jangka waktu sewa, hak dan kewajiban, dan harga sewa. Bisa pula ditambahkan beberapa aturan khusus seperti pembayaran listrik, air, perawatan perabot, dan lain-lain.
 
Kondisi rumah
Agar calon penyewa tidak merasa kecewa, maka perbaiki bagian rumah yang bermasalah, seperti bocor, saluran air yang mampet, saluran pembuangan hingga mengecek apakah ada lampu yang mati. Jika rumah yang sudah lama tidak ditempati, lakukan pembersihan
menyeluruh.
 
Memberikan pelayanan yang baik sebelum rumah resmi ditempati akan membuat penyewa merasa dihargai. Cara ini dapat memulai hubungan bisnis yang baik dan catatan yang bagus pula.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2qdE5fK
 
Kosongkan rumah 
Tata cara mengontrakkan rumah selanjutnya biasanya mengosongkan rumah dari segala perlengkapan. Sebab, perabotan yang ditinggalkan pada hunian, rata-rata akan rusak dan tidak terawat dengan baik.

Tapi jika ingin menyewakan rumah lengkap dengan perabot, maka catat berapa jumlah perabot yang ada. Untuk meminimalisir kerugian, hal ini bisa diumasukkan dalam klausul perjanjian sewa khusus mengenai perabot. Namun sebaiknya jangan perabot berharga.
 
Harga sewa
Harga sewa rumah harus mengikuti pasaran harga yang ada, dengan mengacu pada luas bangunan dan tanah yang dimiliki dan lokasi apakah di pinggir jalan utama atau yang memiliki akses ke berbagai tempat. Jika mempromosikannya lewat online, jangan lupa untuk menuliskan kelebihan rumah yang akan disewakan dibanding dengan rumah lain.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2r2qqbH
 
Pengeluaran tahunan
Ada dua jenis pengeluaran tahunan yaitu, pengeluaran tetap dan tak terduga. Uang untuk pengeluaran tetap digunakan membayar pajak, asuransi, perawatan secara rutin, dan sebagainya. Sedangkan, pengeluaran tak terduga untuk keadaan darurat. Misalnya kebocoran pada AC, kran air, dan lain-lain.
 
Keamanan
Keamanan ini salah satu faktor yang penting. Pastikan rumah kontrakan memiliki beberapa sistem keamanan sehingga tidak mudah kebobolan maling. Seperti, menambahkan pintu pagar rumah dengan kunci ganda atau cara lainnya. Jika penyewa sudah pindah maka akan lebih baik mengganti kunci sehingga penyewa terdahulu tak lagi memiliki akses masuk ke dalam rumah.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/36q6vn1
 
Proses sewa
Agar proses sewa-menyewa kian mudah, gunakan beberapa cara seperti memakai jasa agen broker properti atau pasang iklan rumah gratis dengan media properti online.
 
Risiko
Risiko yang bisa saja terjadi adalah, selama beberapa jangka waktu tertentu, mungkin tidak ada orang yang belum tertarik untuk mengontrak. Selain itu a harus mengeluarkan dana untuk mendesain interior dengan baik. Selain itu, harus sanggup mengusir penyewa properti yang tidak bertanggung jawab misalkan, merusak beberapa interior rumah sehingga kamu harus memperbaikinya.
 
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Bagaimana membuat rumah agar nyaman dihuni?
Kamis, 26 Maret 2020 - 11:09 WIB
Salah satu faktor yang membuat produktivitas semakin meningkat adalah karena kualitas hidup terpelih...
Ada beragam jenis KPR, manakah yang paling bagus?
Jumat, 13 Maret 2020 - 12:27 WIB
KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau untuk kebutuhan k...
Rumah bau tak sedap usai banjir? Coba cara ini
Selasa, 03 Maret 2020 - 10:26 WIB
Mengembalikan rumah ke kondisi aslinya setelah banjir tidaklah mudah. Masalah lain pada rumah setela...
Lakukan cara ini agar rumah cepat bersih setelah banjir
Jumat, 28 Februari 2020 - 11:49 WIB
Membersihkan rumah dari sisa banjir sudah pasti bukan pekerjaan mudah, tapi sebaiknya jangan terlalu...
 Kenali macam-macam penentuan harga properti agar untung
Rabu, 19 Februari 2020 - 11:55 WIB
Kesempatan investasi di sektor properti sepertinya selalu ada potensi. Dalam memilih properti yang l...
 Bagaimana kriteria rumah ideal itu?
Kamis, 06 Februari 2020 - 12:21 WIB
Rumah ideal menjadi dambaan setiap orang. Rumah yang tak hanya nyaman, namun juga dapat meningkatkan...
Bagaimana cara agar tak menjadi korban penipuan properti?
Rabu, 29 Januari 2020 - 12:18 WIB
Kasus penipuan properti, mulai dari penipuan uang muka hingga pemalsuan sertifikat masih sering dite...
Rumah tumbuh, solusi membangun rumah dengan dana minim
Selasa, 14 Januari 2020 - 13:58 WIB
Membangun rumah tumbuh dapat diartikan sebagai proses pembangunan rumah yang dilakukan secara bertah...
Ingin rumah cepat laku terjual, ikuti tips berikut
Jumat, 20 Desember 2019 - 13:58 WIB
Rumah merupakan salah satu aset berharga bernilai tinggi. Setiap tahun harga rumah terus naik dengan...
Apa pentingnya mengurus roya?
Jumat, 13 Desember 2019 - 10:49 WIB
Sejumlah bank menawarkan bunga yang kompetitif untuk menarik para calon pembeli rumah mau mengajukan...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)