Selain cicilan, ini biaya tambahan KPR yang harus dicermati
Elshinta
Jumat, 08 November 2019 - 11:13 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Selain cicilan, ini biaya tambahan KPR yang harus dicermati
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2PYBOQq

Elshinta.com - Saat sudah menemukan rumah impian dengan cara Kredit Pemilikan Rumah (KPR) maka siapkan pula biaya tambahan yang mengikuti. Uang tambahan ini jumlahnya cukup lumayan.Apa sajakah biaya-biaya tersebut? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut biaya tambahan yang dikeluarkan untuk kepengurusan KPR:

Biaya uang muka
Jumlah uang muka yang wajib dibayarkan oleh calon pembeli umumnya bervariasi, mulai dari 10-30 persen. Besarnya tergantung pada pihak bank dan juga pengembang perumahan. Tidak sedikit juga pengembang yang memberikan promo khusus dengan memberikan keringanan hanya 5 persen.
 
Biaya notaris
Biasanya pihak pengembang perumahan (developer) dan bank memiliki notarisnya sendiri-sendiri. Masing-masing dari mereka melakukan pekerjaan yang berbeda, misal notaris dari pihak pengembang menyiapkan akta jual beli (AJB). Notaris dari bank menyiapkan akta Kredit.
 
Biaya untuk notaris-notaris ini cukup tinggi. Jadi jika memiliki saudara atau teman yang bekerja sebagai notaris bisa meminta tolong untuk membantu. Cara lain bisa juga dengan bernegosiasi dengan pihak pengembang perumahan untuk patungan membayar notaris kepengurusan KPR.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2KfNlHp
 
Pajak penjualan dan pembelian
Pajak penjual dikenal juga dengan Pajak Penghasilan (PPH) besarnya adalah 5% dari harga jual. Dibayarkan oleh orang atau perusahaan yang menjual rumah. Pajak pembelian atau dikenal juga dengan istilah Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang besarnya 5% x (Harga Jual – Nilai Jual Obyek Pajak Tidak Kena Pajak).
 
Besaran nilai tidak kena pajak berbeda-beda tergantung pada kota dan wilayah.Pajak tersebut dapat dibayarkan melalui bank dan dilaporkan kepada kantor pajak. Cara lain adalah dapat sekaligus meminta bantuan notaris untuk melaporkan pembayaran pajak.
 
Biaya provisi
Biaya provisi ini besarnya 1 persen dari total pinjaman KPR yang diajukan dan harus dilunasi sebelum akad kredit KPR dilakukan. Ada juga bank yang memotong biaya provisi dari jumlah kredit yang diterima. Biaya provisi boleh dibilang sebagai biaya adminstrasi bank yang berfungsi untuk kepengurusan KPR. Biaya provisi hanya akan dibayarkan sekali (pada saat pengajuan).
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2NU8MyD
 
Biaya asuransi jiwa
Pihak bank tetap khawatir kalau pemohon tidak mampu membayar cicilan KPR misalnya karena meninggal dunia. Hal itulah yang menyebabkan bank merasa penting untuk mengasuransikan. Namun pemohon yang harus membayar asuransi jiwa itu sendiri. Hal ini menguntungkan karena rumah akan dilunasi oleh perusahaan asuransi, tanpa menambah beban ahli waris.
 
Asuransi jiwa yang dikenakan biasanya asuransi jiwa tradisonal, jenis term life. Premi atau biaya yang harus dibayarkan untuk asuransi jiwa bergantung pada umur pemohon KPR, kondisi kesehatan, riwayat kesehatan dan kebiasaan (merokok atau tidak, obesitas atau tidak). Jika makin berisiko, tentu premi asuransi jiwa yang harus dibayarkan akan semakin mahal.
 
Biaya asuransi kebakaran
Ini sebenarnya tidak diharuskan. Tetapi terkadang calon pemohon KPR tidak sempat menolak saat bank meminta untuk membayar asuransi kebakaran. Jumlah asuransi kebakaran juga bermacam-macam.
 
Tergantung perusahaan asuransi dimana bank pemberi KPR itu bekerja sama. Selain kebakaran, risiko lain yang mungkin muncul adalah bencana alam atau kerusuhan. Untuk itu salah satu solusinya adalah dengan menggunakan asuransi rumah atau asuransi property yang biasanya lebih murah dibandingkan asuransi jiwa.
 
Biaya appraisal dan denda
Pemohon juga akan dibebankan biaya survei aset properti atau biaya appraisal. Sedangkan biaya denda akan dikenakan apabila pihak pembeli atau nasabah KPR terlambat dalam melakukan pembayaran cicilan angsuran KPR. Untuk besaran dendanya, biasanya tergantung dari bank yang memberikan KPR, sehingga besarnya juga bervariasi tergantung dari kebijakan bank tersebut.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/36IT02a
 
Sebenarnya biaya-biaya tersebut tertera dalam akad kredit saat akan mengambil KPR. Sayangnya, banyak yang tidak jeli pada bagian biaya-biaya yang perlu dikeluarkan, sehingga pada akhirnya banyak bagian yang dilewatkan dan langsung melakukan tanda tangan.
Untuk itu harus lebih cermat serta pintar dalam melakukan negoisasi untuk mengurangi beban tambahan yang harus ditanggung nasabah KPR.
 
 
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pria perlu tahu, apa penyebab penis bengkak
Jumat, 10 Juli 2020 - 23:15 WIB
Saat penis bengkak, kulit alat vital pria akan memerah dan teriritasi. Jika disentuh, area yang terd...
Bagaimana memilih cat rumah agar hasilnya sesuai keinginan?
Jumat, 10 Juli 2020 - 13:21 WIB
 Banyak orang masih kebingungan saat akan memilih warna cat rumah. Alasan utamanya adalah takut jik...
 Hindari kesalahan-kesalahan berikut ini saat memilih furnitur rumah
Jumat, 03 Juli 2020 - 10:32 WIB
emilihan furnitur yang tepat ikut memberi andil dalam kenyamanan sebuah rumah. Namun banyak orang ja...
 Menata dapur sempit sederhana agar terasa luas
Jumat, 26 Juni 2020 - 10:19 WIB
Di beberapa rumah, dapur menjadi area yang tak terlalu diperhatikan kenyamannya. Salah satu alasanny...
 Apa saja peluang usaha sekitar dunia properti?
Jumat, 19 Juni 2020 - 10:10 WIB
 Selain tiga profesi dalam usaha di bidang properti seperti perantara, agen properti, dan developer...
 Bagaimana membuat kamar tidur mungil agar terkesan luas?
Jumat, 12 Juni 2020 - 10:10 WIB
Kamar tidur adalah salah satu ruangan untuk beristirahat dan mengisi kembali energi. Jadi sangat pen...
 Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum sewa apartemen?
Jumat, 05 Juni 2020 - 11:05 WIB
Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi alternatif bagi orang-orang yang hidup di perkotaan. Ber...
 Bagaimana mendekorasi rumah bergaya minimalis?
Kamis, 28 Mei 2020 - 10:12 WIB
Rumah adalah tempat berlindung, rumah memberikan perlindungan, kenyamanan, dan juga keamanan.  Huni...
Apa saja bagian rumah yang harus dipersiapkan untuk menyambut Lebaran?
Jumat, 22 Mei 2020 - 09:54 WIB
Lebaran tahun ini berbeda. Meski tidak ada tamu yang datang, tidak ada salahnya tetap perlu membersi...
 Bagaimana membersihkan rumah bekas yang akan dijual?
Kamis, 14 Mei 2020 - 10:10 WIB
Menjual rumah bukan merupakan hal yang mudah karena perlu menyiapkan beberapa hal agar nantinya calo...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV