Sosok gadis asal Cirebon yang mendunia berkat suara emasnya
Elshinta
Selasa, 12 November 2019 - 13:25 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Sosok gadis asal Cirebon yang mendunia berkat suara emasnya
Sumber foto:https://bit.ly/34Pt7vK

Elshinta.com - Nama Claudia Emmanuela Santoso menjadi sorotan setelah berhasil mengharumkan nama bangsa lewat The Voice of Germany 2019, sebuah ajang pencarian bakat bernyanyi bergengsi di Jerman. Claudia Emmanuela Santoso berhasil memenangi ajang tersebut setelah mengalahkan para pesaingnya. Seperti apa sosok dan perjuangan gadis asal Cirebon tersebut?

Pantang menyerah ikut berbagai ajang musik
Kemampuan menyanyi Audi, demikian ia bisa disapa sudah terlihat sejak kecil. Ia bahkan tidak mau tidur sebelum bernyanyi dan mendengarkan musik. Melihat bakat Audi, sang mama lalu menyekolahkan Audi di sekolah musik sejak usia empat tahun hingga kelas 2 SMA. Karena kurang lebih sudah 12 tahun kursus musik, maka tak heran bila ia selalu mendapat juara dalam setiap lomba menyanyi di tingkat Kota Cirebon.
 
Audi juga kerap mewakili sekolahnya di SMA BPK Penabur Cirebon mengikuti kompetisi menyanyi. Ia pernah memenangi Piala Bergilir Dinas Pendidikan Kota Cirebon di Ajang Menyanyi tingkat Pelajar se-Wilayah III Cirebon. Tahun 2016, Audi menjadi juara pertama Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kota Cirebon. Ia mewakili Kota Cirebon dan Provinsi Jawa Barat di ajang tersebut.
 
Tak puas sampai disitu, Audi menjajal berbagai ajang musik. Ia pernah mengikuti beberapa ajang pencarian bakat menyanyi di Indonesia. Mulai dari Akademi Fantasi Indosiar (AFI) Junior dan Idola Cilik pada 2011. Kedua ajang tersebut masih belum membawa keberutungan baginya walau pada Idola Cilik, ia sempat menembus 20 besar.
 
Ketika ada pencarian bakat untuk penggarapan film anak, Audi pun tak mau ketinggalan mengikuti dan hasilnya ia berhasil terpilih sebagai komposer. Perjalanannya kemudian berlanjut dengan menjajal Mamamia walau terpaksa terhenti di babak 11 besar. Kendati keinginannya untuk menjadi juara belum terpenuhi, Audi tak patah semangat. Ia terus latihan agar kemampuan bernyanyinya semakin terasah.
 
Sumber foto:https://bit.ly/34QixEJ
 
Menempuh kuliah di Jerman
Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas Kristen Penabur di Cirebon, Audi melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi di Jerman. Namun ia gagal mengikuti tes masuk perguruan tinggi pada musim panas semester lalu dan terpaksa harus mengulang pada semester musim dingin.
 
Di Jerman, pelajar asing yang hendak kuliah di sana memang tidak bisa langsung masuk universitas. Mereka harus mengikuti Studienkolleg atau program persamaan yang diwajibkan untuk calon mahasiswa asing sebelum kuliah. Audi mengaku sudah diterima di salah satu universitas di Munchen dan mengambil jurusan Communication Science.
 
Memukau para juri The Voice of Germany 2019
Saat gagal masuk perguruan tinggi itu, Audi mencoba mengikuti ajang pencarian bakat The Voice of Germany 2019 di kota Munchen pada bulan Februari. Audi harus berkompetisi dengan sekitar dua ribu peserta yang dibagi per kelompok. Setiap kelompok berisi 100 orang yang dibagi lagi menjadi empat kelompok.
 
Dari 25 peserta setiap kelompok, hanya lima orang yang dipilih untuk kemudian menyanyi di audio both. Dari tahap tersebut, peserta kembali dipilih menjadi dua orang untuk wawancara. Audi baru mendapat kabar bahwa dirinya lolos ke tahap final di Berlin setelah satu bulan kemudian.
 
Di babak kedua, ia harus mengikuti tahap blind audition dan berhasil memukau juri saat membawakan lagu dari film The Greatest Snowman yang berjudul Never Enough. Para juri yang terdiri dari Alice Merton, Sido, Rea Garvey, dan Mark Foster langsung menekan bel.
 
Suara indah Audi membuat Rea Garvey memintanya kembali menyanyikan lagu tersebut sekali lagi dan mampu membuat Alice Merton menangis terharu. Selain sering memukau para juri, gadis kelahiran 27 Oktober 2000 ini pun juga kerap mendapat sambutan yang meriah bahkan standing ovation dari penonton usai bernyanyi.
 
Selama kompetisi, Claudia Santoso mendapat arahan dari Alice Merton yang ia pilih sebagai mentornya. Audi dan Alice juga berkolaborasi menyanyikan lagu berjudul Goodbye yang bisa didengarkan di berbagai digital platform.
Berkat kerja kerasnya, babak demi babak berhasil dilalui Audi. Tampil di babak Battle, Audi duet dengan Emma dan Felix menyanyikan lagu "Say Something".  Alice Merton kembali dibuat meneteskan air mata.
 
Di babak semifinal Audi sukses menyihir juri dan penonton saat menyanyikan lagu 'Listen' dari Beyonce. Di babak final, Audi tampil bersama Freya Ridings membawakan lagu 'Castles'. Selanjutnya ia menyanyikan lagu 'I Have Nothing' dari Whitney Houston dan para juri kembali dibuat terpana oleh suara emasnya.
 
Sumber foto:https://bit.ly/33zw8jD
 
Hasilnya, Claudia mendominasi penilaian dengan 46,39 persen. Sedangkan di posisi kedua Erwin Kintop dengan 17,36 persen. Audi pun dinobatkan sebagai juara The Voice of Germany 2019 tahun ke-9, mengalahkan Lucas, Freschta, Fidi dan Erwin.
 
Audi tak hentinya bersyukur dan berterima kasih atas semua dukungan yang diberikan kepadanya. Salah satunya dari Duta Besar Indonesia di Jerman, Arif Havas Oegroseno yang bersama sang istri, Sartika Oegroseno ikut hadir di studio.
 
Kebahagiaan atas kemenangan Audi tidak hanya dirasakan Audi tapi juga keluarganya terutama sang mama Christin Gunawan yang tak menyangka anaknya berhasil menjadi juara. Christin mengatakan bahwa ia pun sempat mau pingsan saat melihat Audi bisa tampil dan menjadi juara.
 
Christin selalu berpesan pada Audi untuk tidak setengah-setengah dalam menjalani sesuatu. Ia pun terus berusaha mendorong, menyemangati, dan memotivasi supaya apa yang dikerjakan Audi  maksimal dan ada hasilnya. Ia bersyukur karena Audi telah membuat semua orang merasa bangga seperti apa yang keluarganya rasakan. (dari berbagai sumber)
 
 
 
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Tak hanya selegram, Nay memiliki bisnis kuliner
Jumat, 04 September 2020 - 21:03 WIB
Tak sedikit selebgram, influencer atau youtubers yang kemudian melebarkan sayap dengan mengembangkan...
Era Soekamto, aktif kampanyekan budaya lewat kebaya
Rabu, 29 April 2020 - 06:00 WIB
Dalam pandangan Era Soekamto, sosok Kartini adalah seorang figur wanita yang sangat kritis dan mindf...
 Sosok Niki Zefanya, penyanyi asal Indonesia yang masuk daftar 30 Under 30 Asia dari Forbes
Selasa, 07 April 2020 - 10:53 WIB
Isyana Sarasvati dan Niki Zefanya, masuk dalam daftar bergengsi 30 Under 30 Asia 2020 oleh Forbes. ...
Sosok Pricilia Carla Yules, Miss Indonesia 2020
Jumat, 21 Februari 2020 - 13:54 WIB
Pricilia Carla Yules asal Sulawesi Selatan resmi dinobatkan menjadi Miss Indonesia 2020 pada malam p...
Zahra Amalina, duta pariwisata spa pertama di Indonesia
Kamis, 20 Februari 2020 - 21:00 WIB
Indonesia memiliki potensi yang luar biasa di sektor pariwisata, salah satunya adalah di industri sp...
Sosok Apriyani Rahayu, anak desa yang mengharumkan nama bangsa
Senin, 20 Januari 2020 - 12:53 WIB
Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu sukses meraih gelar juara di Indon...
Naila Novaranti, wanita pertama Indonesia yang menaklukan tujuh benua dengan terjun payung
Senin, 30 Desember 2019 - 11:55 WIB
Penerjun payung dunia dari Indonesia, Naila Novaranti berhasil menaklukan benua Antartika pada 5 Des...
Profil Albertina Ho, Srikandi Hukum yang menjadi Dewan Pengawas KPK
Senin, 23 Desember 2019 - 12:18 WIB
Dewan pengawas yang terdiri dari lima orang merupakan struktur baru di KPK. Ketua dan anggota dewan ...
Sosok Lili Pintauli Siregar, Pimpinan KPK yang baru
Jumat, 20 Desember 2019 - 17:57 WIB
Presiden Joko Widodo telah melantik lima orang Pimpinan KPK baru untuk periode 2019-2023 pada Jumat,...
Hasniah, perempuan difabel rungu yang mahir merias
Jumat, 06 Desember 2019 - 10:37 WIB
Perempuan memang tidak bisa dipisahkan dari dunia kecantikan. Demikian pula dengan Hasniah. Saat mel...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV