Kualifikasi Piala Dunia 2022
Lawan Malaysia, pelatih Yeyen berikan nilai Timnas Indonesia 6,5
Elshinta
Rabu, 20 November 2019 - 08:27 WIB | Penulis : Dewi Rusiana | Editor : Dewi Rusiana
Lawan Malaysia, pelatih Yeyen berikan nilai Timnas Indonesia 6,5
Foto via @PSSI

Elshinta.com - Tim Nasional Indonesia kembali dikalahkan lawan serumpunnya Harimau Malaya pada pertandingan di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Grup G, di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Selasa (19/11) malam. 

Kekalahan dengan skor 2-0 ini menjadi kali kelima secara beruntun dan menempatkan Indonesia di dasar klasemen Grup G tanpa satu poin kemenangan pun. 

Reporter Elshinta, Mus Mulyadi di Kualalumpur, Malaysia, Rabu (20/11) pagi, melaporkan, bermain di hadapan 70 ribu lebih penonton, tim asuhan pelatih sementara Yeyen Tumena, Indonesia sebenarnya bermain tidak terlalu buruk, sebelum winger Timnas Malaysia Safawi Rasid mencetak gol melalui tendangan bebasnya di menit ke 29. 

Tercatat di menit ke 20, kerjasama antara Febri Hariyadi, Septian David Maulana, dan Greg Nwokolo, hampir saja merubah hasil pertandingan, bila Febri tidak terlambat memaksimalkan peluangnya. 

Di babak kedua, pelatih mencoba melakukan perubahan pertama di lini depan, untuk dapat meningkatkan daya gedor Indonesia yang membutuhkan gol penyeimbang. Osas Saha dimasukkan untuk menggantikan Greg. Namun, pemain belakang Malaysia yang bermain penuh percaya diri berhasil menahan setiap serangan para pemain Indonesia. 

Alih-alih ingin menyamakan kedudukan, gawang Indonesia justru kembali kebobolan di pertengahan babak kedua, saat sang kapten timnas Yanto Basna melakukan blunder di kotak penalti dan Safawi berhasil mencuri bola dari kakinya untuk melepaskan tembakan keras dari sudut sempit. Safawi akhirnya kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke 73.

Timnas Indonesia sempat mendapatkan peluang emas untuk memperkecil ketertinggalannya saat Febri yang melakukan penetrasi di daerah pertahanan Malaysia dijatuhkan di kotak penalti oleh kiper Farizal Marlias. Namun Osas Saha yang maju sebagai eksekutor gagal melakukan tugasnya, setelah arah tembakannya yang lemah mampu dengan mudah dibaca oleh kiper pengganti. 

Hingga babak akhir pertandingan yang dipimpin oleh wasit asal Iran ini, pertandingan berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Malaysia.

Dalam konferensi pers usai pertandingan, Yeyen Tumena di hadapan para wartawan tetap mengungkapkan respect dan angkat topi untuk kerja keras para pemainnya yang telah menjalankan taktik seperti yang diinginkannya. 

Terkait gagalnya penalti Osas Saha, Yeyen menilai pemain sekelas Maradona dan Messi pun pernah gagal dalam mengeksekusi penalti. Hanya saja disayangkan, peluang yang seharusnya menjadi momen kebangkitan permainan Indonesia itu gagal dimanfaatkan oleh pemainnya. 

Yeyen memberikan selamat kepada Malaysia yang menguasai pertandingan dan meraih kemenangan. Meskipun diakuinya, Indonesia pun memiliki banyak peluang dan bermain efektif. 

Pemain Timnas Indonesia, Febri Hariyadi yang mendampingi pelatih Yeyen Tumena pada saat konferensi pers menyampaikan kekecewaannya pada hasil pertandingan ini. Banyak peluang yang tercipta namun gagal dimaksimalkan oleh mereka, terutama peluang dirinya di menit ke 20 yang diakuinya lambat dalam memaksimalkan peluang yang ada. 

Pada kesempatan itu, pelatih Yeyen juga memuji pemain debutan Tengku Muhammad Ichsan yang berhasil menggalang lini tengah dengan luar biasa bersama Hendro Siswanto dan Bayu Pradana sehingga pemain Malaysia hanya bisa bermain melalui pinggir lapangan tanpa bisa menembus pertahanan Indonesia melalui lini tengah. 

Saat ditanyakan terkait nilai yang diberikan untuk permainan Timnas Indonesia melawan Malaysia dari skala 1 hingga 10, Yeyen memberikan nilai 6,5 bagi timnya meskipun banyak pelauang namun gagal memanfaatkannya, termasuk penalti yang didapatkan. 

Sementara itu, pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe memuji permainan Timnas Indonesia yang dinilainya lebih baik dari pertandingan pada 5 September lalu di Jakarta, saat timnya bertemu dengan Indonesia. Banyak peluang diciptakan dan sempat menekan para pemainnya sebelum akhirnya gol tendangan bebas dari Safawi tercipta. 

Dari hasil pertandingan ini Malaysia menduduki peringkat kedua klasemen sementara grup G di bawah Vietnam dengan poin 9, dari tiga kali kemenangan dan dua kali kekalahan. Sementara Indonesia, tetap menjadi juru kunci dari lima kekelahannya. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kualifikasi Piala Dunia zona Asia ditunda karena COVID-19
Selasa, 10 Maret 2020 - 08:57 WIB
FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sepakat menunda pertandingan kualifikasi Piala Dunia zona...
Kabupaten Bandung siap gelar Piala Dunia U-20
Senin, 03 Februari 2020 - 15:15 WIB
Bupati Bandung, Jawa Barat H.M. Naser menyatakan pihaknya siap, jika PSSI memilih Stadion Si Jalak H...
Palembang masih berpeluang tuan rumah Piala Dunia U20
Minggu, 02 Februari 2020 - 14:38 WIB
Kota Palembang, Sumatera Selatan masih berpeluang menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 pada 2021 karen...
PUPR akan pastikan kesiapan sarana pendukung Piala Dunia FIFA U-21
Kamis, 30 Januari 2020 - 07:48 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap mendukung penyelenggaraan Piala Dunia FI...
 Singkirkan Fiorentina, Inter Milan amankan tiket semifinal
Kamis, 30 Januari 2020 - 06:45 WIB
Inter Milan mengamankan tiket semifinal Coppa Italia setelah menyingkirkan Fiorentina 2-1 pada laga ...
Piala Dunia U-20 tahun 2021 berlangsung 24 Mei-12 Juni 
Kamis, 23 Januari 2020 - 17:48 WIB
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyatakan bahwa Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2021 berlan...
Dramatis, Napoli singkirkan Lazio dari Coppa Italia
Rabu, 22 Januari 2020 - 06:50 WIB
Napoli menyingkirkan juara bertahan Lazio dari Coppa Italia melalui laga dramatis yang berakhir deng...
Lewati Parma, AS Roma melaju ke perempat final Coppa Italia
Jumat, 17 Januari 2020 - 08:35 WIB
AS Roma melengkapi daftar tim-tim peserta babak perempat final Coppa Italia seusai melewati Parma de...
Juventus lumat Udinese 4-0 tanpa Ronaldo
Kamis, 16 Januari 2020 - 09:17 WIB
Juventus tak kesulitan melumat Udinese 4-0 dalam laga 16 besar Coppa Italia di Stadion Allianz, Rabu...
10 pemain Fiorentina depak Atalanta dari Piala Italia
Kamis, 16 Januari 2020 - 08:11 WIB
Fiorentina mendepak finalis tahun lalu, Atalanta, dari ajang Piala Italia, berkat kemenangan 2-1 pad...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV