Mengenal apa saja jenis-jenis Cashback
Elshinta
Senin, 25 November 2019 - 15:06 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Mengenal apa saja jenis-jenis Cashback
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/34hU6QP

Elshinta.com - Saat ini beberapa perusahaan memberikan cashback dalam bentuk barang dan sudah banyak jenis-jenis program atau promo cashback. Apa sajakah bentuknya? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut cashback yang sudah tersedia:

Cashback toko online
Ini program yang dikeluarkan oleh suatu online shop yang akan memberikan pengembalian sejumlah uang bila customer melakukan pembelian barang di online shop tersebut dalam jumlah nominal tertentu. Bisa pula ketika membeli barang dalam jumlah tertentu, misalnya membeli 2 atau 3 barang sekaligus.

Namun promosi ini biasanya bukan berupa pengembalian uang tunai langsung, tetapi pihak toko online akan memberikan cashback untuk dipakai pada pembelanjaan berikutnya di online shop yang sama. Jadi pembelian berikutnya akan mendapatkan potongan sekian persen sesuai dengan cashback yang didapat tergantung ketentuan yang dibuat pihak toko online.

Sehingga konsumen bisa menghemat untuk pembelian berikutnya dan dari pihak online shop hal ini bisa membentuk pelanggan setia. Konsumen akan kembali lagi berbelanja karena untuk transaksi berikutnya akan mendapatkan potongan harga.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/33j8FCc

Cashback kartu kredit
Ini adalah program yang  dikeluarkan oleh suatu bank tertentu yang memberikan keuntungan dimana penerbit kartu kredit akan memberikan pengembalian sejumlah uang bila melakukan transaksi tertentu. Atau bisa juga ketika nilai transaksi yang dilakukan mencapai nominal tertentu.

Cashback kartu kredit juga bisa memberikan potongan harga dari hasil pembelanjaan yang dilakukan. Pengembalian sebagian uang transaksi tergantung dari kebijakan masing-masing bank dan jenis kartu yang dimilik dengan jumlah persentase cashback yang diberikan bervariasi dari jumlah transaksi yang dilakukan. Artinya semakin besar transaksi yang dilakukan, maka semakin besar pula jumlah uang yang dapat dikembalikan.

 Akumulasi dari tiap uang cashback kartu kredit yang diperoleh tiap bulan ini bisa kamu gunakan untuk tagihan iuran bahkan tagihan bulanan atau berbelanja barang-barang kebutuhan lainnya.
Beberapa bank sudah mengeluarkan kartu kredit cashback, yaitu kartu kredit yang khusus memberikan cashback tertentu dengan syarat tetap harus dipenuhi.

Cashback properti
Suatu program yang dikeluarkan oleh suatu pengembang atau developer property yang memberikan keuntungan. Pengembang properti akan memberikan cashback jika konsumen membeli properti yang mereka jual. Biasanya dalam bentuk suatu barang sebagai pelengkap properti yang dibeli,seperti AC, kulkas, dan lain-lain. 

Cashback kendaraan bermotor
Hampir sama dengan cashback properti, program ini dikeluarkan oleh suatu perusahaan pembiayaan atau yang memberikan keuntungan. dimana perusahaan leasing akan memberikan cashback jika konsumen membeli kendaraan bermotor yang mereka jual baik itu mobil maupun sepeda leasing motor. Biasanya perusahaan leasing memberikan cashback dalam bentuk suatu barang, misalnya Laptop, dan lain sebagainya.

Selain cashback tersebut masih ada lainnya seperti cashback paket wisata, cashback pembelian peralatan dapur, dan lain sebagainya. Semuanya tergantung dari perusahaan, merchant, atau penyelenggara program promo cashback ini.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/37CsTu0

Cashback struk belanja
Cashback yang berasal dari struk belanja barang kebutuhan, seperti sabun, sikat dan pasta gigi, bahan makanan dan lain sebagainya. Ada beberapa perusahaan yang melakukan bisnis unik ini untuk keuntungan konsumen. Mereka akan memberikan keuntungan pengembalian uang ketika berbelanja bulanan di supermarket. Caranya dengan mengunggah struk belanja pada aplikasi atau website yang menyediakan cashback struk belanja. 

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/37Bww3q

Program cashback memang sangat menarik. Selain bisa mendapat pengembalian uang tunai juga terdapat bonus berupa barang yang bisa menghemat pengeluaran. Namun tetap perlu memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku agar tidak rugi karena ternyata syarat pengembaliannya rumit.
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Apa saja tipe-tipe orang saat belanja?
Jumat, 29 Mei 2020 - 12:35 WIB
Belanja merupakan salah satu kegiatan yang pernah dilakukan setiap orang. Namun, tak semua orang mem...
Mata pencaharian hilang atau gaji dipotong? Lakukan ini saat pandemi
Jumat, 15 Mei 2020 - 22:40 WIB
Dampak COVID-19, terjadi pemotongan gaji hingga hilangnya mata pencaharian yang dialami sebagian ora...
Tips berbelanja sayur dan buah online
Jumat, 15 Mei 2020 - 11:17 WIB
Untuk berbelanja buah dan sayur online, agar prosesnya semakin mudah dan mendapatkan manfaat yang le...
 Cara aman belanja online dengan kartu kredit
Jumat, 08 Mei 2020 - 10:09 WIB
Jika memutuskan untuk berbelanja online dengan kartu kredit, maka penting untuk mengikuti sejumlah p...
 Tips menghindari kesalahan saat belanja kebutuhan pokok secara online
Jumat, 24 April 2020 - 11:10 WIB
Sejak diberlakukannya social distancing, semua kegiatan sebisa mungkin dilakukan secara online terma...
 Kenali jenis sistem pembayaran online yang sering digunakan
Jumat, 17 April 2020 - 11:10 WIB
Tingginya tingkat transaksi online mendorong munculnya beragam sistem pembayaran online di dunia. Se...
Ini jenis-jenis voucher yang sering diburu
Rabu, 01 April 2020 - 09:18 WIB
Dalam beberapa hal berbelanja dengan menggunakan voucher merupakan cara yang paling dirasa praktis. ...
Bermasalah ketika berbelanja online? Ini solusinya
Jumat, 06 Maret 2020 - 12:26 WIB
Berbelanja bisa dilakukan di mana saja berkat banyaknya platform jual beli di internet. Meski banyak...
Mengapa wanita senang belanja? Ternyata ini alasannya
Jumat, 21 Februari 2020 - 11:51 WIB
Kegemaran akan belanja memang lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Sebagian besar wan...
Apa saja kesalahan yang bisa terjadi saat berbelanja?
Jumat, 31 Januari 2020 - 12:59 WIB
Ketika berada di toko, mata sering menjadi tidak terkendali. Salah satunya adalah yang pada awalnya ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV