Ini penyebab menopause dini pada wanita di usia muda
Elshinta
Senin, 09 Desember 2019 - 11:40 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Ini penyebab menopause dini pada wanita di usia muda
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2t0AJOv

Elshinta.com - Pada dasarnya, cepat atau lambat semua wanita pasti akan mengalami fase menopause. Menopause terjadi karena faktor usia dan wanita tidak lagi mengalami menstruasi. Masa menopause juga merupakan tanda bahwa seorang wanita mulai kehilangan beberapa fungsi hormon dan fungsi fisiologis.
  
Hormon estrogen menurun, kinerja kolagen berkurang, hingga gangguan emosi. Menopause biasanya terjadi pada usia di atas 45 tahun. Namun, ada juga yang mengalami menopause dini atau lebih awal. Mengapa bisa demikian? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyebab menopause dini:

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2P3FEXo

Stres dan depresi
Stres dan depresi tak hanya memengaruhi kesehatan mental saja tapi juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan menopause. Bahkan, depresi yang amat sangat ini bisa membuat menopause datang lebih awal.

Merokok
Merokok memang bisa menyebabkan banyak rentetan masalah pada tubuh. Racun dapat berasal dari berbagai hal, termasuk pestisida dan nikotin dari rokok dan akan berefek buruk bagi ovarium dan hormon reproduksi pada wanita. Seorang wanita perokok bisa lebih cepat mengalami menopause 1 sampai 2 tahun dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/368JHYe

Kemoterapi
Menopause dini juga bisa karena menderita penyakit kanker dan harus menjalani kemoterapi atau terapi radiasi lainnya dalam jangka waktu lama. Efek samping yang ditimbulkan kemoterapi ini bisa menimbulkan kerusakan pada ovarium tergantung dengan frekuensi kemoterapi yang dijalani. Efek samping kemoterapi ini bisa terjadi dalam waktu yang berbeda-beda pada tiap wanita. Kata ahli, efek sampingnya bisa terjadi secara langsung atau dalam waktu beberapa bulan kemudian.
   
Penyakit dan obat-obatan
Kedua hal ini juga bisa menjadi faktor penyebab menopause dini. Misalnya, efek samping obat-obatan, penyakit kronis, atau tumor pada kelenjar hipofisis (pituitari). Selain itu, HIV/AIDS, dan sindrom kelelahan kronis juga bisa menyebabkan menopause dini.

Penyakit autoimun
Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang tubuhnya sendiri. Beberapa penyakit ini bisa seperti rheumatoid arthritis yang dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang ovarium dan jaringannya, sehingga bisa menyebabkan menopasue dini.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/38i35Ut

Faktor Genetik
Faktor keturunan juga bisa berpengaruh. Jika ibu sudah mengalami menopause di usia dini, maka ada kemungkinan anaknya perempuannya pun juga akan mengalaminya.
 
Makanan yang terpapar zat kimia
Kata ahli, beberapa zat kimia juga bisa menjadi faktor penyebab menopause dini. Misalnya, makanan yang mengandung pestisida. Racun yang terkandung dalam makanan itu bisa membuat tubuh perempuan mengalami perubahan hormon.

Pengangkatan ovarium
Operasi pengangkatan ovarium atau oophorectomy, juga bisa memicu datangnya menopause lebih awal. Menurut para pakar, wanita yang menjalani tindakan medis ini akan mengalami penurunan hormon yang amat cepat dan mengalami gejala menopause. 

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/36kxfor

Indeks Massa Tubuh
Hormon estrogen (yang berkaitan erat dengan menopause) banyak disimpan di dalam jaringan lemak tubuh. Wanita yang terlalu kurus tentunya memiliki lemak tubuh yang sedikit sehingga hormon estrogen yang tersimpan di dalam tubuh berjumlah sedikit. Hal inilah yang ujung-ujungnya akan memengaruhi fungsi indung telur dan sistem reproduksi.

Cacat kromosom
Cacat tertentu seperti sindrom Turner (terlahir dengan kromosom tidak lengkap), dapat membuat seorang wanita yang memiliki sindrom ini, mengalami menopause dini karena mereka memiliki ovarium yang tidak berfungsi dengan baik.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/345Hong

Penyakit tiroid
Penyakit tiroid dapat menyebabkan menopause dini akibat tingkat hormon yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Sehingga mengobati kondisi penyakit ini bisa mencegah terjadinya menopause dini.

Infeksi
Infeksi seperti gondongan dan tuberkulosis erat kaitannya dengan menopause dini. Mengingat kedua infeksi tersebut dapat menimbulkan komplikasi serius berupa peradangan pada satu atau kedua indung telur (oophoritis) dan atau infeksi dinding rahim (endometritis) yang dapat menyebabkan amenore sekunder, kegagalan ovarium prematur serta infertilitas.

Beberapa penyebab menopause dini lainnya meliputi histerektomi (pengangkatan rahim), epilepsi, penggunaan obat-obatan tertentu seperti obat anti-psikosis dan obat kanker payudara, berat badan kurang hingga olahraga berlebihan (overtraining).
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Benarkah perempuan menopause akan berisiko osteoporosis?
Kamis, 16 Januari 2020 - 11:39 WIB
Mengalami masa menopause, berarti risiko terkena beberapa penyakit tulang seperti osteoporosis dan o...
Gangguan kesehatan yang menyerang wanita menopause
Kamis, 09 Januari 2020 - 12:28 WIB
Sama seperti ketika pertama kali mengalami datang bulan, beberapa hal akan terjadi pada tubuh setela...
Benarkah warna darah haid bisa menentukan kondisi kesehatan wanita?
Selasa, 31 Desember 2019 - 10:27 WIB
Untuk mengetahui kondisi kesehatan rahim bisa dicek dengan memastikan siklus datang bulan yang tepat...
Cara menghadapi menopause dengan nyaman
Senin, 16 Desember 2019 - 12:07 WIB
Cepat atau lambat menopause akan datang. Menurut ahli, masa menopause seharusnya dipahami sebagai pe...
Ini penyebab menopause dini pada wanita di usia muda
Senin, 09 Desember 2019 - 11:40 WIB
Pada dasarnya, cepat atau lambat semua wanita pasti akan mengalami fase menopause. Masa menopause ju...
Akibat yang ditimbulkan dari hormon yang tidak seimbang bagi wanita
Selasa, 03 Desember 2019 - 10:51 WIB
Ketidakseimbangan hormon menjadi masalah utama pada kalangan perempuan karena dapat memberikan banya...
Apa yang meningkatkan risiko terkena sindrom ovarium polikistik?
Selasa, 26 November 2019 - 09:47 WIB
Sindrom ovarium polikistik atau PCOS adalah penyakit yang dapat terjadi pada hampir setiap wanita. N...
Ini gejala-gejala yang sering terjadi saat hormon tidak seimbang
Rabu, 20 November 2019 - 09:36 WIB
Hormon berperan penting dalam setiap fungsi tubuh, oleh karena itu kadarnya harus tetap seimbang seb...
Masalah-masalah yang terjadi pada sistem reproduksi wanita
Jumat, 15 November 2019 - 10:58 WIB
Organ reproduksi kewanitaan bukan hanya terancam oleh satu atau dua persoalan kesehatan saja. Ada be...
Ini yang terjadi jika tubuh kelebihan hormon estrogen
Rabu, 06 November 2019 - 10:26 WIB
Estrogen dikenal sebagai hormon khas wanita. Hormon ini membantu mengatur siklus menstruasi dan meme...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV