Produk APKJ Pusjatan Balitbang KemenPUPR digunakan di Timor Leste
Elshinta
Selasa, 10 Desember 2019 - 16:55 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Produk APKJ Pusjatan Balitbang KemenPUPR digunakan di Timor Leste
Menteri PUPR, M. Basuki Hadimuljono melakukan seremoni pecah kendi ekspor perdana APKJ, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Foto: Istimewa/elshinta.com.

Elshinta.com - Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Kementerian PUPR telah mengembangkan alat pengujian bernama APKJ (Alat Pengukur Kekuatan Jalan) atau di dunia internasional disebut dengan nama FWD (Falling Weight Deflectometer). Teknologi alat APKJ diinisiasi pada tahun 2008 dengan melakukan penelitian prototipe APKJ untuk mendapatkan rangka alat dan sistem pembebanan.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Badan Litbang Kementerian PUPR, Lukman Hakim menyampaikan bahwa sejak tahun 2018 Direktorat Jenderal Bina Marga telah menggunakan APKJ untuk survey kondisi struktur perkerasan jalan, khususnya di lingkungan Balai Besar atau Balai Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah V Palembang, VII Semarang, XIII Makassar, dan XV Manado. Pada tahun 2019 BPJN IX Mataram dan BPJN XII Balikpapan juga menggunakan APKJ Pusjatan. Selain dari BBPJN V dan XIII, balai lainnya menggunakan APKJ milik Pusjatan.

Pusjatan pada saat ini memiliki empat unit APKJ yang dapat dimanfaatkan untuk pelayanan advis teknis tersebut dan untuk keperluan penelitian perkerasan.

Dengan adanya permintaan dari Ministerio das Obras Públicas, Transporte e Comunicações (Ministry of Public Works, Transportand Communication) Republik Demokratik Timor Leste untuk APKJ ini merupakan suatu bukti kepercayaan atas keandalan produk nasional yang dihasilkan oleh Pusjatan dan PT. Panairsan Pratama. “APKJ Pusjatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi Republik Demokratik Timor Leste, di mana data kondisi struktural perkerasan jalan dapat diperoleh dalam waktu relatif singkat, terpercaya, praktis, efisien, efektif dan ekonomis sesuai dengan kebutuhan” papar Lukman dalam rilisnya yang diterima redaksi elshinta.com, Selasa (10/12)

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT. Panairsan Pratama, Herlina Ardjakusumah, menyampaikan bahwa setelah adanya perjanjian kerjasama untuk memproduksi APKJ secara komersial, unit APKJ, yang dinamai FWD BIMA, telah berhasil dijual ke berbagai institusi di dalam negeri, antara lain BBPJN II Medan Sumatera Utara, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Bengkulu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Aceh. Selain itu, FWD BIMA gencar diperkenalkan ke luar negeri melalui berbagai pameran dan kunjungan, termasuk pada tahun 2016 mengikuti pameran di Dili, Timor Leste yang berlanjut hingga proses pengadaan APKJ yang secara resmi akan diekspor ke Timor Leste pada pertengahan Desember 2019.

Saat ini sudah ada permintaan dari berbagai negara untuk FWD BIMA, misalnya dari India dan Srilanka, khususnya India sudah mempunyai standar teknis yang mensyaratkan semua district (kabupaten/kota) di India harus menggunakan FWD untuk pekerjaan survei jalannya.

“Semoga Indonesia juga mempunyai standar teknis serupa terkait survei jalan dalam menggunakan FWD, mengingat pentingnya luaran yang dihasilkan FWD ini dalam memberikan data lendutan jalan secara cepat,” ungkapnya.

Dalam sambutannya sekaligus melakukan seremoni pecah kendi ekspor perdana APKJ, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri PUPR, M. Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa hubungan kerja sama Indonesia dengan Timor Leste di bidang pembangunan infrastruktur terjalin erat. Nilai proyek konstruksi dan konsultasi Indonesia pada sejumlah proyek infrastruktur di Timor Leste terus mengalami peningkatan. Dengan adanya ekspor perdana Alat Pengukur Kekuatan Jalan atau APKJ ke Timor Leste maka menambah deretan program kerja sama antara Indonesia dan Timor Leste khususnya di bidang infrastruktur.

“Saya harap alat APKJ dapat bermanfaat untuk perencanaan perkerasan jalan di Timor Leste” pungkasnya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Gubernur miliki rasa keinginan sangat tinggi untuk wujudkan pembangunan di Sumut
Selasa, 21 Januari 2020 - 18:25 WIB
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dinilai memiliki rasa keinginan yang sangat tinggi untuk mewuj...
Luhut sebut skema pembiayaan ibu kota akan dirombak
Jumat, 17 Januari 2020 - 15:37 WIB
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa skema pe...
Ruas Tol Palembang-Kayuagung operasional Februari 2020
Jumat, 17 Januari 2020 - 15:08 WIB
Ruas tol Palembang-Kayuagung, Sumatera Selatan, akan operasional pada Februari 2020 setelah sebelumn...
Angka kemiskinan di Magelang capai 10,6 persen
Kamis, 16 Januari 2020 - 21:43 WIB
Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana menyoroti angka kemiskinan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yan...
Proyek jalan wisata Toronipa Konawe-Kendari dilanjutkan Maret 2020
Kamis, 16 Januari 2020 - 12:07 WIB
Proyek pembangunan jalan wisata Toronipa Kabupaten Konawe-Kota Kendari Sulawesi Tenggara tahap kedua...
Ridwan Kamil minta semua OPD punya program unggulan pada 2020
Selasa, 14 Januari 2020 - 20:34 WIB
Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil, meminta kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingk...
UEA ingin terlibat dalam proyek pembangunan ibu kota baru Indonesia
Senin, 13 Januari 2020 - 07:29 WIB
Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed Bin Zayed menyatakan ingin terlibat dalam proyek pembang...
DPRD Banten minta pemprov bangun Jalan Lingkar Utara di Kota Serang
Sabtu, 11 Januari 2020 - 12:56 WIB
Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten Juheni M Rois meminta Dinas Pekerjaan...
DTRB Kabupaten Tangerang fokus penyesuaian penataan ruang
Rabu, 08 Januari 2020 - 19:28 WIB
Dinas Tata Ruang dan Bangunan (DTRB) Kabupaten Tangerang, Banten fokus terhadap penyesuaian penataan...
Pemerintah diminta segera perbaiki jalur evakuasi Gunung Semeru yang rusak
Rabu, 08 Januari 2020 - 19:16 WIB
Rusaknya jalur evakuasi erupsi Gunung Semeru dikeluhkan warga Desa Oro oro Ombo, Kabupaten Lumajang,...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV