Produk APKJ Pusjatan Balitbang KemenPUPR digunakan di Timor Leste
Elshinta
Selasa, 10 Desember 2019 - 16:55 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Produk APKJ Pusjatan Balitbang KemenPUPR digunakan di Timor Leste
Menteri PUPR, M. Basuki Hadimuljono melakukan seremoni pecah kendi ekspor perdana APKJ, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Foto: Istimewa/elshinta.com.

Elshinta.com - Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Kementerian PUPR telah mengembangkan alat pengujian bernama APKJ (Alat Pengukur Kekuatan Jalan) atau di dunia internasional disebut dengan nama FWD (Falling Weight Deflectometer). Teknologi alat APKJ diinisiasi pada tahun 2008 dengan melakukan penelitian prototipe APKJ untuk mendapatkan rangka alat dan sistem pembebanan.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Badan Litbang Kementerian PUPR, Lukman Hakim menyampaikan bahwa sejak tahun 2018 Direktorat Jenderal Bina Marga telah menggunakan APKJ untuk survey kondisi struktur perkerasan jalan, khususnya di lingkungan Balai Besar atau Balai Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah V Palembang, VII Semarang, XIII Makassar, dan XV Manado. Pada tahun 2019 BPJN IX Mataram dan BPJN XII Balikpapan juga menggunakan APKJ Pusjatan. Selain dari BBPJN V dan XIII, balai lainnya menggunakan APKJ milik Pusjatan.

Pusjatan pada saat ini memiliki empat unit APKJ yang dapat dimanfaatkan untuk pelayanan advis teknis tersebut dan untuk keperluan penelitian perkerasan.

Dengan adanya permintaan dari Ministerio das Obras Públicas, Transporte e Comunicações (Ministry of Public Works, Transportand Communication) Republik Demokratik Timor Leste untuk APKJ ini merupakan suatu bukti kepercayaan atas keandalan produk nasional yang dihasilkan oleh Pusjatan dan PT. Panairsan Pratama. “APKJ Pusjatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi Republik Demokratik Timor Leste, di mana data kondisi struktural perkerasan jalan dapat diperoleh dalam waktu relatif singkat, terpercaya, praktis, efisien, efektif dan ekonomis sesuai dengan kebutuhan” papar Lukman dalam rilisnya yang diterima redaksi elshinta.com, Selasa (10/12)

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT. Panairsan Pratama, Herlina Ardjakusumah, menyampaikan bahwa setelah adanya perjanjian kerjasama untuk memproduksi APKJ secara komersial, unit APKJ, yang dinamai FWD BIMA, telah berhasil dijual ke berbagai institusi di dalam negeri, antara lain BBPJN II Medan Sumatera Utara, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Bengkulu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Aceh. Selain itu, FWD BIMA gencar diperkenalkan ke luar negeri melalui berbagai pameran dan kunjungan, termasuk pada tahun 2016 mengikuti pameran di Dili, Timor Leste yang berlanjut hingga proses pengadaan APKJ yang secara resmi akan diekspor ke Timor Leste pada pertengahan Desember 2019.

Saat ini sudah ada permintaan dari berbagai negara untuk FWD BIMA, misalnya dari India dan Srilanka, khususnya India sudah mempunyai standar teknis yang mensyaratkan semua district (kabupaten/kota) di India harus menggunakan FWD untuk pekerjaan survei jalannya.

“Semoga Indonesia juga mempunyai standar teknis serupa terkait survei jalan dalam menggunakan FWD, mengingat pentingnya luaran yang dihasilkan FWD ini dalam memberikan data lendutan jalan secara cepat,” ungkapnya.

Dalam sambutannya sekaligus melakukan seremoni pecah kendi ekspor perdana APKJ, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri PUPR, M. Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa hubungan kerja sama Indonesia dengan Timor Leste di bidang pembangunan infrastruktur terjalin erat. Nilai proyek konstruksi dan konsultasi Indonesia pada sejumlah proyek infrastruktur di Timor Leste terus mengalami peningkatan. Dengan adanya ekspor perdana Alat Pengukur Kekuatan Jalan atau APKJ ke Timor Leste maka menambah deretan program kerja sama antara Indonesia dan Timor Leste khususnya di bidang infrastruktur.

“Saya harap alat APKJ dapat bermanfaat untuk perencanaan perkerasan jalan di Timor Leste” pungkasnya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kementerian PUPR bakal bedah 146 rumah di Mempawah Kalbar
Minggu, 09 Agustus 2020 - 17:29 WIB
Sebanyak 146 unit rumah di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, bakal direhabilitasi dalam...
Rancangan Renduk PBWN-KP jadi acuan pembangunan kawasan perbatasan 5 tahun ke depan
Sabtu, 08 Agustus 2020 - 16:14 WIB
Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) telah selesai merancangan Rencana Induk (Renduk). Renduk ...
Pembangunan Jembatan Musi VI dikebut, akhir tahun 2020 siap operasional
Jumat, 07 Agustus 2020 - 18:13 WIB
Impian masyarakat Palembang untuk memiliki jembatan tambahan demi mengurai kemacetan antara seberang...
Menteri Edhy dukung komitmen pembangunan berkelanjutan Sulawesi Utara
Jumat, 07 Agustus 2020 - 09:46 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mendukung komitmen pembangunan berkelanjutan di dua Wila...
Kementerian PUPR bangun rusun pondok pesantren di Riau
Jumat, 07 Agustus 2020 - 09:37 WIB
Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong penin...
Tertunda akibat COVID-19, DPRD DIY minta pembangunan JJLS dilanjutkan 2021 
Kamis, 06 Agustus 2020 - 14:11 WIB
Akibat pandemi COVID-19 pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di selatan DIY di Kabupaten Ba...
Kementerian PUPR siap bedah 3.772 rumah di Sumbar
Selasa, 04 Agustus 2020 - 09:34 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap melakukan program Bantuan Stimulan Perum...
Menhub targetkan Pelabuhan Nusa Penida rampung sebelum Juni 2021
Senin, 03 Agustus 2020 - 20:36 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan Pelabuhan Sampalan-Bias Munju...
Kementerian PUPR bangun tujuh proyek irigasi strategis
Jumat, 31 Juli 2020 - 16:29 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membangun tujuh irigasi bagian dari Proyek Strategis...
TMMD ke 108 wilayah Kodim 0203/Langkat ditutup
Rabu, 29 Juli 2020 - 22:25 WIB
Sekda Kabupaten Langkat, Sumatera Utara Indra Salahudin menghadiri penutupan kegiatan TNI Manunggal ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV