SEA Games 2019
Timnas Indonesia raih perak, pemain telah berjuang maksimal
Elshinta
Rabu, 11 Desember 2019 - 07:02 WIB | Penulis : Dewi Rusiana | Editor : Administrator
Timnas Indonesia raih perak, pemain telah berjuang maksimal
Laga Timnas Indonesia kontra Vietnam, di partai final SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12) malam. Sumber foto: https://bit.ly/2t1bzz3

Elshinta.com - Tim nasional Indonesia menempati peringkat kedua dan meraih medali Perak setelah dikalahkan Vietnam 0-3, dalam partai final SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12) malam. Tim polesan pelatih Indra Sjafri telah berjuang maksimal meski harus menelan kekalahan. 

Pertandingan partai final berlangsung cukup menarik karena kedua tim bermain terbuka dan sama-sama mencari peluang sejak peluit babak pertama ditiup. Indonesia mendapat peluang bagus dari tembakan bebas Evan Dimas, namun bola yang mengarah ke pojok gawang masih bisa ditepis penjaga gawang Vietnam.

Tempo pertandingan berjalan sedang, kedua tim sama-sama berupaya memanfaatkan semua sisi lapangan untuk memulai serangan. Vietnam mampu membuka gol lewat berawal dari tendangan bebas pada manit ke-39. Van Hau Doan menanduk bola dan masuk ke gawang Indonesia. 

Perjuangan Indonesia semakin sulit setelah Evan Dimas dilanggar keras dan cedera. Keunggulan 1-0 Vietnam bertahan sampai babak pertama selesai.

Di babak kedua, tensi pertandingan makin panas. Pemain-pemain Vietnam kerap bermain keras menjurus kasar. Pemain Indonesia pun merespons meladeni gaya pemain Vietnam. Pelatih Vietnam Park Seo-hang diganjar kartu merah karena protes kepada wasit. Namun, Vietnam tetap di atas angin setelah mampu mencetak gol kedua melalui Hung Dung Do pada menit ke-59.

Tertinggal 0-2, pelatih Indra Sjafri mencoba merespons dengan memasukan Muhamad Rafli untuk menambah daya gedor setelah sebelumnya memasng Egy Maulana Vikri. Namun, pemain belakang Vietnam cukup disiplin, bahkan Indonesia harus kecolongan satu gol lagi. Van Hau Doan mencetak gol keduanya pada menit ke-72.

"Selamat buat vietnam dan laga tadi secara performa, kita lebih baik dari pertandingan sebelumnya. Kita mengawali pertandingan dengan bermain terbuka, gol terjadi, dua gol, dari set piece. Mungkin itu saja, jadi selamat buat vietnam," kata Indra Sjafri usai pertandingan, seperti diinformasikan melalui laman resmi PSSI

Ditambahkan, Indonesia tidak masuk final SEA Games selama enam tahun. "Jadi prestasi hari ini sebenarnya jauh lebih baik ketimbang 6 tahun sebelumnya. Tapi kita mencoba untuk menjadi lebih baik dengan mengusahakan medali emas, setelah 28 tahun terakhir. Dan kita mulai dengan gim terbuka, karena ini memang single match, tidak ada lagi pertandingan setelah ini, ya kalau tidak kalah ya menang," ujar Indra.

Atas dasar itu, Indra memilih gim terbuka. "Tetapi secara keseluruham, tim ini lebih baik dari gim gim sebelumnya. Gol gol dari set piece menjadi pekerjaan rumah kita, dan saya dari awal sudah kasih tahu pemain, bahwa Vietnam unggul dari bola bola atas, dan juga sejak dengan pelatih Park, posession mereka, pergerakan pemain, mereka lebih baik. Dan pemain pemain vietnam bermain dengan semangat luar biasa," tutup Indra.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, keberuntungan belum di pihak Indonesia. "Mereka bermain taktis. Baru menit ke-12 mereka sudah cederai Evan Dimas. Memang itu yang jadi strategi mereka. Namun, pemain jangan kecil hati, mereka sudah kasih yang terbaik," kata Iriawan. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kabupaten Bandung siap gelar Piala Dunia U-20
Senin, 03 Februari 2020 - 15:15 WIB
Bupati Bandung, Jawa Barat H.M. Naser menyatakan pihaknya siap, jika PSSI memilih Stadion Si Jalak H...
Palembang masih berpeluang tuan rumah Piala Dunia U20
Minggu, 02 Februari 2020 - 14:38 WIB
Kota Palembang, Sumatera Selatan masih berpeluang menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 pada 2021 karen...
PUPR akan pastikan kesiapan sarana pendukung Piala Dunia FIFA U-21
Kamis, 30 Januari 2020 - 07:48 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap mendukung penyelenggaraan Piala Dunia FI...
 Singkirkan Fiorentina, Inter Milan amankan tiket semifinal
Kamis, 30 Januari 2020 - 06:45 WIB
Inter Milan mengamankan tiket semifinal Coppa Italia setelah menyingkirkan Fiorentina 2-1 pada laga ...
Piala Dunia U-20 tahun 2021 berlangsung 24 Mei-12 Juni 
Kamis, 23 Januari 2020 - 17:48 WIB
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyatakan bahwa Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2021 berlan...
Dramatis, Napoli singkirkan Lazio dari Coppa Italia
Rabu, 22 Januari 2020 - 06:50 WIB
Napoli menyingkirkan juara bertahan Lazio dari Coppa Italia melalui laga dramatis yang berakhir deng...
Lewati Parma, AS Roma melaju ke perempat final Coppa Italia
Jumat, 17 Januari 2020 - 08:35 WIB
AS Roma melengkapi daftar tim-tim peserta babak perempat final Coppa Italia seusai melewati Parma de...
Juventus lumat Udinese 4-0 tanpa Ronaldo
Kamis, 16 Januari 2020 - 09:17 WIB
Juventus tak kesulitan melumat Udinese 4-0 dalam laga 16 besar Coppa Italia di Stadion Allianz, Rabu...
10 pemain Fiorentina depak Atalanta dari Piala Italia
Kamis, 16 Januari 2020 - 08:11 WIB
Fiorentina mendepak finalis tahun lalu, Atalanta, dari ajang Piala Italia, berkat kemenangan 2-1 pad...
Menang dramatis, Bali United melaju ke babak kualifikasi kedua Liga Champions Asia
Rabu, 15 Januari 2020 - 06:44 WIB
Bali United melaju ke babak kualifikasi kedua Liga Champions Asia seusai menang secara dramatis atas...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)