Ini jenis kekerasan pada anak yang jarang disadari orang tua
Elshinta
Rabu, 18 Desember 2019 - 10:24 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Ini jenis kekerasan pada anak yang jarang disadari orang tua
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2sBrWSY

Elshinta.com - Setiap anak berhak mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Kekerasan pada anak ternyata tidak hanya dilakukan oleh orang tua sendiri, tapi bisa juga dilakukan oleh kerabat, guru, dan orang asing. Ternyata ada banyak bentuk kekerasan terhadap anak yang terkadang tidak disadari oleh orang tua. Dihimpun dari berbagai sumber,berikut jenis-jenisnya:

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2PvpFl6

Kekerasan fisik
Kekerasan fisik sering dianggap untuk mendisiplinkan anak. Padahal, hal ini merupakan penyiksaan atau penganiayaan yang tidak semestinya dilakukan dengan alasan apa pun. Termasuk untuk membuat anak menuruti perintah orang tua atau agar anak berperilaku baik.

Efek dari kekerasan fisik ini biasanya memberikan kerusakan secara fisik pada anak yang menyebabkan rasa sakit atau potensi sakit dapat berupa sekali atau berulang-ulang. Kekerasan fisik bisa berupa, cubitan, tamparan, tendangan, maupun tindakan lain yang membahayakan fisik anak. Kekerasan fisik pun dapat menyumbang luka pada mental anak.

Kekerasan mental
Bentuk dari kekerasan emosional ini biasanya berbentuk kekerasan verbal. Kekerasan psikis ini juga bisa berupa teror atau ancaman kepada anak saat mereka tidak menuruti perintah, bullying, bentakan, hingga kata-kata kasar dan merendahkan yang dapat melukai perasaan dan menyebabkan trauma pada anak dan dapat menghambat perkembangan emosional anak. 
Kekerasan mental merupakan bentuk kekerasan yang memiliki dampak paling buruk terhadap kondisi kesehatan mental, fisik, bahkan kemampuan sosial dan kognitif anak. 

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2S4IoFO

Kekerasan seksual
Pelecehan seksual adalah kekerasan pada anak yang terkait dengan area genita dan aktivitas seksual. Bentuk kekerasan seksual pada anak bisa mencakup kontak seksual secara tak langsung dan tindakan langsung pada tubuh anak. Pada kontak seksual secara tak langsung, bisa berupa percobaan pelecehan seksual seperti menggoda anak, hingga dengan sengaja mengintip atau melihat bagian tubuh anak yang tidak semestinya. 

Sedangkan tindakan kekerasan seksual secara langsung, pelaku meraba-raba bagian tertentu tubuh anak, anak menjadi korban pemerkosaan, hingga menjadi sasaran pelaku pedofilia.
Kekerasan seksual ini diawali dengan rayuan dan iming-iming benda atau makanan yang anak sukai, atau ada juga dengan paksaan yang tak mampu dilawan sehingga anak menjadi mudah terjebak.

Kekerasan ekonomi 
Kekerasan ekonomi yakni penggunaan tenaga anak untuk kepentingan mendapatkan uang atau memperoleh keuntungan materi yang dilakukan oleh orang tua atau orang lain.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/38Jphap

Pengabaian
Pengabaian (neglection) merupakan bentuk kekerasan pada anak yang dilakukan secara pasif. Orang tua maupun caregiver tidak memedulikan kebutuhan bahkan keberadaan anak sehingga anak menjadi tidak terurus. Pengabaian terhadap anak terlihat pada gagalnya memberikan kebutuhan primer seperti makanan, pangan, papan, kasih sayang, pendidikan, dan kesehatan yang layak untuk anak.

Penolakan
Penolakan terhadap kebutuhan anak secara sengaja maupun tidak sengaja akan membuat anak merasa tidak diinginkan. Bentuk penolakan biasanya seperti enggan berkomunikasi, menyalahkan, merendahkan, mengacuhkan kebutuhannya bahkan mengusir anak dari rumah karena tidak menuruti keinginan orang tua. 

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2YXlrpq

Memberikan teror 
Meski dikeluarkan dalam bentuk kelakar, tapi tindakan seperti mengancam, mengkritik, menakut-nakuti, mempermalukan anak di depan umum, menghukum anak adalah tindak kekerasan yang tidak dapat diterima yang bisa membuat anak ketakutan dan terintimidasi. 

Pengaruh buruk
Pengaruh buruk tidak hanya berasal dari orang tua, tapi juga dari hasil interaksinya dengan lingkungan sosial. Pengaruh buruk ini seperti mengonsumsi alkohol, narkoba, sikap buruk pada binatang, memperlihatkan konten seksual yang tidak pantas, terlibat dalam tindakan kriminal dan mengajarkan anak untuk bersikap rasis, bisa etnik dan fanatik terhadap suku atau agama.

Eksploitasi anak
Eksploitasi anak merupakan bentuk kekerasan berupa pemanfaatan anak. Dalam lingkup besar, eksploitasi anak bisa terlihat pada kasus-kasus children trafficking yang menelan banyak korban. Banyak anak kecil yang diculik dan dipaksa bekerja bahkan mengemis. Dalam lingkup kecil, misalnya pemberian tugas atau tanggung jawab yang melampaui kemampuan dan usia anak atau menggunakan anak untuk mendapatkan keuntungan. 

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2sz5JF9

Penyalahgunaan medis
Penyalahgunaan jenis ini adalah tindakan yang secara sengaja membuat anak menjadi sakit. Kekerasan pada anak jenis ini memang lebih serius daripada kekerasan fisik.Hal ini dikarenakan penyalahgunaan medis bisa memberikan cidera yang serius pada anak karena memberikan tindakan medis yang tidak dibutuhkan atau memanipulasi agar terkesan sakit. 

Mengasingkan anak
Kekerasan dengan cara pengasingan, seperti tidak diperbolehkan terlibat dalam kegiatan apapun dengan teman sebayanya meninggalkan anak sendirian dalam waktu lama, menjauhkan anak dari keluarga, menuntut untuk belajar atau melakukan tugas secara berlebihan atau menghukum anak karena dia mengikuti kegiatan sosial bersama teman.

 

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/34st5t3

Segala bentuk kekerasan, akan berdampak pada kondisi mental anak. Padahal anak berhak untuk tumbuh dengan perasaan bebas, mandiri, dan merasa dicintai. Bila sejak dini telah menerima kekerasan baik secara emosional maupun fisik, perkembangan mentalnya akan terganggu, dan bisa menjadi orang berperilaku buruk di masa depan. Jadi stop kekerasan dan sayangi mereka!

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Gaya komunikasi antara orang tua dan anak remaja berikut ini, manakah yang paling tepat?
Kamis, 19 Maret 2020 - 09:39 WIB
Pada fase remaja, tidak jarang orang tua mengalami tantangan dalam berkomunikasi dengan anaknya. Kom...
 Bagaimana mengendalikan emosi saat menghadapi anak?
Senin, 16 Maret 2020 - 11:27 WIB
Wajar jika orang tua pernah marah atau merasa kesal dengan perbuatan anaknya. Menahan kesabaran mema...
Hidayat Nur Wahid: RUU Ketahanan Keluarga sejalan dengan HAM dalam UUD NRI 1945
Kamis, 12 Maret 2020 - 17:35 WIB
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dari FPKS Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, MA mengataka...
Mengapa sulit berkomunikasi dengan anak yang sedang beranjak remaja?
Rabu, 11 Maret 2020 - 11:19 WIB
Perbedaan pandangan antara orang tua dengan anak yang sedang beranjak remaja seringkali memicu perde...
Bagaimana melatih anak dalam mengatur waktu demi masa depannya kelak?
Senin, 09 Maret 2020 - 11:23 WIB
Semakin besar, anak akan memiliki banyak kegiatan terutama jika sudah mulai bersekolah. Untuk itu, o...
 Bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan anak?
Senin, 02 Maret 2020 - 13:49 WIB
Kualitas komunikasi orang tua kepada anak memengaruhi perkembangan mereka. Cara bicara orang tua den...
Bagaimana cara mengajarkan anak agar menjadi teman yang baik?
Kamis, 27 Februari 2020 - 11:15 WIB
Teman adalah sosok yang penting bagi kehidupan anak. Memiliki teman dan menjalin persahabatan memung...
Saat anak susah disuruh belajar, atasi dengan cara ini
Kamis, 20 Februari 2020 - 12:17 WIB
Orang tua jangan langsung memarahi anaknya ketika susah untuk urusan belajar karena hal itu bisa mem...
Ini alasannya mengapa kerajinan tangan bermanfaat bagi perkembangan anak
Senin, 17 Februari 2020 - 12:02 WIB
Membuat kerajinan tangan dapat mengasah kreativitas dan kemampuan motorik yang sangat baik bagi perk...
Apakah kesalahan orang tua akan berpengaruh pada kehidupan anak kelak?
Selasa, 11 Februari 2020 - 13:07 WIB
Orang tua memiliki andil penting dalam perkembangan seorang anak. Tapi, tanpa disadari orang tua jus...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)