Bupati Kubu Raya berani pegang kabel bertegangan 20.000 volt
Elshinta
Kamis, 26 Desember 2019 - 13:57 WIB |
Bupati Kubu Raya berani pegang kabel bertegangan 20.000 volt
Sumber Foto: https://bit.ly/376U8Mm

Elshinta.com - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan dengan pakaian pengaman khusus melakukan aksi memegang kabel bertegangan tinggi 20.000 volt.

Aksi Muda Mahendrawan tersebut dilakukan dalam kegiatan Gelar Pasukan dan Peralatan Bakti Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) di halaman PT PLN (Persero) UIW Kalimantan Barat di Jalan Adi Sucipto Kubu Raya, Kamis (26/12).

Gelar Pasukan menjadi ajang unjuk kesiapan PLN dalam melayani masyarakat terkait keandalan pasokan listrik. Memastikan kebenaran kesiapan tersebut, Bupati Muda Mahendrawan melakukan aksi mengejutkan, yakni mencoba memegang kabel ketegangan listrik 20.000 volt.

Dengan mengenakan pakaian khusus dan didampingi seorang petugas teknis, ia menaiki mobil skylift crane. Selanjutnya tanpa ragu menyentuh kabel listrik bertegangan tinggi tersebut. Aksi Muda ini tak pelak mengundang aplaus dari seluruh peserta gelar pasukan dan jajaran PLN yang ada.

"Apel hari ini merupakan momentum yang baik untuk mengetahui kesiapan PLN dalam melayani masyarakat, khususnya pada sisi keandalan pasokan listrik," kata Muda, seperti dikutip Antara.

Ia menuturkan, listrik menjadi faktor penting khususnya di momen Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020. Karena itu, dirinya berharap seluruh jajaran PLN, pemerintah, dan pihak-pihak terkait terus membangun komunikasi. Sekaligus mewaspadai gejala-gejala yang berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat. Ia menyebut apel PDKB bermanfaat untuk memperbaharui semangat dan dedikasi memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

"Harapan itu akan terwujud jika di dalam diri kita tertanam motivasi kerja dan terpatri komitmen untuk selalu melakukan yang terbaik bagi masyarakat dan pelanggan," tuturnya.

Muda menyebut PLN sebagai perusahaan yang mengedepankan profesionalitas dan pelayanan publik. Dirinya mengapresiasi PLN karena telah membentuk "pasukan khusus" yang telah terlatih melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian komponen infrastruktur listrik dengan keadaan yang sedang bertegangan.

Hal itu, menurutnya, merupakan bentuk komitmen PLN dalam menjaga keandalan suplai listrik bagi masyarakat.

Menurutnya, konsep yang tertanam dalam tim PDKB ini juga membutuhkan kedisiplinan dan mengedepankan konsep zero accident, patuh pada SOP, keutamaan tim kerja, dan tentunya profesionalisme kerja. "Saya berharap para anggota tim untuk selalu profesional, disiplin, dan berdedikasi tinggi dengan berorientasi pada pengabdian terhadap masyarakat," kata Muda. 

Ditanya tentang aksinya menyentuh kabel bertegangan 20 ribu volt, Muda menyebut hal itu bukan untuk gagah-gagahan. Selain dapat mengetahui langsung kesiapan PLN, ia mengaku semakin paham apa yang dirasakan para petugas PLN di lapangan.

"Bekerja seperti ini tantangannya luar biasa. Sehingga ini benar-benar menjadi pengabdian dan bentuk kepasrahan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena ini kan memang risikonya cukup tinggi," ujarnya.

Muda mengaku perasaannya datar saja saat menyentuh kabel bertegangan. Sebab dirinya merasa yakin dengan niat dan cara yang benar, maka pekerjaan berisiko tinggi dapat dilakukan dengan baik. Terlebih PLN, menurut dia, punya kualitas kesiapan peralatan yang ditunjang sumber daya manusia yang mumpuni.

"Saya yakin sekali dan Alhamdulillah bisa langsung naik ke tegangan 20 ribu volt dan biasa saja. Tidak ada berdebar-debar. Denyut jantungnya tetap sama. Saya berimajinasi sebagai pekerja, yang dipikirkan adalah rumah-rumah warga di kampung akan terang dan membayangkan rakyat bisa menikmati listrik. Nah, kalau itu yang dibayangkan, maka spirit pelayanan akan kuat," katanya. (Anj/Sik)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
SPBU digital efektif dimulai pada Juni 2020
Senin, 17 Februari 2020 - 06:58 WIB
Pemasangan digitalisasi nozzle pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) akan efektif pada Juni...
Massa mantan GAM gagalkan Muswil Partai Aceh di Aceh Barat
Senin, 17 Februari 2020 - 06:29 WIB
Massa dari kalangan anggota Komite Peralihan Aceh (KPA) atau mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (G...
Wakil Ketua MPR sebut ada tiga fraksi belum setujui amandemen UUD
Minggu, 16 Februari 2020 - 17:58 WIB
Wakil Ketua MPR RI Syarif Hasan menyebut bahwa hingga saat ini masih terdapat tiga fraksi yang belum...
Satgas Yonif RK 136/TS bangun lapangan bola voli di perbatasan Porto-Haria
Minggu, 16 Februari 2020 - 17:16 WIB
Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Raider Khusus 136/Tuah Sakti (Yonif RK 136/TS) yang tergabung d...
PBI Lumajang lepasliarkan puluhan burung endemik di Semeru
Minggu, 16 Februari 2020 - 16:44 WIB
Pelestari Burung Indonesia (PBI) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, turut menyeimbangkan ekosistem di l...
Peran KPI Sumut diharapkan benar-benar dirasakan
Minggu, 16 Februari 2020 - 16:30 WIB
Peran Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Sumatera Utara mendatang diharapkan benar-benar dapat dirasak...
Said Iqbal: Omnibus Law RUU Cipta Kerja hilangkan pesangon
Minggu, 16 Februari 2020 - 15:58 WIB
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan Omnibus Law Rancangan Un...
OJK harapkan status blokir terkait Jiwasraya selesai akhir Februari
Minggu, 16 Februari 2020 - 15:29 WIB
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengharapkan status pemblokiran rekening efek karena diduga terkait kas...
KSPI sebut tak ada kepastian kerja pada RUU Cipta Kerja
Minggu, 16 Februari 2020 - 15:15 WIB
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyebut tidak ada kepastian kerja ...
Gerindra: Andre Rosiade tidak bersalah gerebek prostitusi daring
Minggu, 16 Februari 2020 - 14:49 WIB
DPP Partai Gerindra memutuskan anggota DPR RI Andre Rosiade tidak bersalah terkait dengan penggerebe...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)
Elshinta
FIT Radio Bandung