UMM kukuhkan guru besar Matematika 
Elshinta
Sabtu, 28 Desember 2019 - 12:15 WIB | Penulis : Andi Juandi | Editor : Administrator
UMM kukuhkan guru besar Matematika 
Foto: El Aris/Radio Elshinta

Elshinta.com - Prof. Akhsanul In` am .Phd merupakan salah satu guru besar bidang ilmu pendidikan Matematika. Pengukuhan digelar di ruang Theater Dome UMM, Sabtu ( 28/12).

Dalam pengukuhannya tersebut , Prof.Akhsanul In' am .Phd menyampaikan orasi politik bertema “ menguak pemikiran Al Ghazali menjanda pembelajaran matematika terkini “.

“Banyak yang tidak tahu siapa Imam Al- Ghazali, apalagi lebih dari 220 kitab yang dapat diteladani pemiKran dan pandangannya yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan dunia yang lebih bermakna dimana salah satu empat golongan. Pertama, Rojulun Yadri wa Yadri Annahu Yadri (orang yang tahu, dan dia tahu kalau dirinya tahu). Kelompok ini adalah kelompok manusia yang tahu bahwa dirinya tahu. dan mengetahui tentang pengetahuan dan ilmu yang, dimiliki harus dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Inilah golongan terbaik yang dapat mengetahui kemampuanya dan mau serta mampu mengamalkannya. Dikatakan juga bahwa kelompok ini adalah mereka yang menyadari bahwa dirinya mempunyai pengetahuan. Kedua, Rojulun La Yadri wa Yadri Annahu Laa Yadri (orang yang tidak tahu dan mengetahui bahwa ia tidak tahu). Kelompok manusia ini adalah mereka yang menyadari bahwa dia mengetahui ketidaktahuannya dan mau serta mampu mencari cara untuk menghilangkan ketidaktahuannya. Manusia yang termasuk dalam kelompok ini ini masih termasuk kelompok baik. Kelompok ini dapat dikatakan sebagai kelompok yang menyadari kekurangannnya. Ketiga, Rojulun Yadri wa Laa Yadri Annahu Yadri (orang yang tahu. tapi dia tidak tahu kalau dirinya tahu). Golongan ini sering dijumpai dalam kehidupan bermasyarakat, bahwa orang ini sebenarnya memiliki potensi atau kemapanan ilmu, akan tetapi tidak menyadari, tidak memahami sehinga tidak dapat mengoptimalkan pengetahuannya untuk keperluan umat. Keempat, Rojulun La Yadri wa Laa Yadri Annahu Laa Yadri (orang yang tidak tahu dan tidak mengetahui bahwa ia tidak tahu). Kelompok manusia ini termasuk dalam kategori bonek (bondo nekat). Dapat dikategorikan bahwa manusia golongan ini ucapan dan tingkah lakunya tidak dapat dijadikan panutan, tidak mengetahui apa yang harus dilakukan," ungkapnya.

Ditambahkannya dengan memperhatikan keempat kelompok manusia tersebut dapat dikatakan bahwa kelompok pertama dan kedua merupakan kelompok yang dapat ditingkatkan kualitas hubungan vertikal dan horizontal. Mereka termasuk kelompok yang mau menyadari kalau dirinya tahu tentang sesuatu dan juga menyadari mengenai ketidaktahuannya, dalam istilah lain dikatakan dengan metakognitif secara sederhana dapat dikatakan bahwa metakognitif merupakan kesadaran seseorang tentang apa yang diketahui dan yang tidak diketahuinya. 

“Metakognitif merupakan suatu konsep yang banyak dibicarakan, dan secara tidak sadar makna dari metakognitif sudah diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Metakognitif mempunyai peran sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Seorang peserta didik yang menyadari dirinya sedang belajar, faham dengan yang dipelajari, sadar apa yang belum diketahuinya. dan berpikir tentang sesuatu, merupakan faktor yang sangat berperan terhadap keberhasilan peserta didik dalam melaksanakan kegiatan belajar," tandasnya.

Sementara itu Rektor UMM Dr.Fauzan Mpd mengapresiasi adanya pengukuhan guru besar di UMM. "Prof. In’am tercatat sebagai guru besar kedua di bidang ilmu pendidikan Matematika dan ke 21 di tingkat Universitas “ ujarnya, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, El Aris.

Stigma Matematika itu semakin angker dan menakutkan bagi pelajar setelah guru matematika sulit senyum, namun setelah melihat realitas kehidupan maka matematika bisa tersenyum.

“Konsep matematika di konstruksi atas seperangkat ilmu yang lebih humanis sehingga para pejuang matematika dihadapkan pada tantangan empiris  dan komperhensif sehingga ikranagara penting agar matematika lebih implisif,” tandasnya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Tingkatan keilmuan di bidang migas, IWO-PWI Indramayu `media visit` ke Pertamina Balongan
Rabu, 26 Februari 2020 - 19:43 WIB
Puluhan jurnalis yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Wartawan Online ...
Siswi SMP di Kudus diduga alami `bullying`
Rabu, 26 Februari 2020 - 19:35 WIB
Seorang siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kudus Jawa Tengah berinisial MYS (13) diduga menjadi...
Siapkan ketangguhan bencana pelajar BPBD Lumajang edukasi TK Aletheia
Rabu, 26 Februari 2020 - 19:10 WIB
Pengenalan bencana dilakukan masif Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Ja...
Kemendagri kembangkan potensi SDM di bidang TI
Rabu, 26 Februari 2020 - 18:01 WIB
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus berupaya untuk mengembangkan kompetensi SDM Aparatur. Ut...
Siapkan ketangguhan bencana pelajar BPBD Lumajang edukasi TK Aletheia
Rabu, 26 Februari 2020 - 10:11 WIB
Pengenalan bencana dilakukan masif Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Ja...
 Kajatisu motivasi pelajar SMAN14 Medan raih cita-cita
Selasa, 25 Februari 2020 - 20:24 WIB
Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Amir Yanto memberikan motivasi para pelajar SMAN14 Medan dal...
Bulan K3, Pertamina edukasi anak tentang penanggulangan kebakaran
Selasa, 25 Februari 2020 - 18:25 WIB
Pertamina RU III Plaju Palembang melaksanakan kegiatan Fire Fighter Challenge di HSE Traineng Center...
 Kejari Medan gelar JMS di MAN 2 Model
Selasa, 25 Februari 2020 - 15:16 WIB
Kejaksaan Negeri (Kejari)  Medan, Sumatera Utara menggelar Jaksa Masuk Sekolah (JMS), di Madrasah ...
Sekolah terendam banjir, 19 siswa ikuti try out di sekolah lain
Senin, 24 Februari 2020 - 19:35 WIB
Sebanyak 19 siswa kelas VI SD 1 Setrokalangan kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ter...
Tanam kedisiplinan, Lumajang gelar LBB tingkat SMA
Senin, 24 Februari 2020 - 18:09 WIB
Lomba Baris Berbaris (LBB) tingkat SMA sederajat negeri dan swasta se-Kabupaten Lumajang, Jawa Timur...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)