Menristek: Perguruan tinggi Indonesia belum optimal dalam riset
Elshinta
Rabu, 08 Januari 2020 - 16:36 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Menristek: Perguruan tinggi Indonesia belum optimal dalam riset
Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Republik Indonesia, Bambang Brodjonegoro. Foto: Izan Raharjo/elshinta.com.

Elshinta.com - Di era revolusi industri 4.0 peran perguruan tinggi sangat penting dalam memunculkan inovasi-inovasinya melalui riset. Perguruan tinggi juga diharapkan memiliki peran penting dalam hal riset untuk dapat memecahkan permasalahan di masyarakat.

Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Republik Indonesia, Bambang Brodjonegoro, mengatakan riset dan pengabdian merupakan dua hal penting yang perlu menjadi komitmen pada perguruan tinggi. Peran perguruan tinggi dalam penguatan riset menjadi sangat penting untuk memunculkan inovasi-inovasi di tengah peradaban revolusi industri 4.0. Selain itu peran perguruan tinggi sangat penting dalam hal riset untuk dapat memecahkan permasalahan di masyarakat melalui kerjasama dengan berbagai pihak. Akan tetapi yang disayangkan perguruan tinggi di Indonesia belum optimal dalam melakukan riset.

"Pada umumnya, di dalam perguran tinggi memiliki tri dharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian. Perguruan tinggi di Indonesia masih belum optimal dalam melakukan kegiatan penelitian, hanya pada dharma pendidikan yang lebih optimal,"kata  Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Republik Indonesia, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro pada Konsorsium Nasional Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi Muhammadiyah (LPPM PTMA),  di Hotel Harper Yogakarta,  Selasa (7/1).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi permasalahan penguatan dan pengembangan riset di Indonesia. Diantaranya adalah kelembagaan akreditasi Lemlit, anggaran riset, relevansi dan produktivitas, manajemen riset, dan sumberdaya manusia. Terkait permasalahan riset di Indonesia ini, perlu partisipasi dari pihak swasta untuk mengikuti riset, seperti BUMN atau perusahaan. Sehingga muncul Research and Development (R&D) yang akan menjadi kebutuhan untuk bersaing dalam memunculkan sebuah inovasi. 

“Riset perguruan tinggi harusnya selaras dengan kebutuhan pasar oleh karena itu penting dilakukan kerjasama riset dengan pengusaha atau perusahaan agar hasil riset nantinya memunculkan hasil riset yang dapat dinikmati oleh masyarakat," katanya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Izan Raharjo, Rabu (8/1).

Perguruan diharapkan tinggi aktif dan fokus pada R&D. Peran perguruan tinggi berkaitan dengan fungsi dosen untuk mengubah paradigma riset menjadi kebutuhan perusahaan atau sektor swasta dan menjadi kebutuhan masyarakat. Inovasi yang didasarkan riset menciptakan hasil berupa produk daya saing, dan untuk mendapatkan hasil atau produk dengan daya saing yang sangat tinggi perlu riset yang kuat untuk memunculkan sebuah inovasi. 

"Peran inovasi adalah untuk mensejahterakan masyarakat, memberikan nilai tambah, serta substitusi produk impor. Inilah yang menjadikan tantangan riset menjadi luar biasa,” jelasnya. 

Konsorsium Nasional Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi Muhammadiyah ini berlangsung hingga Rabu (8/1) dengan tema “Membangun peradaban berkemajuan melalui ukhuwah maju bersama dan mencerahkan bangsa." Konsorsium ini dihadiri 90 perwakilan LPPM PTMA se-Indonesia, dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai tuan rumah silaturahmi nasional konsorsium LPPM PTMA. Acara ini merupakan forum silaturahmi untuk membahas rencana kegiatan baik di tingkat nasional maupun wilayah dalam kegiatan riset, publikasi, dan pengabdian masyarakat.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Tingkatan keilmuan di bidang migas, IWO-PWI Indramayu `media visit` ke Pertamina Balongan
Rabu, 26 Februari 2020 - 19:43 WIB
Puluhan jurnalis yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Wartawan Online ...
Siswi SMP di Kudus diduga alami `bullying`
Rabu, 26 Februari 2020 - 19:35 WIB
Seorang siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kudus Jawa Tengah berinisial MYS (13) diduga menjadi...
Siapkan ketangguhan bencana pelajar BPBD Lumajang edukasi TK Aletheia
Rabu, 26 Februari 2020 - 19:10 WIB
Pengenalan bencana dilakukan masif Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Ja...
Kemendagri kembangkan potensi SDM di bidang TI
Rabu, 26 Februari 2020 - 18:01 WIB
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus berupaya untuk mengembangkan kompetensi SDM Aparatur. Ut...
Siapkan ketangguhan bencana pelajar BPBD Lumajang edukasi TK Aletheia
Rabu, 26 Februari 2020 - 10:11 WIB
Pengenalan bencana dilakukan masif Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Ja...
 Kajatisu motivasi pelajar SMAN14 Medan raih cita-cita
Selasa, 25 Februari 2020 - 20:24 WIB
Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Amir Yanto memberikan motivasi para pelajar SMAN14 Medan dal...
Bulan K3, Pertamina edukasi anak tentang penanggulangan kebakaran
Selasa, 25 Februari 2020 - 18:25 WIB
Pertamina RU III Plaju Palembang melaksanakan kegiatan Fire Fighter Challenge di HSE Traineng Center...
 Kejari Medan gelar JMS di MAN 2 Model
Selasa, 25 Februari 2020 - 15:16 WIB
Kejaksaan Negeri (Kejari)  Medan, Sumatera Utara menggelar Jaksa Masuk Sekolah (JMS), di Madrasah ...
Sekolah terendam banjir, 19 siswa ikuti try out di sekolah lain
Senin, 24 Februari 2020 - 19:35 WIB
Sebanyak 19 siswa kelas VI SD 1 Setrokalangan kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ter...
Tanam kedisiplinan, Lumajang gelar LBB tingkat SMA
Senin, 24 Februari 2020 - 18:09 WIB
Lomba Baris Berbaris (LBB) tingkat SMA sederajat negeri dan swasta se-Kabupaten Lumajang, Jawa Timur...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)