SMA Labschool-France Track jalin MoU prioritas lanjutkan pendidikan di Perancis 
Elshinta
Kamis, 09 Januari 2020 - 14:01 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
SMA Labschool-France Track jalin MoU prioritas lanjutkan pendidikan di Perancis 
Foto: Istimewa/Elshinta.

Elshinta.com - Mendapat kesempatan mengenyam pendidikan bermutu di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah menjadi dambaan sekaligus cita-cita dari kebanyakan siswa di sekolah menengah atas (SMA/SMK). Lebih membanggakan lagi apabila siswa diterima di PTN di negara-negara yang sudah terkenal pendidikannya di dunia, seperti Perancis, Inggris, Belanda Amerika, Jepang, Korea dan sebagainya.

Tak heran apabila sekolah-sekolah berusaha memfasilitasi dan mendukung siswanya untuk mencapai cita-cita tersebut, sehingga dibuatlah program-program atau kegiatan yang memudahkan siswa mencapainya. Seperti yang dilakukan SMA Labschool Cibubur YP UNJ.

SMA Labschool Cibubur YP UNJ adalah satu-satunya sekolah dan yang pertama di Indonesia mendapat kepercayaan dari Pemerintah Perancis melalui Kedutaan Besar Perancis di Indonesia, untuk melakukan pendidikan menengah yang siswanya dapat diterima langsung di PTN Perancis selesai studi di SMA Labschool Cibubur.

Nota Kesepakatan dan Kesepahaman (Mou) telah ditandatangani oleh kedua belah pihak bertempat di Kedutaan Perancis beberapa waktu lalu. Mou ditandatangani oleh Perwakilan Labschool Cibubur Asdineri Ruslim dan Direktur IFI Pusat Stephane Dovert, yang disaksikan oleh Dubes Perancis untuk Indonesia Jean Charles Berthonnet dan Penasihat Labschool Cibubur Prof Arief Rachman.

MoU ini berisikan kerja sama dua belah pihak yang akan saling mendukung dalam mempersiapkan siswa yang memiliki semangat dan cita-cita melanjutkan studi di PTN di Perancis. Program Pendidikan ini bernama France Track, yaitu layanan studi lanjut PTN di Perancis melalui program pembelajaran di SMA Labschool Cibubur.

Kegiatan ini juga sudah mendapat dukungan penuh dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, yang secara kelembagaan sudah melakukan MoU dengan IFI Pusat/Kedutaan Besar Perancis untuk Indonesia. Sosialisasi dan informasi pertama telah berlangsung dan peluncurannya saat dilaksanakan kegiatan Gen Juara yang diselenggarakan pada Sabtu 30 November 2019 lalu.

Dalam kesempatan tersebut digelar seminar tentang pendidikan di Perancis dengan menghadirkan nara sumber Philipee Grange Atase Budaya Kedutaan Besar Perancis, perwakilan IFI dan tokoh pendidikan Prof Arief Rachman, serta Indira Sunito.

France Track menggunakan Kurikulum Nasional Plus, yaitu menggabungkan antara kurikulum nasional dan kurikulum Bahasa Perancis untuk menguatkan kompetensi bahasa Perancis sebagai syarat pendaftaran PTN di Perancis. Pengalaman belajar di Indonesia dan Perancis serta pembelajaran bilingual (Bahasa Indonesia dan bahasa Perancis). Pembelajaran akan dimulai pada Juli 2020 dan pada tahun pertama France Track hanya akan menerima 45 siswa dari seluruh Indonesia.

Terdapat enam kekuatan atau keuntungan mengikuti kegiatan France Track. Pertama, langsung berkuliah di PTN Perancis setelah mencapai kompetensi bahasa Perancis yang dipersyaratkan. Kedua, beasiswa dari pemerintah Perancis di tahun pertama perkuliahan akan diberikan kepada 15 peserta yang berprestasi di program ini.

Ketiga, mendapatkan pendampingan dari Campus France terkait pengenallan dan penempatan kampus serta bimbingan sebagai mahasiswa Perancis. Keempat, pembelajaran France Track terintegrasi dalam layanan Labschool dengan kurikulum khusus. Kelima, mendapatkan bantuan dari Campus France untuk mendapatkan tempat tinggal/ asrama dengan biaya yang terjangkau. Keenam, tetap memiliki kesempatan melanjutkan ke PTN di Indonesia.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Bermasalah, penyederhanaan kurikulum dinilai belum jadi solusi
Jumat, 25 September 2020 - 20:37 WIB
Penyederhanaan Kurikulum dinilai sebagai hal yang tergesa-gesa dan tidak urgen sama sekali, seharusn...
Nadiem sederhanakan persyaratan bantuan kuota internet
Jumat, 25 September 2020 - 14:44 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan pihaknya menyederhanak...
Bantuan kuota internet tahap satu Kemendikbud disalurkan
Kamis, 24 September 2020 - 21:38 WIB
Bantuan kuota internet Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk membantu pembelajar...
Perpustakaan keliling Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 125/Simbisa sambangi Kampung Sota 2
Rabu, 23 September 2020 - 15:47 WIB
Sebagai wujud komitmen dalam membantu pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa, perpustakaan kelili...
Cek informasi bantuan kuota data internet disini
Rabu, 23 September 2020 - 15:06 WIB
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyiapkan daftar laman dan aplikasi pembe...
Prodi Pendidikan Sejarah UNJ: Tidak benar, sejarah hanya perang dan jawa-sentris
Rabu, 23 September 2020 - 14:14 WIB
Dalam webinar Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M), Prodi S1 Pendidikan Sejarah FIS UNJ bersama MGMP S...
Mendikbud: Paud kunci pembangunan SDM sepanjang hayat
Rabu, 23 September 2020 - 12:37 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Anwar Makarim mengatakan pendidikan anak usi...
Prajurit Satgas Pamtas Yonif 125/Simbisa turut membantu mengajar anak sekolah di gereja
Senin, 21 September 2020 - 16:35 WIB
Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 125/Simbisa, Letkol Inf Anjuanda Pardosi mengatakan, bahwa dalam ke...
Nadiem tegaskan penyederhanaan kurikulum belum dilakukan hingga 2022
Minggu, 20 September 2020 - 20:29 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan penyederhanaan kurikul...
Universitas Ma Chung lakukan wisuda online di masa pandemi COVID-19
Minggu, 20 September 2020 - 18:39 WIB
Sekitar 208 orang mahasiswa Universitas Ma Chung ikuti wisuda secara daring, Minggu (20/9).
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV