Apa saja warisan genetik dari orang tua kepada anak?
Elshinta
Senin, 13 Januari 2020 - 11:46 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Apa saja warisan genetik dari orang tua kepada anak?
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2Tt7bV1

Elshinta.com - Selain fisik, ternyata orang tua juga mewariskan hal-hal lain dalam DNA yang masuk ke dalam tubuh. Seperti kemampuan akademik, penyakit, hingga kecenderungan terhadap hal-hal tertentu.
Penelitian mengungkapkan bahwa seorang anak dilahirkan dengan gen yang berbeda-beda. Hal tersebut berarti tiap orang menurunkan faktor yang berbeda-beda dari ayah dan ibu. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini hal yang diwariskan dari orang tua kepada anaknya:

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/3a0DX5w

Kecerdasan
Gen yang memengaruhi kecerdasan terkandung dalam kromosom X. Inilah mengapa anak laki-laki mewarisi kecerdasan dari ibunya. Rata-rata, IQ anak laki-laki memiliki perbedaan 15 poin dari ibu mereka. Sementara anak perempuan menerima kecerdasan dari kedua orangtua, baik ayah maupun ibu.

Jenis kelamin
Pada umumnya gen kelamin anak akan mengikuti ayahnya. Jika sang ayah memiliki saudara laki-laki yang banyak, maka kemungkinan anaknya juga akan berjenis kelamin laki-laki demikian pula sebaliknya. Meski begitu, tetap ada pria yang berpotensi memiliki anak laki-laki ataupun perempuan dengan jumlah seimbang. Namun pria seperti ini jumlahnya tidak banyak.

Buta warna 
Gen yang menyebabkan ketidakmampuan seseorang membedakan beberapa warna tertentu ini biasanya diwarisi anak lelaki dari ibunya. Hal ini dikarenakan, anak lelaki hanya mewarisi satu kromosom X dari ibu. Sehingga jika kromosom tersebut ‘cacat’, maka tidak ada yang bisa menyempurnakannya. Sedangkan anak perempuan memiliki dua kromosom Y dari ayahnya. Sehingga jika salah satu kromosom rusak, maka ada cadangan kromosom untuk menggantikannya.

Kebotakan
Salah satu gen yang berperan dalam kebotakan rambut terletak di kromosom X. Laki-laki mewarisinya dari ibu mereka. Tapi ada beberapa gen lain yang juga berperan dalam proses kebotakan, termasuk gen yang berasal dari ayah.

Kolesterol tinggi
Umumnya tingkat kolesterol yang tinggi dipengaruhi oleh pola makan yang kurang sehat. Ternyata beberapa kasus kolesterol tinggi tidak dipengaruhi oleh pola makan, namun oleh genetik.
Sekitar 1 dari setiap 500 orang memiliki mutasi genetik istimewa, yang mengakibatkan menumpuknya kolesterol di dalam darah mereka. Orang-orang seperti ini akan tetap memiliki kolesterol tinggi meski sudah menerapkan gaya hidup sehat.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/37WiQ2g

Tinggi badan
Ada lebih dari 700 urutan gen yang menentukan tinggi anak. Baik pria maupun wanita memiliki bagian dalam seberapa tinggi anak mereka nantinya. Varian gen ini dapat membuat perbedaan penting, dapat memengaruhi ketinggian satu inci.

Gen dapat mendorong tinggi anak ke arah tinggi ayah mereka, bukan tinggi ibu mereka. Inilah mengapa ayah mungkin memiliki efek pada tinggi badan anak mereka.

Intoleransi laktosa
Laktosa adalah kandungan gula yang biasa terdapat pada susu dan berbagai produk olahannya. 65% orang dewasa memiliki tingkat intoleransi yang tinggi pada laktosa.
Salah satu gen tertentu berperan dalam hal ini. Saat seseorang bertambah dewasa, kemampuannya untuk mencerna laktosa semakin rendah.  Hanya sebagian kecil orang yang memiliki gen toleran terhadap laktosa, hingga mereka bisa mengkonsumsi susu tanpa masalah.

Kondisi gigi 
Segala sesuatu yang berkaitan dengan mulut adalah genetika, termasuk rahang, ukuran dan bentuk gigi. Gen pria cenderung lebih dominan dalam hal kesehatan gigi karena itu adalah gen yang lebih aktif. Jika seorang ayah memiliki gigi yang buruk, anak itu kemungkinan memiliki masalah yang sama.

Mata rabun 
Jika kedua orang tua memiliki mata rabun, maka anak berisiko 50% lebih tinggi untuk memiliki mata rabun. Akan tetapi, para ilmuwan menganggap bahwa penyebab mata rabun tidak sepenuhnya bersumber dari warisan genetik. Mereka yang menghabiskan lebih sedikit waktu di depan komputer serta mengurangi aktivitas yang membuat mata lelah, akan terhindar dari mata rabun.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/3a65anu

Bibir, warna mata dan warna rambut
Jika seseorang memiliki bentuk bibir yang penuh, kemungkinan besar itu diturunkan dari sang ayah. Seorang anak bisa mendapatkan warna mata dari ibu dan ayah. Namun, ada banyak tanda yang memprediksi bahwa gen ayah lebih cenderung menentukan warna mata anak.
Sedangkan tekstur, warna dan ketebalan rambut anak sangat bergantung pada gen ayah. Ini terutama berlaku jika ayah memiliki rambut hitam.

Kesehatan mental dan jantung
Masalah kesehatan mental dapat terjadi dalam keluarga, namun jika memiliki ayah dengan masalah tersebut, anak mungkin lebih rentan untuk memiliki keluhan kesehatan mental yang spesifik.

Sebagian besar, pria yang lebih tua dengan skizofrenia atau masalah mental lainnya lebih mungkin menularkannya kepada anak-anaknya, karena perubahan DNA mereka seiring bertambahnya usia. Sperma mereka akan memiliki DNA baru dan mutasi mereka, yang dapat menyebabkan kemungkinan masalah yang lebih kompleks. 

Sedangkan pada usia berapa pun, pria yang memiliki penyakit jantung koroner cenderung meneruskan risiko penyakit itu ke putranya. 

Kegemukan 
Kecenderungan memiliki badan kurus atau gemuk juga diwariskan secara genetik. Karena warisan gen inilah seseorang dengan berat badan berlebih seringkali mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badan. Kecenderungan menjadi gemuk lebih sering diwariskan daripada kecenderungan kurus. Selain itu, berat seorang anak lebih bergantung pada ibu mereka. Seorang anak akan kurus jika ibunya kurus. Namun jika sang ibu memiliki berat badan berlebih, anaknya mungkin juga akan berbadan ekstra setelah lahir.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2QKNTbE

Sifat, selera humor dan kebiasaan tidur
Penelitian menyimpulkan bahwa hampir semua karakter psikologis anak sedikit banyak mendapat pengaruh dari genetika, terutama gen ibu. 
Namun jika seorang ayah adalah orang yang lucu, memiliki selera, selalu aktif dan membuat kegembiraan, kesenangan dan keceriaan, kemungkinan anak juga akan mendapatkan selera humor yang sama. Sedangkan kebiasaan tidur anak-anak sebagian besar diperoleh dari ayah mereka.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Orang tua jangan malu, bila harus belajar dari anak
Selasa, 31 Maret 2020 - 11:05 WIB
Orang tua percaya bahwa mereka memiliki banyak pengalaman dan wajar bila anak-anak harus belajar dar...
 Gaya komunikasi antara orang tua dan anak remaja berikut ini, manakah yang paling tepat?
Kamis, 19 Maret 2020 - 09:39 WIB
Pada fase remaja, tidak jarang orang tua mengalami tantangan dalam berkomunikasi dengan anaknya. Kom...
 Bagaimana mengendalikan emosi saat menghadapi anak?
Senin, 16 Maret 2020 - 11:27 WIB
Wajar jika orang tua pernah marah atau merasa kesal dengan perbuatan anaknya. Menahan kesabaran mema...
Hidayat Nur Wahid: RUU Ketahanan Keluarga sejalan dengan HAM dalam UUD NRI 1945
Kamis, 12 Maret 2020 - 17:35 WIB
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dari FPKS Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, MA mengataka...
Mengapa sulit berkomunikasi dengan anak yang sedang beranjak remaja?
Rabu, 11 Maret 2020 - 11:19 WIB
Perbedaan pandangan antara orang tua dengan anak yang sedang beranjak remaja seringkali memicu perde...
Bagaimana melatih anak dalam mengatur waktu demi masa depannya kelak?
Senin, 09 Maret 2020 - 11:23 WIB
Semakin besar, anak akan memiliki banyak kegiatan terutama jika sudah mulai bersekolah. Untuk itu, o...
 Bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan anak?
Senin, 02 Maret 2020 - 13:49 WIB
Kualitas komunikasi orang tua kepada anak memengaruhi perkembangan mereka. Cara bicara orang tua den...
Bagaimana cara mengajarkan anak agar menjadi teman yang baik?
Kamis, 27 Februari 2020 - 11:15 WIB
Teman adalah sosok yang penting bagi kehidupan anak. Memiliki teman dan menjalin persahabatan memung...
Saat anak susah disuruh belajar, atasi dengan cara ini
Kamis, 20 Februari 2020 - 12:17 WIB
Orang tua jangan langsung memarahi anaknya ketika susah untuk urusan belajar karena hal itu bisa mem...
Ini alasannya mengapa kerajinan tangan bermanfaat bagi perkembangan anak
Senin, 17 Februari 2020 - 12:02 WIB
Membuat kerajinan tangan dapat mengasah kreativitas dan kemampuan motorik yang sangat baik bagi perk...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)