Kia Seltos, SUV anyar penantang HR-V, Mazda CX3 hingga Almaz
Elshinta
Selasa, 21 Januari 2020 - 12:52 WIB |
Kia Seltos, SUV anyar penantang HR-V, Mazda CX3 hingga Almaz
Sumber foto: https://bit.ly/37erxFo

Elshinta.com - Mengawali tahun 2020, produsen kendaraan Korea Selatan Kia Motors meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) kompak All New Seltos di Indonesia hasil produksi pabrik mereka di India.

Di Indonesia, All New Kia Seltos akan menjadi penantang terdekat Honda HR-V, Mazda CX3 dan Wuling Almaz.

Dilansir Antara, Selasa, All New Kia Seltos hadir dalam tiga varian, E, EX dan EX+ dengan enam pilihan warna, yaitu Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange.

Jika dilihat dari bagian sisi luar, mobil yang dapat menampung lima penumpang itu memiliki desain wajah yang berkarakter tegas berkat grille Tiger Nose yang menjadi khas dari mobil tersebut.

Bumper All New Kia Seltos didesain dengan tampilan yang tajam untuk memberikan kesan offroad. Jika dilihat ke bawah, mobil itu terlihat cukup futuristik dengan penempatan lampu kabut LED berbentuk Ice Cube. Sedangkan unsur sporty hadir dari skid plate di bagian depan dan belakang.

Mobil itu memberikan unsur SUV yang kuat berkat cladding hitam yang bisa dijumpai diseluruh tubuh kendaraan asal Negeri Gingseng tersebut.

"Body dari Selotros ini dibuat menggunnakan high steel and press hot stamping sehingga mobil ini lebih kokoh dan kuat," ungkap Product Planing Kia, Haryanto pada saat peluncuran All New Kia Seltos di Kota Kasablanka, Jakarta, Senin.

Pada bagian belakang, mobil itu dihiasi coretan garis tegas, taillight LED, dan lubang knalpot.

Mobil itu memiliki ground clearence setinggi 183 mm, ditopang roda berukuran 215/60R17 untuk tipe EXP dan EX, dan 205/65R16 unntuk tipe E. Pada atapnya mobil tersebut sudah diberikan sunroof elektrik. Kendati demiikian, fitur sunroof tersedia di varian tertinggi dari mobil itu, yakni EX+.

Sementara di sisi interiornya, dashboard mobil menggunakan desain asimetris dengan garis-garis yang mengalir ke arah posisi pengemudi.

Dashboard juga dihias dengan layar monitor hiburan dan panel instrumen melalui cluster supervision monitor ukuran 7 inci. Ada juga LCD 8 inci yang berada di tengah, sebagai pusat hiburan dan komunikasi serta beberapa fungsi mengemudi.

Head Unit mobil itu sudah bisa dikoneksikan dengan Bluetooth voice recognition, Apple Car Play dan Android Auto. Layar monitor mampu menampilkan visual kamera belakang yang mempermudah proses parkir.

Untuk menunjang perjalanan jauh, Seltos memiliki bagasi yang cukup luas dan bisa ditambah jika melipat sandaran kursi belakang.

All New Seltos memakai mesin Kappa 4-silinder 1,4-liter (1.353 cc) turbocharger. Tenaga dihasilkan sebesar 140 PS di putaran mesin 6.000 rpm, dengan torsi maksimum 242 Nm di rentang 1.500-3.200 rpm.

Seluruh daya juga tersalur menuju roda depan dengan transmisi kopling ganda tujuh percepatan.

Mobil ini memiliki pilihan mode mengemudi berkendara yang dapat diatur sesuai kebutuhan dan kondisi jalan, seperti Normal, Eco, Sport, Mud, Snow and Sand. Selain itu, cruise control juga tersedia, namun hanya untuk varian tertinggi.​​​​​​​

Struktur bodi All-New Kia Seltos terbuat dari campuran besi dan aluminium yang rigid namun tetap ringan. Komponen Advanced High-Strength Steel mampu mereduksi getaran yang ditimbulkan dari jalan, sekaligus menyerap energi tumbukan.

Kia menghadirkan enam titik airbag yang siap menjaga semua penumpang di dalam bila terjadi benturan. Terdiri dari airbag pengemudi, penumpang depan, samping dan airbag tirai.

Tidak hanya itu saja, mobil ini juga sudah memakai Vehicle Stability Management, termasuk di dalamnya ada Electronic Stability Control dan Hill Start Assist, yang merupakan standar di semua varian. Fitur lain yang tak kalah penting adalah Anti-lock Braking System, Brake-force Assist, Traction Control System dan empat titik sensor parkir.

All New Kia Seltos dijual seharga Rp295 juta on the road untuk varian E dan EX. Sedangkan untuk varian tertinggi EX+ KIA Seltos dibanderol Rp320 juta on the road. Ke depannya Kia juga berencana meluncurkan dua kendaraan lainnya untuk pasar Indonesia. (cuh)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kaji kendaraan listrik, HPM: Harus cocok dengan kebutuhan konsumen
Jumat, 21 Februari 2020 - 08:41 WIB
PT Honda Prospect Motor (HPM) bukan tidak bersemangat untuk membawa kendaraan ramah lingkungan ke In...
`Recall` Honda PCX, AHM klaim tak dilakukan tertutup
Kamis, 20 Februari 2020 - 12:45 WIB
PT Astra Honda Motor (AHM) mengklaim bahwa pihaknya mengumumkan recall atau penarikan kembali untu...
MPV mewah ini hanya dijual di Tiongkok dan Indonesia, harganya?
Kamis, 20 Februari 2020 - 11:18 WIB
Mobil penumpang multiguna (multi purpose vehicle/MPV) mewah Lexus LM300h, yang baru saja diperkenalk...
Banyak model baru, penjualan mobil SUV diprediksi naik
Kamis, 20 Februari 2020 - 09:56 WIB
Mobil dari segmen kendaraan utilitas sport (SUV) diprediksi akan mengalami kenaikan penjualan di pas...
GM tutup pabrik Holden di Australia, jual pabrik di Thailand
Rabu, 19 Februari 2020 - 15:58 WIB
Manufaktur otomotif Amerika Serikat, General Motors (GM), mengumumkan penutupan operasional merek Ho...
Jadi penyebab harga mobil listrik mahal, Tesla akan gunakan baterai tanpa kobalt
Rabu, 19 Februari 2020 - 12:24 WIB
Tesla, produsen kendaraan listrik asal Amerika Serikat (AS) sedang dalam negosiasi untuk menggunakan...
New Ignis meluncur di pasar India, apa yang berubah?
Rabu, 19 Februari 2020 - 11:17 WIB
Maruti Suzuki menghadirkan New Ignis untuk pasar India dengan pembaruan pada bagian depan mobil.
Penjualan mobil sepanjang Januari 2020 turun
Rabu, 19 Februari 2020 - 10:25 WIB
Penjualan mobil pada Januari 2020 tercatat sebanyak 79.983 unit, atau turun dari awal bulan tahun 20...
5 mobil komersial hingga truk listrik bakal debut di GIICOMVEC 2020 
Rabu, 19 Februari 2020 - 09:46 WIB
Lima kendaraan akan diluncurkan dan diperkenalkan dalam pameran otomotif khusus kendaraan komersial ...
Ini alasan Daimler belum berminat bawa truk listrik ke Indonesia
Selasa, 18 Februari 2020 - 18:28 WIB
PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia, pemegang merek bus truk Mercedes-Benz di Nusantara, menyat...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)