Bhabinkamtibmas ikuti musrenbang desa serentak di desa binaan masing-masing
Elshinta
Rabu, 22 Januari 2020 - 19:55 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Bhabinkamtibmas ikuti musrenbang desa serentak di desa binaan masing-masing
Sumber foto: Titik Mulyana/elshinta.com.

Elshinta.com - Keberadaan Bhabinkamtibmas di tiap desa binaan diharapkan dapat memberikan kontribusi dan peranan penting bagi desa binaan serta masyarakatnya. Tidak hanya dalam pemeliharaan situasi Kamtibmas Bhabinkamtibmas juga diharapkan mampu melaksanakan monitoring perkembangan pembangunan di desa binaannya masing-masing.

Sebagai bentuk implementasi dari tupoksinya, Bhabinkamtibmas Polsek Ciwidey, Desa Panyocokan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Brigadir Wawan Karnawan menghadiri giat musrenbang desa dalam rangka membahas dan menyepakati Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Tahun 2020-2026 yang dilaksanakan di balai desa dan dihadiri oleh Bhabinkamtibmasnya Rabu (22/1).

Ikut hadir dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) antara lain Camat Ciwidey, Tiga Pilar Desa, Ketua Rt dan Rw masing-masing Desa, BPD, Karang Taruna serta Tokoh Masyarakat.

Acara Musrenbang dibuka oleh kepala desa dan membahas rencana pembangunan wilayah desa masing-masing untuk tahun 2020 ke depan. Tujuan dilaksanakannya musrenbangdes ini untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, mulai dari pembangunan bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur yang diharapkan hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Panyocokan Brigadir Wawan Karnawan memberikan himbauan, “Diharapkan dalam pelaksanaan pembangunan nanti seluruh pihak terkait dan juga masyarakat ikut aktif mengawasi dalam pelaksanaannya, sehingga diharapkan tidak terjadi penyalahgunaan anggaran dan bisa tepat guna untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Titik Mulyana.

Untuk Bhabinkamtibmas di desa lain pun menyampaikan himbauan serupa terkait pengawasan penggunaan anggaran agar tidak terjadi penyimpangan yang dapat merugikan masyarakat, dan apabila ada laporan pelanggaran dan terbukti melakukan penyimpangan maka akan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Kapolresta Bandung Kombespol Hendra Kurniawan S.I.K memberikan perintah lisan langsung melalui Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq, SH ketika dikonfirmasi menegaskan bahwa “Dengan kehadiran Bhabinkamtibmas pada setiap pertemuan atau rapat dapat mengetahui perkembangan desa binaan dan terjalin komunikasi yang baik dengan aparat desa dan warga”, demikian kata Kapolsek Ciwidey AKP Ivan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Erick Thohir tunjuk Mohammad Abdul Ghani jadi Dirut PTPN III Holding
Senin, 17 Februari 2020 - 13:16 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir merombak jajaran direksi di tubuh PTPN III Holding (Persero), salah satuny...
Polisi pastikan arus kendaraan di Tol Cipularang KM 118 kembali normal
Senin, 17 Februari 2020 - 12:58 WIB
Kabidhumas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Saptono Erlangga mengatakan arus kendaraan di kawasan Tol Ci...
Puluhan ternak di Sumba Timur mati kelaparan
Senin, 17 Februari 2020 - 12:38 WIB
Puluhan ternak, terutama kuda, milik peternak di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), d...
KPK akan lelang tiga mobil dari dua terpidana korupsi
Senin, 17 Februari 2020 - 12:24 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tange...
Batan pindahkan 87 drum berisi tanah ke penyimpanan limbah radioaktif
Senin, 17 Februari 2020 - 11:51 WIB
Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) berhasil memindahkan sebanyak 87 drum berisi tanah dan vegetasi...
Jenazah korban kecelakaan Heli Mi-17 di Papua dilepas secara militer
Senin, 17 Februari 2020 - 11:41 WIB
Jenazah delapan dari 12 prajurit TNI yang gugur dalam kecelakaan Helikopter Mi-17 di Pegunungan Mand...