Apa saja kesalahan yang bisa terjadi saat berbelanja?
Elshinta
Jumat, 31 Januari 2020 - 12:59 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Apa saja kesalahan yang bisa terjadi saat berbelanja?
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2RFbf31

Elshinta.com - Ketika berada di toko, mata sering menjadi tidak terkendali. Salah satunya adalah yang pada awalnya hanya ingin membeli barang dibutuhkan demi mencoba lebih hemat, namun yang terjadi justru membeli barang yang lain. Selain berujung penyesalan, hal sepele yang tak disadari bisa jadi kesalahan yang justru bikin boros. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah kesalahan- kesalahan umum ternyata tanpa disadari dilakukan  tanpa disengaja ketika berbelanja:

Tidak mencocokkan harga
Hal ini pasti paling sering dilakukan. Mungkin karena buru-buru atau karena terlalu gembira berbelanja, terkadang tidak mencocokkan harga yang tertera di display dengan harga yang ada di katalog.
Solusi: Tidak ada salahnya mencocokkan harga dengan membandingkan harga antara satu toko dan toko lain agar tidak mendapatkan harga yang lebih mahal dari pasaran yang dijual berbagai toko .

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2uRlBne

Mengabaikan produk yang diperbaharui
Banyak pembeli tidak akan mempertimbangkan untuk membeli produk yang diperbaharui karena percaya produk tersebut berkualitas rendah. Namun kenyataannya, banyak produk yang telah diperbaharui, terutama dari toko-toko ritel yang lebih besar dan benar-benar telah diperiksa dengan lebih teliti dan telah diuji dan diuji sebelum dijual kembali.
Solusi: Perbedaan harga antara produk yang diperbaharui dan produk baru bisa signifikan, dengan penghematan hingga 50 persen lebih banyak. 

Promosi 
Ketika ada sesuatu yang harga super rendah, pasti orang sering langsung membeli dan bisa lebih dari satu produk. Padahal hal itu bisa membuang-buang uang dan jika itu yang dibeli makanan maka ada risiko busuk atau kedaluwarsa. 
Solusi: Sebelum membeli lebih dari satu produk, ada baiknya mempertimbangkan seberapa sering barang tersebut akan digunakan, di mana akan menyimpannya, dan lain sebgainya. 

Diskon
Biasanya setiap ada diskon terutama produk-produk fashion, orang akan cenderung tergoda untuk membeli. Jika kurang teliti sebenarnya barang fashion yang didiskon adalah stok lama dengan tren yang sudah lalu. 
Solusi: Boleh membelinya asalkan memang sedang memerlukannya untuk waktu dekat dan barang fashion tersebut masuk kategori awet dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang. 

Tanpa persiapan
Pahami betul tujuan dari belanja, apakah akan belanja bulanan atau belanja yang lainnya. Jangan sampai karena tidak punya tujuan, uang habis begitu saja.
Solusi: Membuat daftar belanja agar tidak ada barang kebutuhan yang terlewat dibeli. Daftar belanja akan membuat orang berpikir dua kali untuk membeli barang-barang yang tidak ada dalam daftar.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2UbrmXz

Menggunakan troli 
Muatan troli yang besar akan membuat orang ingin terus mengisinya. Tapi menjadi masalah ketika barang yang dibeli bukan untuk kebutuhan.
Solusi: Jika tidak belanja banyak, sebaiknya memilih keranjang belanja saja. Sehingga keinginan  untuk belanja lebih bisa tertahan.

Melewatkan private label
Kesalahan belanja berikutnya adalah tidak membeli produk dengan private label. Banyak supermarket yang punya label tersendiri untuk beberapa produk.
Solusi: Harga produk private lebel biasanya lebih murah dari produk yang sama dengan merek tertentu. Memilih produk-produk private label ini bisa membantu penghematan belanja bulanan.

Belanja terlalu lama
Seseorang yang senang window shopping, pasti tahu bagaimana godaan produk-produk di rak supermarket. Padahal semakin lama berkeliling, semakin banyak juga barang tidak penting yang ingin dibeli.
Solusi: Sebaiknya jika sudah selesai membeli semua barang dalam daftar, segera bergegas pergi ke kasir untuk melakukan pembayaran.

Belanja karena putus asa
Biasanya saat mendapat undangan, orang akan berpikir tidak memiliki pakaian yang cocok dan harus membelinya. Akhirnya belanja dengan rasa putus asa, dan membeli pakaian yang tidak mungkin tidak akan pernah dipakai lagi. 
Solusi: Jadwalkan waktu untuk mencari tahu apa yang akan dipakai setelah tahu akan memiliki acara penting. Pertimbangkan alternatif seperti menyewa daripada harus membeli yang baru, tetapi hanya sekali dipakai.

Beli alat canggih
Saat ini banyak alat-alat masak canggih yang terlihat bisa membantu mempersingkat waktu. Tapi seringkali alat-alat tersebut hanya dipakai satu dua kali karena sebenarnya tak terlalu butuh. 
Solusi: Lebih baik pikirkan dulu apakah benar alat itu akan membantu dan menghemat waktu. Jangan sampai uang terbuang percuma.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/31g2EH9

Belanja sambil main gawai
Penelitian Fairfield University, Connecticut, AS itu membuktikan jika para pembelanja yang berkirim pesan, membaca email atau mendengarkan musik di handphone saat memilih barang, tidak bisa konsentrasi. Karena tangan sibuk dengan ponsel, bisa lupa dengan barang yang seharusnya diambil. 
Solusi: Jika memang tidak ada pesan atau telepon yang mendesak harus segera ditanggapi, lebih baik fokus berbelanja terlebih dulu. 

Belanja dalam keadaan lapar
Penelitian membuktikan bahwa orang cenderung belanja lebih banyak ketika sedang lapar. Banyak orang yang memilih belanja dulu baru pergi makan setelahnya. Tapi hal itu malah bisa semakin bikin kalap.
Solusi: Agar tidak terjadi hal seperti itu, lebih baik makan dulu agar saat belanja bisa lebih tenang. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Cara aman COD ketika belanja online
Kamis, 30 Juli 2020 - 10:02 WIB
Sistem COD dianggap aman karena meminimalisir risiko penipuan tapi tetap memiliki celah untuk tinda...
Apa saja barang yang paling banyak dibeli ibu-ibu saat belanja online?
Kamis, 23 Juli 2020 - 10:34 WIB
Berbelanja online memang sangat memudahkan dalam memenuhi kebutuhan sekaligus menghemat waktu. Ada 4...
Bagaimana agar tidak tertipu belanja online shop di Instagram?
Jumat, 17 Juli 2020 - 10:53 WIB
Belanja online di Instagram banyak dimanfaatkan untuk modus penipuan dan sudah banyak memakan korban...
Tipe pembeli di online shop, mulai dari yang praktis hingga yang membuat pusing penjual
Kamis, 09 Juli 2020 - 09:44 WIB
Belanja dengan sistem online sudah menjadi hal yang biasa dilakukan. Tidak hanya melalui website res...
 Barang apa saja yang sering membuat wanita kalap berbelanja?
Kamis, 02 Juli 2020 - 10:33 WIB
Kehidupan wanita tak bisa lepas dari aktivitas belanja. Survei menyebutkan bahwa 72 persen wanita gi...
Bagaimana cara menghemat biaya belanja keperluan dapur?
Kamis, 25 Juni 2020 - 10:44 WIB
Cara menghemat uang bisa dimulai dengan menghemat keperluan dapur sehari-hari. Mengingat harga kebut...
Kebiasaan belanja seperti ini yang membuat utang menumpuk
Kamis, 18 Juni 2020 - 11:11 WIB
Kebiasaan belanja adalah salah satu faktor penyebab yang membuat utang semakin menumpuk. Utang sebet...
Apakah menumpuk barang belanjaan, termasuk ciri-ciri pecandu belanja?
Kamis, 11 Juni 2020 - 10:08 WIB
Seseorang dapat mengalami kecanduan belanja. Sementara sebagian besar orang berbelanja untuk tujuan ...
Apa saja tipe-tipe orang saat belanja?
Jumat, 29 Mei 2020 - 12:35 WIB
Belanja merupakan salah satu kegiatan yang pernah dilakukan setiap orang. Namun, tak semua orang mem...
Mata pencaharian hilang atau gaji dipotong? Lakukan ini saat pandemi
Jumat, 15 Mei 2020 - 22:40 WIB
Dampak COVID-19, terjadi pemotongan gaji hingga hilangnya mata pencaharian yang dialami sebagian ora...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV