Bupati Langkat instruksikan pimpinan OPD dukung suksesnya SP2020
Elshinta
Kamis, 13 Februari 2020 - 08:14 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
 Bupati Langkat instruksikan pimpinan OPD dukung suksesnya SP2020
Bupati Langkat instruksikan pimpinan OPD dukung suksesnya SP2020. Foto: M Salim/elshinta.com.

Elshinta.com - Bupati Langkat, Sumatera Utara menginstruksikan kepada pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mengoptimalkan  pengisian data secara online sebelum tanggal 29 Februari 2020 kepada jajarannya. Tujuannya guna mendukung suksesnya SP2020. Hal itu disampaikan Asisten I Pemerintahan Setdakab Langkat, Abdul Karim saat membuka Rapat Koordinasi persiapan Sensus Penduduk tahun 2020 (SP2020) Kabupaten Langkat, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Rabu (12/2).

Hasil dari sensus ini, akan bermanfaat untuk menentukan arah kebijakan bangsa di masa yang akan datang. Juga untuk dipahami, SP2020 ini merupakan penyelenggaraan kegiatan pendataan lengkap seluruh penduduk Indonesia yang ke tujuh sejak tahun 1961, bertujuan untuk menyediakan  data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah.

Selain itu, penyelengaraan SP2020 juga berdasarkan UU No 16 tahun 1997 tetang statistik dan PP No 51 tahun 1999 tentang penyelengaraan statistik, serta rekomendasi PBB mengenai sensus penduduk dan perumahan tahun 2020. "Sehingga Badan Pusat Statistik (BPS) melaksanakan SP2020 ini,” ungkapnya, sembari mengintruksikan, agar Dinas yang terlibat dalam pendataan ini untuk dapat bersinergi dengan baik, dalam melaksanakan SP2020.

Selanjutnya, Kabid IKP Diskominfo Langkat M Faisal, menyatakan, pihaknya akan bekerja semaksimal mungkin untuk menyuksekan SP2020 sesuai tupoksinya. Sebagaimana yang diamanatkan melalui peraturan Gubernur Sumut No 56 tahun 2018, tentang penyelenggaraan statistik sektoral Provsu. "Bahwa  Dinas Kominfo sebagai wali data daerah,” terangnya.

Plt.Kadis Dukcapil Amansyah, menjelaskan, untuk pemanfaatan data di Langkat , ada tujuh OPD yang telah  menandatangani perjanjian kerjasama pemanfaatan data kependudukan, yaitu Diskominfo, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas PMP2TSP, Badan Pendapatan Daerah dan RSUD Tanjung Pura. “Perjanjian itu dibuat berdasarkan UU 24 tahun 2013 pasal 58 ayat 4. Saat ini perjanjiannya sedang dalam tahap persetujuan user id oleh Ditjend Dukcapil Kemendagri untuk selanjutnya ke tahap ujicoba dan implementasi,” katanya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, M Salim, Kamis (13/2).

Kepala BPS Langkat Tuti Hidayati, menerangkan, SP2020 pendataan  menuju satu data kependudukan, adalah sensus dengan menggunakan metode kombinasi  yakni pendataan menggunakan online dan tradisional, yang dibuka mulai 15 februari  sampai 31 maret 2020 mendatang. Caranya, masyarakat bisa mendaftarkan diri dengan cara mengisi  Sensus Pendudukan Online (SPO), dengan membuka aplikasi browser internet pada perangkat Smart Phone, laptop atau komputer. Lalu klik laman resmi (website) sensus.bps.go.id,  setelahnya isi keterangan kependudukan dan perumahan yang ditanyakan secara lengkap. Kemudian unduh bukti telah berpartrisipasi pada SPO pada tampilan halaman terakhir.

Sedangkan bagi penduduk yang belum berpartisipasi dalam SPO, akan dicatat oleh petugas sensus pada 1 sampai 31 juli 2020 dengan langsung mendatangi  masyarakat dirumahnya untuk melakukan verifikasi langsung (metode tradisional). “Sensusnya dilaksanakan dengan bekerjasama dengan Disdukcapil dan pihak terkait lainnya, sehingga data de facto yakni data berdasarkan tempat tinggal dan data de jure yakni data berdasarkan administrasi, semuanya tersedia. Sehingga tidak adalagi polemik terkait data kependudukan,” terangnya.

Tujuan sensus ini, sambung Tuti, untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia untuk menuju satu data kependudukan Indonesia. Untuk informasi yang dikumpulkan, antara lain jenis kelamin, status perkawinan, tempat dan tanggal lahir serta ketersediaan  akta kelahiran, kewarganegaraan, suku bangsa, agama, tingkat kependidikan , pekerjaan serta karakteristik perumahan. Untuk tahun 2030, baru akan diberlakukan pendataan registrasi, yakni data pemutakhiran yang diambil dari data yang di upload Disdukcapil oleh BPS.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Pangdam Diponegoro beri contoh pencegahan COVID-19 di lokasi TMMD Kudus
Selasa, 07 April 2020 - 20:36 WIB
Kunjungan kerja Pangdam IV / Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi di lokasi TMMD Reg-107 Kodim 072...
 Satgas Pamtas Yonif 411 patroli simpatik di bivak warga pedalaman Papua
Senin, 06 April 2020 - 16:37 WIB
Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) Yonif Meka...
Prajurit Pamtas Yonif 411 Kostrad bantu warga bangun Mushola
Minggu, 05 April 2020 - 12:12 WIB
Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) di bawah...
Program Dasa Wisma 10 Rumah Aman KSP diapresiasi warga 
Jumat, 03 April 2020 - 16:36 WIB
Program yang digagas Kantor Staf Presiden (KSP) melalui Dasa Wisma 10 Rumah Aman mendapat respon pos...
Hari ke-18 TMMD Kampung Epem, TNI selesaikan pembangunan beberapa rumah warga 
Jumat, 03 April 2020 - 14:10 WIB
Memasuki hari ke-18, pelaksanaan program pembangunan dua puluh unit rumah bagi warga masyarakat di K...
Kementerian PUPR rampungkan 25 rusun bagi ASN Polri di Sumatera Barat
Jumat, 03 April 2020 - 12:10 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perum...
Danki Satgas TMMD ke-107 kunjungi tokoh masyarakat Kampung Epem
Jumat, 27 Maret 2020 - 16:35 WIB
Untuk terus menjalin serta meningkatkan hubungan baik dengan warga masyarakat, anggota Satgas TMMD k...
Kemenko Maritim: Pemindahan ibu kota terus berjalan
Rabu, 25 Maret 2020 - 14:49 WIB
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi memastikan proses pemindahan ibu kota negar...
Gubernur sampaikan rencana pembangunan Kantor BIN
Selasa, 24 Maret 2020 - 20:55 WIB
Provinsi Kalimantan Utara sebagai wilayah perbatasan memiliki masalah-masalah central, untuk itu dip...
Satgas TMMD 107 di Depok telah pasang u-ditch di Jalan Haji Muhari
Sabtu, 21 Maret 2020 - 09:56 WIB
Giat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 di Kota Depok yang dilaksanakan Kodim 0508 Depok, Ko...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV