Polri, TNI, dan pemerintah bantu tangani bencana longsor di Desa Cipelah
Elshinta
Selasa, 18 Februari 2020 - 09:10 WIB | Penulis : Andi Juandi | Editor : Dewi Rusiana
Polri, TNI, dan pemerintah bantu tangani bencana longsor di Desa Cipelah
Foto: Titik Mulyana/Radio Elshinta

Elshinta.com - Mendapat informasi ada tanah longsor di Kampung Babakan Garut dan Kampung Simpang Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terlihat di lokasi kompak Tiga Pilar Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq, S.H, Camat Rancabali Dadang Hernawan. 

Begitu juga Danramil Ciwidey Kapten. Inf. Toto Toha Sobana bersama para Perwira Polsek Ciwidey berikut jajaran anggota, melaksanakan cek dan kontrol kondisi terkini. Kemudian dibantu dari seluruh Babinsa Koramil Ciwidey dikerahkan oleh Danramilnya untuk segera langsung bergegas membantu sembari membawa alat-alat evakuasi yang dibutuhkan di sana, seperti skop, cangkul, sepatu boot, dan mobil truck pengangkut tanah yang berserakan di jalan akibat bencana longsor, Senin (17/2).

Kontributor Elshinta, Titik Mulyana melaporkan, adapun titik lokasi bencana tanah longsor yang menimpa warga Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, diantaranya:

  • Kampung Babakan Garut Rt. 03/03 Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Bencana longsor terjadi sekitar Jam 17.00 WIB. Lokasi longsor berupa tebing panjang 20 meter, tinggi 6 m, material longsor menimbun akses jalan pemukiman menuju perkebunan Citambur Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur. Warga yang berdomisili di sekitar  lokasi sejumlah 17 jiwa (7 KK), sebagian warga dievakuasi ke kantor Desa Cipelah untuk sementara waktu.
  • Kampung Simpang Rt. 01/03 Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Longsor terjadi sekitar jam 16.00 WIB. Posisi longsor berada di tebing jalan (di bawah bahu jalan) tinggi 3 m, panjang 5 m, akses Cipelah Cianjur. Material longsor menimbun saluran air (aliran air menuju persawahan dan pemukiman warga). Seluruh warga yang berdomisili di sekitar lokasi sejumlah 12 jiwa (3 KK) dievakuasi ke kantor Desa Cipelah.

Dengan adanya peristiwa bencana alam tanah longsor TNI-Polri beserta jajarannya berikut dari aparat pemerintah Kecamatan Rancabali dan Desa Cipelah bersama dengan warga masyarakat Desa Cipelah bahu membahu membersihkan material longsor. 

Saat dikonfirmasi di lokasi kejadian, Kapolsek Ciwidey Polresta Bandung AKP Ivan menerangkan, sejak Minggu (16/2) hujan turun dengan intensitas tinggi mulai siang sampai malam hari, dan menurut keterangan warga setempat sekira pukul 16.00 WIB dan 17.00 WIB selang 1 jam saja, 2 Kampung yang berada di Desa Cipelah ini mengalami bencana longsor yang cukup signifikan karena akses jalan sampai lumpuh total.

”Sekira pukul 16.00 WIB di Kampung Simpang Rt 01/03 dan pukul 17.00 WIB di Kampung Babakan Garut Rt 03/03 Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung selang 1 jam saja di kedua kampung tersebut telah terjadi bencana alam tanah longsor yang cukup serius yang mengakibatkan akses jalan yang menghubungkan kearah perkebunan Citambur Cipelah mengalami lumpuh total karena tertimbun oleh material tanah longsor," terang AKP Ivan Taufiq, S.H., sembari menunjuk lokasi tebing yang longsor. 

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun menyebabkan kerugian material yang tidak sedikit," tambah Kapolsek yang akrab disapa Ivan ini.

Kapolresta Bandung Kombespol Hendra Kurniawan, S.I.K. melalui Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq, SH mengatakan, untuk sementara akses jalan yang berada di Kampung Babakan Garut Rt 03/03 dan Kampung Simpang Rt 01/03 Desa Cipelah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung yang tembus dari jalan utama menuju perkebunan Citambur Cianjur dan Cipelah mengalami lumpuh total karena tertutup material longsor. 

Sebagian warga Desa Cipelah yang berada di titik lokasi bencana longsor dievakuasi semuanya ke kantor Desa Cipelah, mengingat kondisi lahan tanah masih berbahaya apabila cuaca hujan datang kembali dikhawatirkan longsor bisa terjadi lagi. 

"Kami pun selalu mengimbau kepada seluruh warga agar tetap waspada menghadapi bencana ini, selalu tabah dan tawakal menghadapi musibah ini karena ini adalah bagian dari ujian Tuhan Semesta Alam kepada hambanya," pungkas AKP Ivan. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Gempa magnitudo 5,0 guncang Enggano Bengkulu Utara
Senin, 06 April 2020 - 06:26 WIB
Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,0 mengguncang Pulau Enggano, Bengkulu Utara, Senin (6/4) pagi...
Gempa berkekuatan magnitudo 6,1 guncang Jailolo, Halmahera Barat
Senin, 06 April 2020 - 06:10 WIB
Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Kecamatan Jailolo, Halmahera Barat, Provinsi Ma...
Longsor putus akses selingkar Wilis di Trenggalek
Minggu, 05 April 2020 - 14:15 WIB
Hujan deras yang terjadi di sebagian besar wilayah Trenggalek, Jawa Timur pada Sabtu (4/4) hingga Mi...
Ratusan rumah di pedalaman Barito Utara terendam banjir
Minggu, 05 April 2020 - 12:59 WIB
Sedikitnya ratusan rumah yang tersebar di enam desa di wilayah Kecamatan Teweh Timur Kabupaten Barit...
Sungai Citarik meluap, beberapa kampung di Rancaekek terendam 
Minggu, 05 April 2020 - 11:28 WIB
Desa Sukameriah, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung adalah desa yang merupakan langganan banjir ...
Gempa M 3,0 terjadi di Sumenep, Jatim
Minggu, 05 April 2020 - 06:11 WIB
Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,0 terjadi di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, pada Sabtu (4/4) teng...
BMKG: Selama Maret, 965 kali gempa terjadi di Indonesia
Kamis, 02 April 2020 - 15:28 WIB
Selama Maret 2020 di wilayah Indonesia terjadi aktivitas gempa tektonik sebanyak 965 kali. Jumlah in...
Gempa tektonik M 5,5 guncang Laut Banda, tak berportensi tsunami
Kamis, 02 April 2020 - 12:18 WIB
Wilayah Laut Banda diguncang gempa tektonik pada Kamis (2/4) sekitar 09.13 WIB. Hasil analisis BMKG ...
101.644 warga terdampak banjir di Kabupaten Bandung
Kamis, 02 April 2020 - 11:18 WIB
Banjir yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Bandung di Provinsi Jawa Barat sejak Minggu (29/3) te...
 Banjir rendam Mako Polsek Dayeuhkolot Polresta Bandung dan Kecamatan Dayeuhkolot
Rabu, 01 April 2020 - 17:36 WIB
Hujan yang menguyur wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat sejak Senin (30/3) siang hingga malam meng...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV