Mengapa wanita senang belanja? Ternyata ini alasannya
Elshinta
Jumat, 21 Februari 2020 - 11:51 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Mengapa wanita senang belanja? Ternyata ini alasannya
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2Vdc1Gz

Elshinta.com - Kegemaran akan belanja memang lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Sebagian besar wanita memang sangat menyukai kegiatan memburu barang tersebut mulai dari pakaian, sepatu,aksesori dan lain sebagainya. Apa yang sebenarnya membuat para wanita sangat senang berbelanja? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut alasannya:

Mengusir rasa stres
Saat para wanita merasa tertekan dan tidak memiliki teman untuk diajak bicara, belanja biasanya menjadi cara paling ampuh untuk meredakan rasa stres dan bisa membuat pikiran menjadi segar kembali. Ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa para wanita sangat gemar berbelanja.
 
Kebutuhan
Kebutuhan wanita cenderung lebih banyak, lebih komplit, dan juga lebih bervariasi. Oleh sebab itu wanita cenderung sering berbelanja untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Selain itu keinginan untuk selalu tampil berbeda juga membuat wanita senang berbelanja. Seorang wanita akan langsung menyadari jika teman kantor ada yang memakai baju sama dalam seminggu. Jika para wanita merasa khawatir dengan penampilannya, maka ia akan belanja baju baru sehingga bisa tampil beda setiap hari.
 

Ilustrasi.Sumber foto: https://bit.ly/3bUdfMX
Hubungan pertemanan semakin akrab
Meski ada beberapa wanita yang tidak melakukan hal ini, belanja menjadi alasan agar wanita bisa berinteraksi dengan banyak orang. Sebab beberapa wanita bukan hanya suka belanja, tetapi juga gemar mengobrol. Belanja dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk membuat ikatan pertemanan lebih erat. Biasanya para wanita saling memberi saran dan melontarkan kritik satu sama lain mengenai barang yang telah dipilih.

Obsesi pribadi
Rasa cinta terhadap diri sendiri berujung pada obsesi pribadi dalam diri wanita. Mereka akan menghabiskan banyak uang demi memuaskan diri sendiri dengan barang-barang yang dibelinya. Menghabiskan uang pribadi tentu tak ada salahnya, apalagi digunakan untuk menyenangkan diri sendiri. Hal itu menjadi salah satu alasan para perempuan untuk membeli barang-barang baru.
 
Status sosial
Ada wanita yang memang sengaja berbelanja untuk memamerkan barang-barang barunya pada orang lain karena dianggap dapat meningkatkan status sosialnya dan untuk menunjukan pekerjaannya sangat berkelas. Melalui media sosial, gambar produk yang baru dibeli bisa dengan cepat menyebar.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/32kXNVO

Menikmatinya
Setiap kali punya uang dan waktu, wanita bisa dipastikan akan berbelanja. Mereka sangat menyukai aktivitas ini. Tanpa alasan, wanita seolah jatuh cinta dengan kebiasaan belanja. Ditambah tren dan mode berkembang sepanjang zaman membuat semangat para wanita seperti tak pernah ada habisnya. 

Memanjakan diri
Saat wanita menghabiskan uang untuk berbelanja, artinya mereka sedang memanjakan dirinya. Kebanyakan wanita bahkan belanja saat suasana hatinya sedang buruk. Sebab dengan memanjakan diri melalui belanja, suasana hati tersebut bisa membaik kembali. Wanita memiliki mood yang sangat bagus ketika sedang berbelanja, sehingga akan membuatnya menjadi lebih bahagia. Oleh karena itu wanita terkadang tidak segan-segan dalam mengeluarkan uang untuk menyenangkan dirinya sendiri.

Membuat orang lain senang
Tidak selamanya wanita berbelanja demi dirinya sendiri. Mereka juga sering membeli barang untuk keluarga, pasangan, atau temannya. Wanita juga punya keinginan membuat orang lain bahagia.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/37JXxAJ

Terlalu berharga
Sebagian besar wanita memang belanja hanya ingin memenuhi fantasi mereka bukan untuk kebutuhannya. Barang wanita yang terlalu indah dan berharga menurutnya sayang bila digunakan. Kebanyakan wanita memperlakukan barangnya seperti itu. 

Barang lucu
Hal ini yang sangat sering dilakukan oleh kebanyakan wanita dalam hal berbelanja yang lain adalah karena barang tersebut sangat lucu. Walaupun harganya mahal atau barang yang dibeli tidak dalam daftar kebutuhan, mereka akan tetap membelinya.  Demikian pula jika ada promo dan diskon. Biasanya wanita akan selalu tergiur, bagi mereka ini menjadi suatu ketertarikan tersendiri dan merasa sayang jika dilewatkan. 

Mencoba hal baru
Wanita yang sangat gemar belanja menganggap bahwa kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk menemukan hal baru. Mereka merasa menemukannya ketika menjelajahi pusat perbelanjaan yang berbeda-beda. Terlebih lagi jika mengetahui bahwa di salah satu mal terdapat toko atau brand fashion terbaru. Semangat belanja yang dimiliki oleh kaum wanita ini juga akan semakin menggebu-gebu. Banyak juga kaum wanita yang gemar berbelanja untuk mendapatkan perubahan. Mereka lakukan untuk mengusir bosan dan tidak mengenakan barang yang hanya itu-itu saja.

Menambah koleksi 
Kebanyakan wanita akan merasa minder dan malu jika ketinggalan fashion terkini. Oleh karenanya, bagi sebagian wanita akan membeli barang-barang dengan model kekinian agar bisa tampil lebih trendi.
Walaupun memiliki alasan tersendiri mengapa senang belanja, para wanita hendaknya tetap menyadari untuk lebih baik untuk belanja seperlunya saja. Tidak menghabiskan banyak uang apalagi sampai membuat pinjaman tertentu untuk menghabiskan uang hanya demi berbelanja.


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Suzuki berikan program servis gratis bagi korban banjir Kal-Sel
Rabu, 27 Januari 2021 - 08:45 WIB
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan kepedulian melalui wujud nyata dengan memberikan servis g...
YouTube uji coba fitur beli produk yang tampil dalam video
Minggu, 17 Januari 2021 - 13:00 WIB
YouTube dilaporkan sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna membeli produk yang mereka l...
Zalora siapkan tim dan gudang jelang Harbolnas 12.12
Jumat, 11 Desember 2020 - 11:27 WIB
Platform niaga elektronik khusus fesyen, Zalora, menyiapka kapasitas gudang hingga menambah tim menj...
Berbelanja dan menonton aman di tengah pandemi COVID-19
Sabtu, 05 Desember 2020 - 16:00 WIB
Orang-orang bisa kembali berbelanja di mal untuk memenuhi kebutuhan mereka di masa pandemi COVID-19,...
Survei: 43 persen Gen X dan Boomers mulai belanja online saat pandemi
Selasa, 10 November 2020 - 17:10 WIB
Studi terbaru dari Facebook IQ tentang Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas menunjukkan bahwa...
Saran dokter untuk pencinta `high heels`
Kamis, 22 Oktober 2020 - 17:46 WIB
Pakar gizi medik dari FKUI-RSCM, Prof. Saptawati Bardosono menyarankan Anda menurunkan ketebalan sep...
Kemenko Perekonomian: Transaksi e-commerce 2020 meningkat
Senin, 19 Oktober 2020 - 15:26 WIB
Staf Ahli Menteri Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan SDM Kemenko Perekonomian Mira Tayyib...
 Hal-hal yang harus diperhatikan saat akan membeli barang mahal
Kamis, 24 September 2020 - 09:49 WIB
 Belanja selalu menjadi aktivitas menyenangkan untuk sebagian besar orang. Membeli barang mahal bag...
Ini alasan mengapa window shopping memiliki banyak manfaat
Kamis, 17 September 2020 - 10:03 WIB
Bukan terkesan pelit atau hanya sekadar ingin coba-coba. Tujuan window shopping bukan ingin menghabi...
Ini alasan mengapa tidak perlu malu membeli barang bekas
Kamis, 10 September 2020 - 09:31 WIB
Salah satu cara untuk menekan pengeluaran adalah dengan membeli barang-barang bekas atau preloved. ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV