Apartemen tak ada kaitannya dengan proses pengadaan Pesawat Garuda dan pencucian uang
Elshinta
Kamis, 20 Februari 2020 - 18:02 WIB | Penulis : Angga Kusuma | Editor : Administrator
Apartemen tak ada kaitannya dengan proses pengadaan Pesawat Garuda dan pencucian uang
Sumber Foto: Istimewa

Elshinta.com - Sidang mantan direktur utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Kamis (20/2).

Dalam persidangan terungkap bahwa jauh sebelum menjabat sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar telah memiliki properti berupa apartemen di kawasan Belmont Road Singapura, dimana apartemen tersebut telah dijual pada tahun 2011 dan selanjutnya Emirsyah Satar membeli apartemen baru di kawasan Silversea. Ketika berdinas sebagai Direktur Utama Garuda, Emirsyah Satar juga telah melaporkan kepemilikan apartemen tersebut di dalam "Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara".

Selanjutnya pada tahun 2014, apartemen Silversea milik Emirsyah Satar tersebut dijual kepada Soetikno Soedarjo dan segala kewajiban pembayaran dalam jual beli tersebut telah diselesaikan Soetikno Soedarjo kepada Emirsyah Satar dan developer, sehingga kepemilikan apartemen Silversea telah sah beralih menjadi milik Soetikno Soedarjo. Sampai saat ini juga masih terdapat penyewa yang selalu membayarkan uang sewa kepada Soetikno Soedarjo, sehingga terbukti jual beli apartemen antara Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo tersebut adalah transaksi jual beli apartemen biasa. Sama sekali tidak ada kaitan antara kepemilikan apartemen di Singapura dengan hal terkait proses pengadaan pesawat di Garuda maupun pencucian uang, seperti dalam rilis yang diterima Redaksi Elshinta.com.

Demikian terungkap dalam sidang mantan Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar dan pengusaha Soetikno Soedarjo di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, yang menghadirkan dua saksi dari perusahaan milik Soetikno Soedarjo, masing-masing Sallyawati Rahardja sebagai mantan manager administrasi dan finance perusahaan jasa konsultasi Connaught Pte Ltd dan sekretaris Soetikno Soedarjo bernama Tita Wahyuni.

Dalam persidangan kedua saksi mengaku tidak kenal dengan Emirsyah Satar dan tidak pernah berkomunikasi atau dihubungi oleh Emirsyah Satar terkait permintaan uang kepada Soetikno Soedarjo sehingga terbukti Emirsyah Satar tidak pernah berharap apalagi menghubungi Soetikno Soedarjo untuk mendapatkan uang terima kasih.

Saksi Sallyawati Rahardja mengungkapkan bahwa Soetikno Soedarjo melalui perusahaannya Connaught Pte Ltd adalah commercial adviser dari pabrikan Rolls Royce dan Konsultan resmi dari pabrikan European Aeronautic Defence and Space (EADS) atau Airbus dan Avion de Transport Regional dalam penjualan produk mereka, bukan agen, perwakilan, ataupun perantara atau intermediary.

Dalam sidang yang berlangsung siang hingga sore hari tersebut terungkap bahwa Emirsyah melakukan hubungan dengan Soetikno Soedarjo adalah dalam rangka mendapatkan harga pembelian terbaik untuk Garuda sehubungan dengan kedudukan Soetikno sebagai "commercial advisor" dan konsultan resmi Rolls Royce, Airbus, dan Avion de Transport Regional, yang kemudian terbukti memang Garuda mendapatkan deal terbaik dari manufaktur tersebut. Dari Rolls Royce Garuda mendapatkan engine consession atau cashback senilai ratusan juta dollar, sedangkan dalam pengadaan pesawat Airbus A330, Garuda mendapatkan diskon airframe mencapai US$ 97,000,000.00 tiap unitnya untuk total seluruh 21 pesawat yang dilakukan pengadaan.

Saksi Sallyawati Rahardja dalam persidangan juga menegaskan bahwa pembelian surat utang (bonds) Mac Quaire Group senilai US$ 200,000.00 adalah investasi pribadi Soetikno Soedarjo dan sama sekali bukan pemberian untuk Emirsyah Satar. Bonds Mac Quaire Group tersebut adalah milik Soetikno Soedarjo dan tidak ada kaitannya dengan Emirsyah Satar dan pengadaan pesawat Bombardier di Garuda. Terbukti ketika pencairan bonds tersebut, seluruh hasilnya masuk ke rekening Soetikno Soedarjo, bukan diberikan kepada Emirsyah Satar.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Atasi COVID-19, Kejari Bandung lakukan sidang gunakan video conference 
Kamis, 02 April 2020 - 20:35 WIB
Kejaksaan Negeri Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/4) melakukan sidang video conference di ru...
Polri ungkap 18 kasus penimbunan masker-hand sanitizer, tuntutan pidana maksimal pelaku menanti!
Kamis, 02 April 2020 - 08:10 WIB
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengungkapkan bahwa ...
Dinyatakan negatif COVID-19, Rutan Tanjunggusta tetap tolak warga binaannya
Rabu, 01 April 2020 - 18:12 WIB
Tim Penuntut Umum Kejari Medan terpaksa menitipkan Abdul Latif tersangka kasus penipuan dan penggela...
Asimilasi rumah kepada 45 warga binaan di Rutan Kelas 1 Tangerang
Rabu, 01 April 2020 - 13:14 WIB
Dalam mencegah penularan dan penyebaran COVID-19, Rumah Tahanan Kelas 1 Tangerang melakukan asimilas...
51 kasus hoaks COVID-19 terungkap, alasan pelaku...
Senin, 30 Maret 2020 - 12:10 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengungkapkan alasan pelaku pen...
Tiga mobil mewah perkara korupsi mantan Walkot Madiun dilelang
Sabtu, 28 Maret 2020 - 15:16 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sidoa...
Sembilan saksi berstatus ODP, sidang Dzulmi Eldin ditunda
Kamis, 26 Maret 2020 - 19:57 WIB
Sembilan saksi yang seyogya memberikan keterangan dalam persidangan perkara OTT pemberian dugaan sua...
Densus 88 tembak mati terduga teroris di Batang Jateng
Kamis, 26 Maret 2020 - 06:46 WIB
Mabes Polri membenarkan informasi bahwa tim Densus 88 Antiteror Polri telah menembak mati seorang te...
Mantan Hakim MK Patrialis lunasi denda Rp300 juta
Selasa, 24 Maret 2020 - 18:36 WIB
Terpidana mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Patrialis Akbar telah melunasi pembayaran denda sebe...
Anak nongkrong di sejumlah cafe di Bondowoso dibubarkan polisi
Selasa, 24 Maret 2020 - 07:57 WIB
Mencegah virus corona baru COVID-19, Kepolisian Resort Bondowoso, Jawa Timur, bersama TNI Kodim 0822...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)
Elshinta
Radio Elshinta