Bulan K3, Pertamina edukasi anak tentang penanggulangan kebakaran
Elshinta
Selasa, 25 Februari 2020 - 18:25 WIB | Penulis : Andi Juandi | Editor : Sigit Kurniawan
Bulan K3, Pertamina edukasi anak tentang penanggulangan kebakaran
Foto: Adi Asmara/Radio Elshinta

Elshinta.com - Pertamina RU III Plaju Palembang, Sumatera Selatan melaksanakan kegiatan Fire Fighter Challenge di HSE Traineng Center Sungai Gerong, Banyuasin, Sumatera Selatan, dan yang uniknya kali ini bukan hanya melibatkan peserta dari perwakilan karyawan Pertamina dari seluruh Indonesia saja, akan tetapi juga melibatkan Anak Usia Sekolah Dasar (SD).

Terlihat tidak ada rasa takut dari para siswa yang telah menggunakan pakaian lengkap layaknya petugas pemadam kebakaran tersebut saat instruktur mencoba memberikan arahan kepada mereka sebelum langsung berhadapan dengan api yang akan mereka padamkan.

Terpancar dari raut wajah masing-masing anak rasa  bangga bisa mengenakan baju pemadam kebakaran berwarna merah menyala lengkap dengan topi pelindung bertuliskan ‘Fire Fighter’ layaknya petugas pemadam kebakaran yang biasa mereka lihat saat ada terjadi kebakaran.

Dalam kegiatan Fire Fighter Challenge di HSE Traineng Center Sungai Gerong, Banyuasin, Sumatera Selatan anak-anak siswa mendapatkan pendidikan singkat mengenai tata cara melakukan pemadaman api dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Manager HSE TC Pertamina Sungai Gerong, Helmi Fadillah, menyampaikan dalam rangka memeriahkan kegiatan bulan K3, Pertamina melaksanakan sejumlah kegiatan yang tentunya bermanfaat bagi karyawan ataupun terhadap masyarakat secara umum, termasuk untuk kalangan anak-anak.

Khusus untuk anak-anak SD, ini tentunya merupakan  salah satu cara yang dilakukan oleh Pertamina dalam memberikan edukasi secara dini kepada anak-anak tentang bagaimana cara untuk menghadapi insiden atau bahaya yang berkaitan dengan api.

Sebab menurutnya bahaya kebakaran tidak hanya terjadi di SPBU atau dilingkungan Pertamina saja, akan tetapi ternyata bisa terjadi dimana saja, oleh karenannya perlu pembelajaran mengenai cara untuk mengatasinya.

“Penanggulangan bahaya kebakaran dirumah juga ada. Jadi sejak dini mereka sudah mengetahui bagaimana menghadapi kebakaran dan memadamkan api. Jadi mereka tidak takut lagi dan mulai tau teknis sederhana kalau ada insiden dilingkungan masing-masing,” ujar  Manager HSE TC Pertamina Sungai Gerong, Helmi Fadillah, Selasa (25/2), seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Adi Asmara.

Lebih lanjut menurut Helmi, Pendidikan sejak dini yang ditanamkan kepada anak-anak seperti yang dilaksanakan saat ini merupakan salah satu cara untuk membangun kewaspadaan sejak dini akan ancaman insiden yang dapat terjadi saat menggunakan atau berada dilingkungan dengan potensi bahaya yang tinggi, salah satunya di SPBU.

“Kebanyakan insiden seperti di SPBU itu tahunya saat sudah kejadian. Itu mungkin karena pengaruh budaya kita yang masih kurang peduli terhadap keselamatan. Jadi rasa kepedulian itu yang perlu kita tingkatkan sejak dini,” jelas Helmi.

Diharapkan kegiatan bulan K3 yang berlangsung dari tanggal 30 Januari hingga 29 Februari 2020, mampu  meningkatkan kinerja dan peran aktif serta memupuk kesadaran seluruh karyawan akan pentingnya keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan, sehingga target zero kecelakaan seperti yang diharapkan perusahaan dapat terwujud.

“Kami tentu menyadari sebagai perusahaan energi nasional yang memiliki karakteristik high energy, high capital dan high risk berpotensi tinggi dalam hal kecelakaan kerja, sebelum sampai pada tahap penanganan, beberapa upaya pencegahan dilakukan Pertamina, seperti menyiagakan manpower, membuat pemetaan resiko dan mitigasi bencana, serta menyiapkan opsi barrier terkait prosedur operasionalnya,” tambahnya.

Menurut data Pertamina, sepanjang tahun 2019, insiden di SPBU untuk wilayah Sumbagsel mengalami peningkatan sebesar 10 persen. Adapun kecenderungan insiden yang terjadi di SPBU disebabkan oleh perilaku konsumen yang tidak aman di SPBU dan dari hasil evaluasi tersebut, penyebab kelalaian ini sebagian besar dilakukan oleh konsumen yang tidak menaati rambu-rambu yang telah dipasang di sekitar lokasi SPBU.

“Antisipasi terjadi kebakaran selama berada di SPBU antara lain seperti larangan merokok, matikan mesin kendaraan saat mengisi, tidak menggunakan telepon selular di dalam zona bahaya (hazardous zone), tidak menyalakan sumber api, dan tidak mengisi BBM terlalu penuh hingga melebihi kapasitas tanki kendaraan sehingga menimbulkan tumpahan di sekitar kendaraan,” jelas Region Manager Communicaton & CSR Pertamina Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf.

Lebih lanjut Rifky Rakhman Yusuf mengatakan, upaya untuk menekan angka kejadian bahaya terus dilakukan lewat media publikasi spanduk dan papan peringatan.

“Selama bulan K3, Pertamina mengintensifkan sosialisasi mengenai budaya safety mulai dari SPBU hingga ke sekolah. Ada 16 rangkaian Peringatan Bulan K3 yang ada di Pertamina RU III. Kami ingin menumbuhkan kesadaran pentingnya menanamkan budaya safety kepada anak-anak dan remaja,” pungkas Rifky.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama bulan K3 di wilayah RU III diantaranya melaksanakan latihan menanggulangi bahaya kebakaran, mengadakan lomba cerdas cermat untuk pekerja, Pelatihan untuk warga yang ada di ring I Pertamina RU III, seminar K3 untuk perusahaan, lomba taman terindah, lomba mewarnai tema untuk anak-anak Komperta, dan sejumlah kegiatan lainnya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Imbas COVID-19, anggota DPRD Medan imbau kompensasi uang sekolah
Jumat, 03 April 2020 - 21:57 WIB
Anggota Komisi 2 DPRD Medan, Sumatera Utara, Wong Chun Sen menegaskan tentunya melalui Dinas Pendidi...
Dampak COVID-19 libur sekolah di Langkat diperpanjang 
Jumat, 03 April 2020 - 16:47 WIB
Masa libur sekolah diperpanjang mulai 4 April 2020 Selan itu hingga batas waktu yang akan ditentukan...
Presiden ingin semua anak di desa bisa belajar dengan penerangan baik
Jumat, 03 April 2020 - 13:23 WIB
Presiden RI Joko Widodo menginginkan seluruh anak di desa dapat belajar dengan penerangan yang baik,...
Fasilitasi perpustakaan keliling, Satgas TMMD Kodim Kudus ajak anak-anak isi liburan sekolah
Rabu, 01 April 2020 - 20:25 WIB
Libur sekolah yang dialami anak-anak Desa Kedungsari, Kecamatan Gebog, Kudus, Jawa Tengah karena ant...
Cegah COVID-19, Kwarda Banten bagikan 3000 masker dan hand sanitizer
Rabu, 01 April 2020 - 15:11 WIB
Kian merebaknya pandemi COVID-19 di berbagai daerah mengharuskan berbagai elemen masyarakat bergerak...
KPAI: Belajar dari rumah momentum berharga orang tua dan anak
Rabu, 01 April 2020 - 14:35 WIB
Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Rita Pranawati mengatakan kebijakan yang mendorong ag...
Masa belajar peserta didik Kabupaten Batu Bara di rumah diperpanjang
Selasa, 31 Maret 2020 - 22:36 WIB
Bupati Bati Bara, Zahir M, melalui Surat Edarannya memperpanjang  kegiatan belajar di rumah bagi pe...
 UB pulangkan mahasiswa Malaysia atas permintaan Kedubes Malaysia
Selasa, 31 Maret 2020 - 18:26 WIB
Sebanyak 23 dari 48 orang mahasiswa asal Malaysia yang tengah belajar di Universitas Brawijaya (UB) ...
 Pemkab Bandung perpanjang masa belajar di rumah hingga 11 April
Senin, 30 Maret 2020 - 20:45 WIB
Menyikapi terus bertambahnya angka kasus penyebaran COVID-19 di Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pem...
Cegah penyebaran corona, ITN Malang perpanjang kuliah daring sampai akhir semester
Minggu, 29 Maret 2020 - 17:17 WIB
Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang terhitung tanggal 16 Maret 2020 telah mengganti perkuliahan...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)