Sosok Niki Zefanya, penyanyi asal Indonesia yang masuk daftar 30 Under 30 Asia dari Forbes
Elshinta
Selasa, 07 April 2020 - 10:53 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
 Sosok Niki Zefanya, penyanyi asal Indonesia yang masuk daftar 30 Under 30 Asia dari Forbes
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3c1kCkH

Elshinta.com - Dua musisi berbakat dari Indonesia, Isyana Sarasvati dan Niki Zefanya, masuk dalam daftar bergengsi " 30 Under 30 Asia 2020" oleh Forbes. Daftar tahunan itu memilih 30 orang atau grup berusia di bawah 30 tahun yang dianggap paling berpengaruh dalam 10 kategori di Asia.

Isyana dan Niki masuk dalam kategori olahraga dan hiburan. Di dalam kategori tersebut, terdapat antara lain aktris Korea Selatan Park So Dam dan girl group TWICE. Siapakah sosok Niki sebenarnya?

Pindah ke Amerika
Pemilik nama lengkap Nicole Zefanya ini merupakan penyanyi sekaligus penulis lagu asal Indonesia yang berkarir di Amerika. Ia menjadi salah satu penyanyi perempuan Indonesia yang berhasil menembus industri musik dunia. Pada tahun 2014, Niki mengawali kariernya dengan merilis sebuah singel yang berjudul "Awali Hari dengan Cinta" di bawah naungan Sony Music. Selang dua tahun kemudian, ia juga merilis singel yang berjudul "Polaroid Boy". 

Sebelum itu, ia juga sempat menjadi pemenang di ajang kompetisi Cornetto Road to Fame, dan berhasil mendapatkan kesempatan untuk menjadi penampil pembuka di konser Taylor Swift bertajuk "The Red Tour" pada 2014 di Jakarta. 

Pada tahun 2017, Niki pindah ke Nashville, Amerika Serikat, untuk mempelajari seni musik di salah satu universitas. Di sela-sela kesibukannya, Niki masih sempat menekuni dunia YouTube dengan aktif meng-cover lagu dan merilis sebuah singel berjudul "Anaheum" di akun YouToube Myrtle Lily. 

Mahasiswi lulusan Universitas Pelita Harapan ini mengakui saat itu ia tertarik dengan musik-musik beraliran indie. Niki mengaku saat mendapat laptop dan memiliki akses ke internet, ia mendengarkan akustik, folks, The Lumineers. Lalu Niki mulai mencoba menulis lagu dengan format indie.  

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2ULhx2u

Ganti Nama
Proses perjalanan Niki cukup menarik, karena ia sudah mengepakkan sayap ke pasar internasional sebelum namanya populer di Tanah Air. Penyanyi rap yang juga dari Indonesia, Rich Brian melirik Niki setelah perempuan kelahiran 24 Januari 1999 tersebut meng-cover berbagai lagu melalui akun YouTube. Rich Brian yang tertarik kemudian mengajaknya bergabung dengan label yang menaunginya, 88rising dan membuat karier Niki semakin melejit. Debut singel perdananya di bawah naungan label 88rising berjudul "See u Never", "Chilly", dan "I Like U" pada tahun 2017. 

Selang setahun, ia merilis sebuah minialbum bertajuk Zephyr dengan berisikan empat lagu, salah satunya adalah berjudul "Vintage". 
Seiring dengan kesuksesan yang diraihnya, Niki mengaku membutuhkan nama baru untuk babak baru perjalanan kariernya. Perempuan yang dapat memainkan beberapa alat musik, seperti gitar, ukulele, keyboard, dan piano ini mengubah namanya. Niki merasa Nicole Zefanya itu adalah nama saat di YouTube dan ia kemudian kini menjadi Niki. 

Nama itu juga menggambarkan dirinya yang sekarang jauh sangat berbeda dan nama Niki, menurutnya lebih baik, pendek dan simpel. Selain nama, Niki Niki melakukan beberapa perubahan seperti pada genre musiknya. 

Sumber inspirasi
Niki mengungkapkan sumber inspirasinya dalam menciptakan sebuah lagu didapat ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Seperti nonton film atau ketika jalan-jalan. Selain itu, Niki juga banyak mendengarkan lagu-lagu genre RnB era 90-an, karena sang ibunda. 

Sedangkan untuk market, Niki mengaku tak mau ambil pusing dengan selera pasar saat menciptakan sebuah karya. Menurutnya artis sejati hanya menciptakan karya dan ia pun  tidak masalah bila karyanya tidak sejalan dengan selera masyarakat luas. Niki pun yakin para penggemar setia akan selalu mendukung apapun karya yang dibuat artis. 

Untuk lagu dalam mini album berjudul Wanna Take This Downtown? Penyanyi Niki mendapatkan inspirasi dari masa-masa kelam dalam kehidupannya. Walau sedang sedih, Niki sengaja membuat lagu yang ceria yang membuatnya bahagia.

Trending nomor satu
Beberapa tembang lagunya, banyak dikenal oleh pencinta musik dunia. Bahkan salah satu lagunya yang berjudul Vintage sukses masuk daftar Best of 2018 di Apple Music. Karena kepiawaiannya, ia sering mencuri perhatian sejumlah media internasional. Salah satu lagunya yang berjudul "Spell" sempat menjadi trending nomor satu di tangga lagu Korea Selatan lewat bantuan sahabatnya, Lisa Blackpink.

Hal lain yang membuat Niki bangga adalah sebuah video kampanye milik salah satu senator Amerika Serikat, Bernie Sanders menggunakan lagu milik Niki sebagai suara latarnya.

Dalam sebuah video TikTok berdurasi enam detik tersebut, Niki merasa sangat senang karena lagunya dipakai oleh seorang senator yang tengah bertarung dalam proses pencalonan presiden Amerika Serikat. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3e3wTab

Selalu bicara tentang Indonesia 
Meski sudah diakui dunia internasional, Niki mengaku tidak pernah melepas identitasnya sebagai orang Indonesia. Hal tersebut dibuktikannya dengan selalu bicara tentang Indonesia pada orang-orang, seperti menyebutkan asal usulnya. 

Saat tampil di Head in the Clouds Festival 2019, festival musik yang berlangsung di LA State Historic Park, LA, California, Amerika Serikat. Niki membuka penampilannya dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya karena bertepatan dengan Hari Kemerdekaan ke-74 RI.

Di atas panggung, Niki menghadirkan 17 pemuda mengenakan busana serba merah dan putih. Bendera Merah Putih juga berkibar di atas panggung yang dipegang tiga pemuda. Selain itu, juga muncul suara pembacaan naskah Proklamasi oleh Presiden Soekarno. Dengan pakaian merah-putih, Niki kemudian muncul dari balik panggung dan menyanyikan lagu Newsflash.

Penonton yang memenuhi area panggung terbuka itu langsung teriak histeris. Niki sukses membuat para penonton bergoyang hingga bernyanyi bersama. Total ada 11 lagu yang dinyanyikan Niki di panggung 88Rising itu. (dihimpun dari berbagai sumber)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Tak hanya selegram, Nay memiliki bisnis kuliner
Jumat, 04 September 2020 - 21:03 WIB
Tak sedikit selebgram, influencer atau youtubers yang kemudian melebarkan sayap dengan mengembangkan...
Era Soekamto, aktif kampanyekan budaya lewat kebaya
Rabu, 29 April 2020 - 06:00 WIB
Dalam pandangan Era Soekamto, sosok Kartini adalah seorang figur wanita yang sangat kritis dan mindf...
 Sosok Niki Zefanya, penyanyi asal Indonesia yang masuk daftar 30 Under 30 Asia dari Forbes
Selasa, 07 April 2020 - 10:53 WIB
Isyana Sarasvati dan Niki Zefanya, masuk dalam daftar bergengsi 30 Under 30 Asia 2020 oleh Forbes. ...
Sosok Pricilia Carla Yules, Miss Indonesia 2020
Jumat, 21 Februari 2020 - 13:54 WIB
Pricilia Carla Yules asal Sulawesi Selatan resmi dinobatkan menjadi Miss Indonesia 2020 pada malam p...
Zahra Amalina, duta pariwisata spa pertama di Indonesia
Kamis, 20 Februari 2020 - 21:00 WIB
Indonesia memiliki potensi yang luar biasa di sektor pariwisata, salah satunya adalah di industri sp...
Sosok Apriyani Rahayu, anak desa yang mengharumkan nama bangsa
Senin, 20 Januari 2020 - 12:53 WIB
Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu sukses meraih gelar juara di Indon...
Naila Novaranti, wanita pertama Indonesia yang menaklukan tujuh benua dengan terjun payung
Senin, 30 Desember 2019 - 11:55 WIB
Penerjun payung dunia dari Indonesia, Naila Novaranti berhasil menaklukan benua Antartika pada 5 Des...
Profil Albertina Ho, Srikandi Hukum yang menjadi Dewan Pengawas KPK
Senin, 23 Desember 2019 - 12:18 WIB
Dewan pengawas yang terdiri dari lima orang merupakan struktur baru di KPK. Ketua dan anggota dewan ...
Sosok Lili Pintauli Siregar, Pimpinan KPK yang baru
Jumat, 20 Desember 2019 - 17:57 WIB
Presiden Joko Widodo telah melantik lima orang Pimpinan KPK baru untuk periode 2019-2023 pada Jumat,...
Hasniah, perempuan difabel rungu yang mahir merias
Jumat, 06 Desember 2019 - 10:37 WIB
Perempuan memang tidak bisa dipisahkan dari dunia kecantikan. Demikian pula dengan Hasniah. Saat mel...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV