Apa saja tentang menstruasi yang wanita belum tahu?
Elshinta
Rabu, 08 April 2020 - 11:58 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Apa saja tentang menstruasi yang wanita belum tahu?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2UTsAXz

Elshinta.com - Apa itu menstruasi atau haid? yaitu ketika darah dan jaringan pada rahim keluar dari vagina yang biasanya terjadi setiap bulan. Siklus menstruasi akan membantu tubuh mempersiapkan kehamilan. Siklus dan menstruasi sendiri dikendalikan oleh hormon, seperti estrogen dan progesteron.

Mengetahui hal tersebut saja tidak cukup sebab masih ada hal-hal lain yang perlu diketahui. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini informasi tentang menstruasi yang wajib wanita diketahui: 

Kesuburan
Siklus menstruasi yang lancar tidak menjamin kesuburan. Seorang wanita tetap dapat mengalami haid tanpa harus melepaskan telur atau yang lebih dikenal dengan istilah siklus anovulasi.
Wanita tetap dapat mengalami ovulasi di antara hari ke-11 dan 21 pada siklus. Wanita dapat mengetahui masa ovulasi dengan mengecek suhu tubuh basal dan cairan lendir serviks setiap hari.

Siklus reguler
Siklus menstruasi dapat terjadi dalam jangka waktu 21 hingga 35 hari. Namun bila mendapatkan haid di dalam rentang tersebut pun, bukan berarti siklusnya tergolong reguler. Bahkan ketika berada di antara 21 hingga 35 hari pun, belum dianggap reguler bila jumlah hari yang dilalui tidak stabil. 

Kehamilan
Sperma dapat hidup sampai lima hari di dalam tubuh. Artinya bila wanita memiliki siklus haid yang lebih pendek dan menyebabkan ovulasi lebih cepat, tetap memiliki peluang hamil saat melakukan seks di hari akhir menstruasi.
Wanita harus memahami perbedaan antara pendarahan menstruasi dan pendarahan ovulasi atau yang juga disebut pendarahan (bercak) tengah siklus. 

PMS (Premenstrual Syndrome)
Beberapa wanita ada yang harus tersiksa lantaran PMS. Seperti mengalami mood swing parah, diare, migrain, kram, dan beragam gejala PMS lainnya.

Hari terakhir siklus alias sehari sebelum hari pertama menstruasi adalah waktu puncak terjadinya PMS. Level progesteron dan estrogen akan berfluktuasi secara tiba-tiba sehingga menyebabkan berbagai keluhan yang cukup menyiksa baik secara fisik maupun emosional.

Untuk mengatasi PMS, disarankan untuk melakukan gaya hidup yang sehat, dengan membiasakan diri olah raga, menjaga keseimbangan diet yang penuh dengan buah dan sayur segar, protein, karbohidrat kompleks, lemak baik, dan mengonsumsi vitamin. 

Kram berlebihan
Kram yang berlebihan selama menstruasi dapat menandakan wanita mengalami masalah endometriosis. Meski kram adalah hal wajar dan normal, tapi jika diabaikan dapat merugikan. Jika obat pereda nyeri untuk membantu meredakan kram tidak memberikan efek selama menstruasi, maka harus segera memeriksakannya ke dokter.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2JKtq2y

Menstruasi tidak harus setiap bulanan

Tidak ada alasan medis untuk mengalami menstruasi setiap bulan. Siklus yang tidak reguler tidak selalu berarti sebagai masalah tersendiri, tetapi karena pada dasarnya setiap tubuh manusia unik.
Saat kali pertama pil KB diperkenalkan di tahun '60 an dan '70 an, ginekolog dan peneliti menemukan bahwa kebanyakan wanita yang menggunakan obat-obatan tersebut untuk mendapat jaminan bahwa mereka tidak akan hamil. Padahal dengan demikian, artinya siklus menstruasi yang terjadi pun bukanlah karena siklus alami tubuh, melainkan farmalogis.

Menstruasi itu mahal
Hal tersebut bila dihitung dari berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya tampon atau pembalut, pil KB, obat-obatan pereda nyeri, dan berbagai pendukung lainnya. 
Namun jangan mengeluh karena masih banyak pula wanita lain yang bahkan tidak memiliki pilihan untuk membelanjakan dana untuk kebutuhan tersebut karena kondisi tertentu.

Menstruasi deras 
Seringkali siklus menstruasi yang dialami para wanita setiap bulannya tidak berjalan teratur. Bukan hanya siklus, aliran darah yang deras atau tersendat menjadi satu perkara yang kurang disadari wanita. 
Padahal, penting untuk memperhatikan siklus dan bagaimana kondisi menstruasi setiap bulannya untuk mencegah masalah pada organ intim wanita seperti endometriosis, hingga masalah lain yang mengancam kesehatan rahim.

Bercak darah ringan (light flow)
Ini adalah fenomena umum bila wanita mengonsumsi pil KB. Saat mengonsumsi pil KB atau gejala tanda kehamilan berupa masa menstruasi ditandai bercak darah ringan, darah yang keluar sedikit, hal itu umum terjadi. Di sisi lain, wanita normal dan tidak hamil, darah menstruasi yang keluar biasanya semakin mengental.

Namun jika tidak mengonsumsi pil KB, maka kemungkinan menunjukkan gejala serius terhadap tiroid atau kelenjar pituitari. Sebaiknya, kunjungi dokter segera.

Perdarahan mendadak
Pil KB dapat menyebabkan perdarahan tiba-tiba atau menjadi pemicu gejala dari serviks dan polip rahim (benjolan pada dinding rahim). Dalam kasus langka, hal ini bisa berisiko indikasi terjadinya kanker.

Abnormal atau terlambat
Jika tidak hamil, maka menstruasi yang hadir di akhir jadwal menstruasi mungkin menunjukkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Misal, ovulasi mungkin tidak teratur atau mungkin mengalami PCOS (polycystic ovary syndrome). Hal ini juga menandakan wanita mengalami kesulitan dalam memprediksi hari subur.

Warna darah menstruasi merah jenuh
Jika debit darah menstruasi yang keluar berwarna sama dengan jus cranberry (berry asam dan merah), hal itu normal. Namun, wanita perlu berhati-hati akan kemungkinan menderita ketidakseimbangan hormon estrogen.

Ilustrasi. Sumber foto;https://bit.ly/2XjNfWw 

Minuman dingin 
Minuman dingin tidak berpengaruh apapun pada kelancaran atau terhambatnya menstruasi seseorang. Sebab menstruasi berhubungan langsung dengan sistem reproduksi wanita, sedangkan minum dan makan berhubungan dengan sistem pencernaan. 
Sehingga secara medis tidak benar adanya pengaruh antara minuman yang dikonsumsi dengan adanya gangguan pada haid karena sistem pencernaan dan sistem reproduksi terpisah dan tidak ada hubungannya satu sama lain.

Menstruasi tidak lancar
Ada tiga penyebab yang membuat menstruasi seseorang tidak lancar. Yaitu masalah pada dinding Rahim, masalah hormonal dari indung telur sehingga tidak haid dan masalah dari hormonal otak seperti stres, olahraga yang berlebihan dan lain sebaginya. 

Menarche
Menstruasi yang pertama kali datang disebut dengan menarche. Usia remaja putri mengalami menarche sangat bergantung pada faktor genetik (keturunan), bentuk tubuh, dan gizi seseorang. Setiap wanita mengalami menarche di waktu yang berbeda-beda. 

Amenore dan dismenore
Amenore adalah gangguan dalam sistem reproduksi yang membuat seorang wanita tidak mengalami menstruasi rutin. Amenore dibagi menjadi dua, yaitu amenore primer (jika seorang remaja wanita tidak mengalami menstruasi sampai usia lebih dari 16 tahun) dan amenorea sekunder (jika seseorang dulunya mengalami siklus haid rutin, tapi tiba-tiba terhenti).

Sedangkan dismenore adalah nyeri haid yang terjadi menjelang atau selama menstruasi. Sering kali, rasa nyeri tersebut membuat seorang wanita tidak dapat melakukan apapun, karena hanya bisa tertidur di kasur sambil menahan sakit.  Hal ini dapat terjadi karena terlalu banyak zat kimia prostaglandin pada tubuh.
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Apa saja kondisi rahim bermasalah yang perlu diwaspadai?
Rabu, 08 Juli 2020 - 11:43 WIB
Seperti organ tubuh lainnya, rahim juga dapat mengalami gangguan dan terkena penyakit. Apabila seora...
Bagaimana ciri-ciri rahim tidak sehat? Apakah akan mengganggu kesuburan?
Rabu, 01 Juli 2020 - 10:39 WIB
Rahim menjadi salah satu bagian dari sistem reproduksi wanita yang dapat mengalami gangguan, untuk i...
Tahukah wanita, bagian Miss V mana saja yang boleh dan tidak boleh dibersihkan?
Rabu, 24 Juni 2020 - 10:20 WIB
Daerah kewanitaan harus rutin dibersihkan untuk menjaganya agar tetap sehat. Namun tidak banyak wani...
Mengapa haid tidak teratur? Bagaimana cara mengatasinya?
Rabu, 17 Juni 2020 - 10:19 WIB
 Haid atau menstruasi adalah siklus perdarahan periodik yang dialami para kaum hawa setiap bulannya...
Mengapa Miss V bisa basah? Apa penyebabnya?
Rabu, 10 Juni 2020 - 10:57 WIB
Kendati dialami oleh setiap wanita, kondisi Miss V yang basah tentu membuat tidak nyaman. Sistem rep...
Apa penyebab masa menstruasi menjadi lebih pendek?
Selasa, 02 Juni 2020 - 08:55 WIB
Setiap wanita memiliki masa menstruasi yang bervariasi. Kebanyakan wanita mengalami menstruasi selam...
 Bagaimana wanita mengetahui ciri Miss V yang sehat?
Rabu, 20 Mei 2020 - 08:58 WIB
Wanita tetap wajib melakukan perawatan pada Miss V agar kesehatan organ tersebut selalu terjaga. Seb...
Faktor apa saja yang bisa menurunkan kesuburan wanita?
Rabu, 13 Mei 2020 - 10:42 WIB
Kesuburan wanita menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan peluang kehamilan. Namun tidak...
Apa yang menyebabkan rasa gatal pada Miss V?
Rabu, 06 Mei 2020 - 11:24 WIB
Rasa gatal pada organ kewanitaan adalah kondisi yang umum terjadi dan bukan kondisi yang serius dan ...
Benarkah membasuh Miss V dengan air hangat dapat mengatasi keputihan?
Kamis, 30 April 2020 - 12:28 WIB
Kunci mengatasi keputihan adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan Miss V setiap saat. Sebab j...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV