Pola makan sehat saat menopause
Elshinta
Selasa, 14 April 2020 - 10:10 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
 Pola makan sehat saat menopause
Ilustrasi. Sumber foto: https: https://bit.ly/2wFlqNm

Elshinta.com - Pada saat menopause, tubuh wanita mungkin berubah. Wanita menopause biasanya lebih sulit untuk mempertahankan berat badannya. Sebab akan banyak kehilangan massa otot dan lebih banyak mendapatkan lemak, terutama di area perut. Hal ini tentu dapat meningkatkan risiko kesehatan, seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, dan lainnya.

Untuk itu wanita perlu untuk mengubah pola hidupnya menjadi lebih baik agar kesehatan di masa tua tetap terjaga. Diantaranya menjaga pola makan agar berat badan terkontrol dengan baik dan tetap aktif melakukan aktivitas fisik. 

Bagaimana pola makan saat menopause yang baik? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut pola makan saat menopause yang baik:

Perbanyak konsumsi sayur dan buah
Asupan buah dan sayur sangat penting dalam masa gejala menopause.Konsumsi sayur dan buah sebanyak 5 porsi setiap hari. Jumlah ini dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, serta serat. Penelitian membuktikan bahwa orang yang makan setidaknya 5 porsi sayur dan buah setiap hari memiliki risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker yang lebih rendah. Mengonsumsi banyak sayur dan buah juga dapat membantu menjaga berat badan.

Konsumsi apel
Penelitian menyebutkan bahwa satu apel sehari dapat membantu mengurangi gejala menopause.  Dalam apel terdapat serat, vitamin C, hingga antioksidan yang baik bagi kecantikan. 

Menyantap sebutir apel setiap hari juga ampuh menurunkan berat badan karena kandungan lemak dan kalorinya yang sangat rendah. Setidaknya, makan apel setiap hari juga bikin lonjakan berat badan setelah menopause bisa diminimalisir.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3acUkLm

Banyak minum
Wanita menopause biasanya mengalami keluhan vagina kering dan kulit kering yang disebabkan oleh penurunan hormon estrogen. Sehingga, dengan minum banyak air (setidaknya delapan gelas per hari), ini dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Minum banyak air sangat diperlukan untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi.

Cukupi kebutuhan protein
Protein sangat diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Banyak sumber makanan yang mengandung protein, sehingga sangat mudah untuk mencukupi kebutuhan protein. Seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan merupakan beberapa sumber protein yang baik.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2RARw43

Penuhi kebutuhan kalsium
Saat menopause, perempuan rentan terkena osteoporosis. Menurunnya hormon estrogen saat masa menopause membuat massa tulang cepat hilang, sehingga kesehatan tulang menurun. Untuk itu, perlu memenuhi kebutuhan kalsium untuk membantu menjaga kesehatan tulang. 

Disarankan untuk mencukupi kebutuhan kalsium sebanyak 1200 mg per hari. Kalsium terdapat dalam susu, yogurt, keju, ikan dengan tulang (seperti sarden dan ikan teri), brokoli, dan kacang-kacangan. Susu adalah sumber kalsium dan vitamin D yang bermanfaat bagi para wanita.

Tingkatkan konsumsi zat besi
Cukupi kebutuhan zat besi sebanyak 8 mg per hari. Ini bisa didapatkan dari daging merah tanpa lemak, ayam, ikan, telur, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Konsumsi serat yang cukup
Roti yang terbuat dari biji-bijian utuh, sereal, pasta, nasi, buah segar, dan sayur merupakan sumber serta yang baik. Konsumsi serat yang dianjurkan berkisar 21 gram setiap harinya. 

Kurangi konsumsi makanan berlemak
Kalori harian sebaiknya mengandung sekitar 25%-35% lemak. Cobalah memenuhi kebutuhan lemak tubuh yang bersumber dari lemak tak jenuh (seperti alpukat, salmon, dan minyak zaitun).

Selain itu, batasi konsumsi lemak jenuh hingga kurang dari 7% kalori harian. Batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans (seperti daging berlemak, margarin, dan makanan yang digoreng). Hal ini dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3clOQ2l

Gunakan garam dan gula secukupnya
Kadar sodium yang terlalu tinggi bisa meningkatkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kurangi proses memasak dengan cara diasap, digarami atau dipanggang di atas arang karena makanan tersebut memiliki kandungan nitrat yang tinggi, yang dikaitkan dengan munculnya sel kanker. 

Konsumsi terlalu banyak gula atau makanan dan minuman manis dapat menyebabkan kenaikan berat badan berlebih. Juga, dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi. 


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Bagaimana ciri-ciri rahim tidak sehat? Apakah akan mengganggu kesuburan?
Rabu, 01 Juli 2020 - 10:39 WIB
Rahim menjadi salah satu bagian dari sistem reproduksi wanita yang dapat mengalami gangguan, untuk i...
Tahukah wanita, bagian Miss V mana saja yang boleh dan tidak boleh dibersihkan?
Rabu, 24 Juni 2020 - 10:20 WIB
Daerah kewanitaan harus rutin dibersihkan untuk menjaganya agar tetap sehat. Namun tidak banyak wani...
Mengapa haid tidak teratur? Bagaimana cara mengatasinya?
Rabu, 17 Juni 2020 - 10:19 WIB
 Haid atau menstruasi adalah siklus perdarahan periodik yang dialami para kaum hawa setiap bulannya...
Mengapa Miss V bisa basah? Apa penyebabnya?
Rabu, 10 Juni 2020 - 10:57 WIB
Kendati dialami oleh setiap wanita, kondisi Miss V yang basah tentu membuat tidak nyaman. Sistem rep...
Apa penyebab masa menstruasi menjadi lebih pendek?
Selasa, 02 Juni 2020 - 08:55 WIB
Setiap wanita memiliki masa menstruasi yang bervariasi. Kebanyakan wanita mengalami menstruasi selam...
 Bagaimana wanita mengetahui ciri Miss V yang sehat?
Rabu, 20 Mei 2020 - 08:58 WIB
Wanita tetap wajib melakukan perawatan pada Miss V agar kesehatan organ tersebut selalu terjaga. Seb...
Faktor apa saja yang bisa menurunkan kesuburan wanita?
Rabu, 13 Mei 2020 - 10:42 WIB
Kesuburan wanita menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan peluang kehamilan. Namun tidak...
Apa yang menyebabkan rasa gatal pada Miss V?
Rabu, 06 Mei 2020 - 11:24 WIB
Rasa gatal pada organ kewanitaan adalah kondisi yang umum terjadi dan bukan kondisi yang serius dan ...
Benarkah membasuh Miss V dengan air hangat dapat mengatasi keputihan?
Kamis, 30 April 2020 - 12:28 WIB
Kunci mengatasi keputihan adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan Miss V setiap saat. Sebab j...
Kenali jenis keputihan berdasarkan warnanya
Rabu, 29 April 2020 - 10:54 WIB
Munculnya keputihan bisa bersifat wajar apabila terjadi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Namun, s...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV