Tips fotografi keren menggunakan smartphone Oppo Reno 3
Elshinta
Selasa, 14 April 2020 - 21:10 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
 Tips fotografi keren menggunakan smartphone Oppo Reno 3
Sumber foto: www.kompas.com.

Elshinta.com - Apakah Anda ingin mendapatkan jepretan foto keren dengan menggunakan smartphone? Mungkin, Anda sempat berpikir kalau fotografi dengan menggunakan smartphone itu tak bisa memberikan hasil yang optimal. Padahal, jika Anda tahu trik-triknya, Anda bisa memotret dengan hasil yang bagus meski hanya dengan menggunakan smartphone. Apalagi, jika Anda memakai Oppo Reno 3 yang berkualitas bagus, dan optimal di setiap fiturnya. Terutama, kameranya yang mampu menangkap subjek foto dengan tepat, serta menciptakan visual yang jernih dan tajam.

Trik Memotret dengan Menggunakan Smartphone

Dengan menerapkan cara memotret yang tepat, meskipun Anda hanya bermodalkan smartphone namun Anda sudah bisa menghasilkan jepretan foto selayaknya seorang fotografer profesional. Ini membuat hasil foto Anda jadi terlihat beda. Selain itu, trik ini juga dapat Anda terapkan jika Anda sedang mulai belajar fotografi, tapi ingin menggunakan smartphone sebagai permulaan terlebih dahulu. Pada dasarnya, siapa saja bisa memakai smartphone untuk memotret apapun yang diinginkan. Anda juga bisa melakukannya, dan akan lebih bagus lagi hasilnya jika Anda mengetahui trik-triknya. Mari simak trik fotografi dengan smartphone berikut ini:

Bersihkan Lensa Kamera Agar Foto Terlihat Jernih

Anda menghabiskan banyak waktu dengan menggenggam smartphone Anda. Begitupun memasukkannya ke dalam saku celana atau tas. Ini bisa membuat lensa kameranya jadi kotor, berdebu serta tertempel sidik jari Anda. Maka dari itu, kalau Anda mau foto Anda terlihat bagus, pertama-tama bersihkan dahulu lensa kamera smartphone Anda tersebut. Sebab, kalau tidak, bisa-bisa itu memengaruhi hasil visual foto yang Anda jepret. Nanti, bisa jadi fotonya tidak akan terlihat tajam dan jernih karena lensa kameranya yang kotor. Anda bisa menggunakan kain lembut untuk mengelapnya, atau jika Anda berada di pantai, tiuplah lensa tersebut agar bersih dari butiran-butiran pasir halus.

Tentukan Fokus Agar Subjek Foto Selalu Terlihat Tajam

Bahkan jika lensa kamera Anda bersih sempurna sekalipun, terkadang subjek foto Anda tetap tidak akan terlihat tajam. Ini karena autofokus kamera tidak selalu bisa fokus terhadap benda, sesuai dengan yang Anda harapkan. Jadi, untuk memastikan subjek foto Anda selalu mendapat fokus sepenuhnya, maka Anda perlu mengaturnya secara manual. Biasanya, cara ini juga bisa dilakukan dengan sangat mudah. Kebanyakan pengaturan pada kamera smartphone memungkinkan Anda mengetuk layar saja untuk membidik fokus dengan sempurna. Ketuk pada bagian foto yang ingin Anda jadikan fokus utama. Nanti, kalau sudah fokus, maka biasanya bagian lainnya di latar belakang subjek utama tersebut akan memudar, sehingga subjeknya benar-benar terlihat jelas.

Sesuaikan Exposure untuk Tingkat Kecerahan yang Sempurna

Apakah foto Anda terlihat terlalu terang atau gelap? Ini sering terjadi, namun sebenarnya Anda bisa menghindarinya! Caranya juga simpel saja. Anda tinggal mengatur exposure pada kamera Anda sebelum mengambil foto. Biasanya, pilihan ini sudah ada di menu pengaturan kamera smartphone Anda. Tentukan sendiri, apakah Anda ingin menjadikan foto ini lebih gelap atau terang, jadi Anda bisa menambah atau mengurangi exposure sesuka hati. Kalau Anda mengatur exposure dengan tepat, maka dalam foto akan terlihat warna dan detail yang beragam dan mengagumkan. Terus, jika ingin membuat foto siluet yang bagus, Anda pun bisa mengurangi exposure tersebut. Exposure membantu membuat kontras pada foto terlihat lebih jelas dan detail.

Menggunakan Fitur HDR untuk Hasil Foto dengan Detail Jelas

Terkadang, yang membuat fotografi pemandangan itu sulit yakni menentukan exposure-nya. Apalagi, jika Anda ingin mengambil foto dengan kontras yang tinggi. Biasanya, foto dengan kontras tinggi itu terdiri dari area yang gelap dan terang, misalnya seperti pemandangan langit cerah dengan tanah yang gelap. Biasanya, permasalahannya ada dua, cahayanya yang terlihat kelewat terang sampai menyilaukan atau bayangannya yang terlalu gelap. Untuk itu, Anda bisa menggunakan mode HDR pada kamera smartphone. HDR merupakan singkatan dari High Dynamic Range. HDR memudahkan Anda menangkap detail bayangan dan sinar terang secara seimbang. Dengan menggunakan fitur HDR, Anda bisa menangkap foto yang terlihat indah dengan exposure sempurna.

Gunakan Mode Portrait untuk Membuat Background Buram Terlihat Apik

Apakah Anda ingin mendapatkan foto yang terlihat dreamy, dengan efek latar belakang buram? Mungkin, Anda sempat berpikir kalau ini tidak mungkin dilakukan dengan menggunakan smartphone. Namun, Anda sebenarnya tidak memerlukan kamera DSLR buat menciptakan foto yang apik seperti ini. Anda cukup menggunakan mode portrait saat mengambil gambar. Ini memudahkan Anda dalam memburamkan latar belakangnya saat Anda sedang memotret. Mode portrait biasanya membuat Anda mudah mempertajam subjek foto, sekaligus memburamkan latar belakangnya. Anda juga bisa mengatur pencahayaannya untuk mendapatkan hasil foto yang lebih sempurna.

Gunakan Lensa Berbeda untuk Memperbesar Atau Memperkecil Subjek

Jika Anda menggunakan smartphone dengan dua lensa atau tiga lensa, maka Anda bisa memperbesar atau memperkecil subjek foto dengan mudah. Caranya yakni dengan berganti menggunakan lensa pada kamera belakang Anda tersebut. Memperbesar gambar dapat memudahkan Anda mendapatkan hasil foto yang terlihat lebih dekat. Sementara, memperkecil gambar membuat angle-nya jadi terlihat lebih luas, sehingga lebih banyak objek yang bisa terpotret.

Namun, sekali lagi ini bergantung pada smartphone Anda juga. Anda bisa menyesuaikan pengaturannya dengan tipe kamera yang ada pada smartphone Anda tersebut. Jadi, hasil fotonya pun terlihat berbeda tergantung pada lensa mana yang Anda gunakan untuk memotret. Kalau Anda tidak yakin harus memilih lensa yang mana, maka Anda bisa mencoba menggunakan semuanya, lalu lihat hasilnya yang terbaik. Gunakanlah lensa tersebut.

Pegangi Kamera Agar Tidak Goyang Sehingga Hasilnya Tak Buram

Pasti Anda pernah mengalami momen-momen di mana foto jepretan Anda terlihat buram. Biasanya, penyebabnya yang paling umum yakni kamera yang goyang saat dipakai untuk memotret. Ini terjadi karena Anda memegang smartphone dengan kurang erat, bahkan goyangan yang paling pelan sekalipun bisa membuat hasil foto Anda jadi terlihat buram. Kalau Anda memotret dalam kondisi terang, maka ini tidak akan jadi masalah. Sebab, biasanya meski kamera bergerak, tapi lensanya dapat menangkap gambar dengan cepat juga, sehingga hasil fotonya terlihat bagus dan tajam.

Namun, kalau kondisinya minim cahaya, maka triknya adalah menggunakan kecepatan shutter yang lebih pelan. Ini akan memudahkan cahaya masuk ke lensa lebih lama. Jadi, fotonya jadi lebih terang dan tidak terlalu kelihatan buram. Kuncinya yakni memegang smartphone dengan erat, supaya tidak goyang saat Anda menggunakannya untuk menjepret foto. Anda juga bisa menggunakan bantuan tripod untuk ini.

Menerapkan Teknik Grid untuk Membidik Foto Lebih Baik

Mendapatkan foto yang terlihat jernih dan tajam memang penting. Namun, komposisi foto itu sendiri juga tidak kalah pentingnya. Komposisi yang bagus itulah yang membedakan foto biasa dengan yang luar biasa. Mengatur komposisi foto berarti Anda harus menata letak setiap elemen di dalam frame foto tersebut. Di sinilah Anda bisa menggunakan teknik grid yang juga biasa disebut dengan rule of third dalam fotografi.

Jadi, pada tampilan frame Anda ada grid-grid yang membagi foto jadi sembilan kotak, tiga kali tiga. Sementara, rule of third ini berarti Anda menempatkan subjek foto yang paling penting agar ke pinggir dan bukan di tengah. Ini menciptakan keseimbangan yang bagus, dengan komposisi natural. Namun, hasilnya justru terlihat sedap dipandang. Teknik ini juga dapat membantu Anda menciptakan foto simetris yang bagus.

Memotret Subjek dengan Lajur Garis Lurus untuk Kesan Mendalam

Kadang foto Anda terasa biasa-biasa saja dan bahkan tidak terkesan hidup sama sekali. Jika ini yang Anda alami, maka Anda bisa menggunakan strategi memotret subjek yang memiliki lajur garis lurus. Ini berarti Anda memotret subjek foto yang benar-benar memiliki lajur yang berbentuk atau membentuk garis lurus, sehingga saat dipotret, hasilnya akan terkesan mendalam. Misalnya, contoh yang paling mudah yaitu jembatan, jalan raya dengan markanya, pepohonan di hutan yang ditanam dengan satu jalur lurus, garis pantai di sepanjang pesisir.

Dari berbagai contoh tersebut, Anda tentu sudah bisa memiliki gambaran tentang subjek foto yang dimaksud. Kemudian, Anda bisa mengambil foto tersebut dari sudut yang benar-benar lurus, menunjukkan subjek tersebut dari arah depan garisnya dan bukan sampingnya. Jadi, itu terlihat lurus, seakan-akan tidak berujung, dan semakin mengecil. Ini membuat foto Anda terlihat hidup.

Gunakan Perspektif Berbeda Agar Foto Terlihat Lebih Unik

Kebanyakan orang mengambil foto sambil memegang smartphone di bagian depan wajah atau dada ketika sedang berdiri. Pasti Anda juga biasa melakukan ini. Namun, Anda akan mendapatkan hasil foto yang lebih keren lagi jika Anda memotret dengan sudut pandang yang berbeda. Jadi, coba Anda biasakan untuk selalu mencari perspektif yang unik saat memotret. Perhatikan lagi, dari sisi manakah foto yang diambil tersebut akan terlihat paling menarik?

Mungkinkah hasil jepretannya akan terlihat lebih bagus lagi kalau Anda mengambilnya dari sudut bawah sekali, sambil menghadap ke atas? Bahkan, Anda bisa mencoba duduk, berlutut, atau malah berbaring di bawah. Sebab, memotret dari sudut pandang yang rendah itu bisa menciptakan angle yang berbeda, membuat subjeknya jadi terlihat besar, luas dan memenuhi frame. Anda juga bisa menerapkan cara ini untuk memotret gedung yang tinggi, deretan pepohonan di tepi jalan, atau dekorasi lampu dan langit-langit yang indah. Anda pun bisa mengambil foto dengan sudut dari atas, tergantung subjeknya.

Memotret Subjek Foto dengan Komposisi Minimalis

Foto terbaik itu seringkali merupakan yang paling simpel. Sebab, kalau ada terlalu banyak elemen di dalam foto Anda, itu juga bisa membuat orang yang melihatnya jadi bingung. Bisa jadi, orang bahkan tidak tahu yang mana fokus dari foto tersebut. Mereka tidak bisa memperhatikan foto Anda dengan fokus. Jadi, kuncinya yakni Anda bisa membuat komposisi foto tersebut dengan simpel. Caranya, pilih satu subjek saja, hindari latar belakang yang terlihat ramai dan pilih background polos, serta sediakan banyak ruang kosong dalam foto Anda tersebut.

Cara-cara tersebut dapat membantu Anda menghasilkan jepretan foto yang terlihat apik. Apalagi, kalau Anda menggunakan smartphone Oppo Reno 3. Hasil foto Anda pun akan terlihat jernih, seperti nyata. Anda bisa mencoba berbagai teknik tadi dengan smartphone kesayangan Anda.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Samsung Galaxy Note 20 akan diumumkan secara online
Sabtu, 23 Mei 2020 - 17:49 WIB
Samsung dikabarkan telah memutuskan akan mengungkap perangkat flagsphip seri Galaxy Note 20 melalui ...
Kominfo: Aturan IMEI resmi berlaku
Sabtu, 18 April 2020 - 14:39 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan regulasi tentanng validasi nomor International Mob...
 Tips fotografi keren menggunakan smartphone Oppo Reno 3
Selasa, 14 April 2020 - 21:10 WIB
Apakah Anda ingin mendapatkan jepretan foto keren dengan menggunakan smartphone? Mungkin, Anda sempa...
Apple Store di AS tutup hingga awal Mei
Minggu, 05 April 2020 - 14:49 WIB
Senior Vice President of People and Retail Deirde O`Brien, dalam memo kepada karyawan Apple Store, m...
iPhone 9 dan 12 mundur dari jadwal rilis karena corona
Rabu, 11 Maret 2020 - 09:54 WIB
Apple dikabarkan mengalami kendala untuk jadwal peluncuran gawai mereka karena wabah virus corona, t...
Apple kekurangan stok iPhone pengganti karena virus corona
Kamis, 05 Maret 2020 - 20:10 WIB
Apple mengatakan kepada karyawan teknisnya bahwa stok iPhone pengganti akan terbatas selama beberapa...
Skema IMEI diterapkan, Kemendag berikan sanksi penjual gadget ilegal 
Jumat, 28 Februari 2020 - 21:34 WIB
Kementerian Perdagangan akan memberikan sanksi bagi penjual perangkat handphone, komputer genggam, d...
Apple akan perkenalkan iPod touch dan AirPods baru
Minggu, 23 Februari 2020 - 15:40 WIB
Apple dikabarkan akan memperkenalkan iPod Touch dan headphone baru pada acara tahunan yang berlangsu...
IMEI diberlakukan, ponsel `black market` pasti terpangkas
Rabu, 19 Februari 2020 - 07:55 WIB
Kementerian Komunikasi dan informatika (Kemenkominfo) bersama operator seluler melakukan uji coba me...
Menkominfo pastikan regulasi IMEI berlaku 18 April
Rabu, 05 Februari 2020 - 09:28 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah berdiskusi dengan kementerian terkait dan operator selu...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV