Kenali jenis sistem pembayaran online yang sering digunakan
Elshinta
Jumat, 17 April 2020 - 11:10 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
 Kenali jenis sistem pembayaran online yang sering digunakan
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2z31vZn

Elshinta.com - Tingginya tingkat transaksi online mendorong munculnya beragam sistem pembayaran online di dunia. Untuk mendukung kenyamanan dan kemudahan dalam melakukan transaksi belanja, menggunakan pembayaran melalui kartu kredit kerap dijadikan pilihan. 

Namun produk keuangan yang satu ini tentu tidak dimiliki oleh semua orang, sehingga alternatif jalur pembayaran lainnya perlu dijadikan sebagai pertimbangan.

Masih banyak jenis pembayaran online lainnya yang juga digunakan dan dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Apa sajakah itu? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini jenis-jenis metode pembayaran online yang sering digunakan:

Kartu kredit
Kartu kredit adalah metode pembayaran paling favorit untuk pembayaran saat belanja online karena tidak harus langsung membayar barang yang dibeli. Tak ada uang yang keluar dari rekening bank, hingga saatnya membayar cicilan.

Teknologi yang semakin maju membuat orang-orang mengembangkan kartu kredit dengan sistem yang telah terintegrasi dengan banyak hal. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3bjHI6u

Kartu debit
Pembayaran menggunakan kartu debit adalah membayar dengan menarik dana langsung dari rekening bank. Tidak perlu mengajukan aplikasi, persetujuan, membayar biaya tahunan, atau menerima risiko utang seperti pada kartu kredit.

Namun risikonya, kartu debit langsung terhubung dengan rekening bank. Bila nomor kartu digunakan tanpa izin atau terjadi kesalahan, uang akan keluar dari rekening.

Memang ada perlindungan dari penipuan, tapi butuh waktu agar bank bisa mengembalikan uang.
Jadi, sebisa mungkin hindari penggunaan kartu debit saat berbelanja online. Sebagai gantinya, gunakan kartu kredit atau kartu prabayar untuk mengisolasi rekening dari masalah.

Bayar melalui kasir minimarket
Untuk yang tidak memiliki kartu kredit atau rekening bank, jalur pembayaran yang satu ini menjadi pilihan yang paling tepat. Disini bisa membayar tagihan belanja online secara langsung dengan menggunakan uang tunai melalui kasir minimarket terdekat. 

Saat ini, hampir semua situs belanja online ternama menyediakan pilihan jalur pembayaran yang satu ini. Sehingga memudahkan untuk melakukan pembayaran, mengingat minimarket bisa ditemukan dengan mudah di berbagai lokasi. 

Cukup memilih salah satu minimarket terdekat dan menunjukkan kode pembayaran saja, maka sudah bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan uang tunai yang dimiliki.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3eukE6U

Transfer langsung di bank
Bisa melakukan pembayaran dengan cara transfer langsung melalui teller bank. Cukup isi resi transfer yang tersedia dan lakukan transfer sesuai dengan jumlah pembelanjaan, maka transaksi pembayaran akan berlangsung dengan cepat. 

Jangan lupa untuk memilih dan melakukan pembayaran melalui bank yang sama, sehingga pembayaran bisa langsung diterima saat itu juga. 

Melalui ATM
Pada umumnya, pembayaran melalui ATM ini banyak dijadikan sebagai pilihan utama, mengingat hampir semua orang sudah memilikinya. Bisa melakukan pembayaran kapan saja melalui mesin ATM terdekat di lokasi berada. Selain mudah, transaksi pembayaran ini juga bisa berjalan dengan aman.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3equkzb

Internet dan SMS banking
Jika terbiasa melakukan transaksi pembayaran online, internet banking atau SMS banking bisa menjadi pilihan tepat saat belanja online. Kedua layanan perbankan yang praktis ini akan membuat proses pembayaran berjalan dengan begitu mudah dan cepat dan tidak lagi perlu repot-repot keluar rumah. 

Bisa melakukan pembayaran belanja online di mana saja dan kapan saja, selama terhubung dengan layanan internet di smartphone. Untuk menikmati kenyamanan pembayaran yang satu ini, jangan lupa untuk mengaktifkan layanan tersebut di rekening bank terlebih dahulu. 

Layanan pembayaran dari pihak ketiga
Layanan pembayaran dari pihak ketiga juga dapat menjadi pilihan ketika berbelanja. Sebab seringkali tiap marketplace bekerjasama dengan beberapa alat pembayaran.

Layanan pembayaran pihak ketiga ini memberikan keamanan tambahan, selain memberikan nomor kartu kredit atau informasi rekening bank setiap website tempat berbelanja. 

Cara ini dapat mengurangi risiko hacker mendapatkan informasi pribadi. Layanan inipun memberikan perlindungan untuk pembeli saat barang yang dipesan tak sampai ketujuan atau terjadi penipuan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
`Greenwashing` kelewat batas dalam isu mikroplastik kemasan pangan
Minggu, 24 Oktober 2021 - 10:01 WIB
Praktik `greenwashing` alias pencitraan palsu untuk mendatangkan kesan ramah lingkungan banyak dilak...
Shopee gandeng jenama lokal semarakkan 10.10 Brands Festival
Kamis, 30 September 2021 - 13:53 WIB
Platform e-commerce Shopee melalui fitur #ShopeePilihLokal menggandeng dan menghadirkan beragam pr...
Shopee buka pelatihan bisnis digital untuk teman tuli di Solo
Kamis, 23 September 2021 - 14:00 WIB
Shopee bekerja sama dengan Gerakan Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Surakarta memperken...
Blibli suguhkan program apresiasi Hari Pelanggan Nasional 2021
Minggu, 05 September 2021 - 09:01 WIB
Perayaan Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2021 merupakan momentum bagi Blibli untuk mengapresiasi konsu...
Pegiat lingkungan ajak konsumen kritis sebelum membeli
Kamis, 19 Agustus 2021 - 17:40 WIB
Pegiat lingkungan hidup sekaligus pendiri The Earthkeeper Indonesia Teguh Handoko mengajak masyaraka...
Produk lokal diminati saat promo 17 Agustus
Kamis, 19 Agustus 2021 - 09:47 WIB
Platform dagang elektronik Tokopedia menemukan produk lokal laku keras saat masa promosi Hari Kemerd...
GoPay hadirkan promo 17-an, bangkit bersama usaha lokal
Senin, 16 Agustus 2021 - 15:37 WIB
Layanan pembayaran digital GoPay menghadirkan sejumlah promo untuk mendukung bisnis lokal kembali ba...
Shopee perketat penjualan produk kesehatan
Rabu, 07 Juli 2021 - 10:50 WIB
Shopee Indonesia menurunkan ratusan produk kesehatan, termasuk obat, yang tidak sesuai dengan regula...
Lukisan tiruan Mona Lisa terjual Rp49 miliar di Paris
Senin, 21 Juni 2021 - 08:17 WIB
Seorang kolektor Eropa membeli lukisan tiruan Mona Lisa dari Leonardo da Vinci yang dibuat pada abad...
Traveloka adakan festival belanja online ulang tahun Jakarta
Jumat, 18 Juni 2021 - 16:04 WIB
Aplikasi perjalanan Traveloka ikut serta merayakan Hari Ulang Tahun DKI Jakarta ke-494 dengan festiv...