Harga minyak melonjak ditopang pelonggaran penguncian wabah COVID-19
Elshinta
Rabu, 06 Mei 2020 - 08:48 WIB |
Harga minyak melonjak ditopang pelonggaran penguncian wabah COVID-19
Minyak naik ditopang harapan permintaan akan pulih dari efek corona. Foto: Antara

Elshinta.com - Harga minyak mentah melonjak pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), karena beberapa negara Eropa dan Asia bersama dengan beberapa negara bagian Amerika Serikat mulai melonggarkan langkah-langkah penguncian atau lockdown virus corona (COVID-19).

Patokan internasional, minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Juli naik 3,77 dolar AS atau 13,86 persen menjadi ditutup pada 30,97 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Sementara itu, minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni naik 4,17 dolar AS atau 20,45 persen menjadi 24,56 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Reli memperpanjang kenaikan minyak mentah Brent menjadi enam hari berturut-turut, sementara patokan AS WTI kini telah reli untuk lima sesi berturut-turut. Permintaan bahan bakar di seluruh dunia turun sekitar 30 persen pada April, tetapi permintaan meningkat sedikit karena upaya untuk mencabut pembatasan perjalanan.

Harga memperpanjang kenaikan mereka setelah perdagangan reguler meskipun data industri menunjukkan persediaan mingguan minyak mentah AS bertambah lebih besar dari perkiraan, ketika laporan itu juga menunjukkan kejatuhan besar dalam stok bensin.

Persediaan minyak mentah AS naik 8,4 juta barel pekan lalu, data dari kelompok industri American Petroleum Institute (API) menunjukkan Selasa malam (5/5/2020). Analis memperkirakan kenaikan 7,8 juta barel menjelang laporan pemerintah pada Rabu (6/5) pagi.

API juga melaporkan stok bensin turun 2,2 juta barel, dibandingkan dengan ekspektasi para analis dalam jajak pendapat Reuters untuk kenaikan 43.000 barel, menandakan bahwa permintaan mulai pulih.

Italia, Spanyol, Nigeria dan India, serta beberapa negara bagian AS termasuk Ohio, mulai mengizinkan beberapa orang untuk kembali bekerja dan membuka situs konstruksi, taman, dan perpustakaan. Namun, para pakar kesehatan telah memperingatkan bahwa langkah seperti itu dapat menyebabkan infeksi virus corona meningkat lagi.

"Pasar mulai menyadari bahwa penghancuran permintaan telah mengerikan, tetapi kami membuka kembali dan permintaan akan menjadi lebih baik," kata Phil Flynn, analis senior di Price Futures Group. "Tetapi kemunduran produksi baru saja dimulai."

Presiden AS Donald Trump memuji langkah-langkah oleh negara-negara bagian untuk membuka kembali ekonomi mereka.

Lalu lintas kendaraan di sebagian besar Amerika Serikat, termasuk bagian-bagian yang belum mencabut perintah tinggal di rumah, juga telah meningkat, kata riset RBC Capital Markets dalam sebuah catatan.

Bank Swiss UBS mengatakan pelonggaran pembatasan akan membantu menyeimbangkan penawaran dan permintaan, yang mengarah ke kekurangan pasokan pada kuartal keempat.

Morgan Stanley mengatakan puncak kelebihan pasokan di pasar global kemungkinan telah tercapai dan krisis penyimpanan berkurang.

"Persediaan telah meningkat tetapi tidak sekuat yang ditakuti: Dengan langkah-langkah jarak sosial meningkat pada Maret ... peningkatan persediaan yang diamati tidak sekuat yang ditakuti," katanya dalam sebuah catatan.

Ekspor minyak mentah Arab Saudi pada Mei diperkirakan turun menjadi sekitar 6 juta barel per hari (bph), terendah dalam hampir satu dekade, kata sumber industri dan analis.

Eksportir utama itu memangkas produksi mulai Mei di bawah pakta pasokan dengan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutu seperti Rusia.

Namun, Kepala Eksekutif Vitol Russell Hardy mengatakan kepada Reuters, permintaan puncak jangka panjang mungkin terkikis secara permanen. Permintaan minyak global merosot 26 juta menjadi 27 juta barel per hari (bph) pada April, dan Hardy memperkirakan penurunan tahun ke tahun lebih dari 8 juta barel per hari.

Selain itu, lalu lintas udara diperkirakan tidak akan pulih segera, yang akan memperlambat pemulihan permintaan bahan bakar, demikian Antara. (Anj)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Rupiah kehabisan tenaga, ditutup melemah 1,01% ke Rp14.523 per dolar AS hari ini
Jumat, 03 Juli 2020 - 17:12 WIB
Rupiah tak mampu membalikkan keadaan setelah sepanjang hari tertekan. Jumat (3/7) rupiah di pasar sp...
Akhir pekan, IHSG naik tipis ke 4.973
Jumat, 03 Juli 2020 - 16:55 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang sempat melesat tinggi akhirnya mempersempit kenaikan di hari...
Kemenkeu ungkap penyebab serapan anggaran kesehatan COVID tak maksimal
Jumat, 03 Juli 2020 - 14:34 WIB
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meningkatkan koordinasi dan sinergi bersama kementerian/lembaga terk...
Banyak kasus, koperasi simpan pinjam harus diawasi secara lebih ketat
Jumat, 03 Juli 2020 - 13:36 WIB
Pengawasan terhadap koperasi simpan pinjam di Tanah Air melalui pembentukan Lembaga Penjamin Simpana...
Rupiah melemah tertekan kasus COVID-19 yang terus meningkat
Jumat, 03 Juli 2020 - 10:55 WIB
Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat (3/7) pagi, melemah tertek...
IHSG akhir pekan diprediksi variatif cenderung menguat
Jumat, 03 Juli 2020 - 09:58 WIB
Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada akhir pekan diprediksi bergerak v...
Wow, harga bahan pokok di lokasi tambang emas Papua ini mencengangkan
Jumat, 03 Juli 2020 - 08:23 WIB
Harga bahan pokok di wilayah penambangan rakyat, di Korowai tepatnya di Maining 33, Distrik Kawinggo...
Kebijakan pemulihan ekonomi dan `new normal` disebut berdampak positif
Jumat, 03 Juli 2020 - 08:10 WIB
Kebijakan pemulihan ekonomi nasional (PEN) dan dimulainya akitivitas ekonomi pada era `new normal` b...
Hipmi siap bersinergi dengan Kemenpora lahirkan 5.000 wirausaha muda
Kamis, 02 Juli 2020 - 20:47 WIB
Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) siap bersinergi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Ke...
BeuJek ramaikan transportasi berbasis aplikasi di Jakarta
Kamis, 02 Juli 2020 - 20:37 WIB
Beujek segera meramaikan transportasi roda dua dan roda empat berbasis aplikasi di Provinsi DKI Jaka...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV