Cara aman belanja online dengan kartu kredit
Elshinta
Jumat, 08 Mei 2020 - 10:09 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
 Cara aman belanja online dengan kartu kredit
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2YK2CZ1

Elshinta.com - Berbelanja secara online dengan menggunakan kartu kredit memang praktis dan mudah, karena tidak perlu mendatangi toko atau tempat penjualan untuk membeli barang yang dibutuhkan. 

Jika memutuskan untuk berbelanja online dengan kartu kredit, maka penting untuk mengikuti sejumlah pedoman agar terhindar dari aksi penipuan dan pencurian identitas kartu kredit. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini cara menjaga agar kartu kredit dan data pribadi tetap aman saat menggunakannya:

Kartu kredit digunakan hanya pada situs yang terpercaya
Pastikan beberbelanja di toko online tepercaya yang menyediakan perlindungan maksimal kepada para pembeli dari berbagai tindak penipuan. 

Hindari klik link dari email, terutama yang tidak jelas asal-usulnya, karena link seperti ini i kemungkinan situs palsu untuk mencuri data kartu kredit. 

Salah satu cara untuk memeriksa apakah situs terpercaya atau bukan adalah dengan mengetik nama perusahaan atau toko dan produknya di situs pencarian online seperti Google dan simak hasil pencariannya. 

Jika tidak menemukan apapun mengenai toko online dan produknya tersebut atau kebanyakan testimoni negatif, sebaiknya jangan melakukan pembelian pada situs tersebut. Periksa pula identitas dari toko online itu, apakah memiliki alamat yang benar dan valid.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/35H1VAY

Berhati-hati saat mengetik URL
Jangan klik link apapun melainkan dengan mengetik alamat URL sendiri secara hati-hati. Pastikan mengetik alamatnya dengan benar, karena satu huruf saja yang salah dapat membawa ke situs yang berbeda. 

Namun alamat situs yang telah disimpan dalam bookmark di browser terkadang juga bisa berubah. Sehingga ada baiknya jangan klik situsnya melalui bookmark melainkan ketik saja alamat URLnya secara manual karena lebih aman.

Pastikan keamanan 
Pastikan memasukkan informasi kartu kredit di situs yang aman. Cara memeriksa keamanan sebuah situs dengan melihat alamat URL-nya yang harus diawali dengan ”https://”.

Jika tidak, kemungkinannya adalah situs tersebut tidak aman untuk tempat bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit. Selain itu, hal lain yang menandai tingkat keamanan dari suatu situs untuk bertransaksi dengan kartu kredit adalah adanya gambar gembok di sudut kanan bawah atau lencana VeriSign di bagian bawah laman situs tersebut. 

Kedua lambang tersebut mengindikasikan bahwa situs tersebut menggunakan enkripsi untuk melindungi data penggunanya.

Melindungi komputer 
Pastikan komputer terlindung dari virus dan para hacker yang dapat membawa ke situs-situs palsu dan mencuri data perbankan. Caranya adalah dengan mengunduh perangkat lunak antivirus dan antispyware dan memasangnya di komputer. 

Pastikan juga perangkat lunak tersebut merupakan versi terbaru, dan segera perbarui begitu sudah tersedia versi terkini. Selain itu, gunakan hanya perangkat lunak antivirus yang sudah terbukti kualitasnya dan bukan antivirus sembarangan.

Jangan bertransaksi selain dari komputer pribadi
Komputer yang terhubung dengan jaringan atau komputer yang digunakan oleh lebih dari satu orang memiliki tingkat keamanan yang lebih rendah. Sehingga informasi kartu kredit lebih berisiko dicuri apabila menggunakan komputer selain milik sendiri. 

Komputer seperti ini besar kemungkinan dipasang perangkat lunak keylogger yang akan merekam semua karakter yang diketik seseorang, termasuk informasi login dan nomor kartu kredit.

Namun, meski menggunakan komputer pribadi lebih aman, risiko menjadi korban phising (pencurian data pribadi) atau hacking jika menggunakannya di tempat umum dengan memanfaatkan koneksi Internet melalui WiFi publik. 

Para hacker memiliki akses ke sinyal WiFi yang sama dan dapat mencuri informasi yang dikirimkan seseorang melalui Internet. Sebaiknya tidak melakukan transaksi online dengan kartu kredit saat menggunakan koneksi WiFi di tempat-tempat umum.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/35Ex2gu

Cetak bukti pembayaran online 
Setiap kali menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi secara online, ingat selalu untuk mencetak konfirmasi atau bukti pembayarannya.

Gunanya adalah untuk membandingkan angka yang tertera pada bukti pembayaran tersebut dengan angka pada lembar tagihan kartu kredit dan memastikan keduanya identik. Selain itu jika di kemudian hari ada masalah dengan transaksi tersebut, bisa digunakan sebagai bukti.

Hindari transaksi melalui ponsel
Walau penggunaan telepon selular itu praktis, namun ketika tiba saatnya untuk melakukan transaksi pembelian dengan memasukkan nomor kartu kredit untuk membeli, sebaiknya jangan melakukannya di ponsel dan gunakan perangkat komputer desktop atau laptop pribadi dengan router yang aman.

Pahami informasi 
Dalam berbelanja online, ada empat jenis informasi yang perlu dimasukkan, yaitu nomor kartu kredit, tanggal kadaluarsa kartu, kode keamanan, dan alamat pengiriman. Selain keempat hal tersebut, tidak ada informasi lain yang diperlukan oleh suatu situs online.

Bila menerima email yang menyatakan ada masalah dengan pesanan dan diminta mengirimkan nomor kartu kredit melalui email, abaikan email tersebut karena kemungkinan besar itu merupakan penipuan.

Jangan simpan informasi kartu kredit 
Jangan simpan informasi kartu kredit di toko online agar para hacker tidak bisa mendapatkan informasi tersebut. Selain itu, juga untuk mencegah penyalahgunaan informasi kartu kredit oleh orang lain yang kebetulan memiliki akses ke komputer.

Jangan lupa untuk keluar (log out) dari situs tersebut setelah bertransaksi untuk mencegah penyalahgunaan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3cfjfPZ

Periksa kembali halaman pembayaran (Payment Page)
Cek kembali halaman pembayaran (payment page), mulai dari logo, formulir yang harus diisi, jumlah yang harus dibayar dan segala informasi yang ada. Tidak sedikit toko online di Indonesia yang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan payment gateway untuk proses pembayaran online, khususnya pembayaran denga kartu kredit.

Cek kembali tagihan bulanan kartu kredit
Selalu cek kembali tagihan bulanan kartu kredit, dengan transaksi yang sudah dilakukan. Jika menemukan ada kejanggalan dalam statement kartu kredit, segera hubungi bank. Usahakan untuk memblokir kartu kredit sebelumnya dan minta kartu pengganti.
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Barang apa saja yang sering membuat wanita kalap berbelanja?
Kamis, 02 Juli 2020 - 10:33 WIB
Kehidupan wanita tak bisa lepas dari aktivitas belanja. Survei menyebutkan bahwa 72 persen wanita gi...
Bagaimana cara menghemat biaya belanja keperluan dapur?
Kamis, 25 Juni 2020 - 10:44 WIB
Cara menghemat uang bisa dimulai dengan menghemat keperluan dapur sehari-hari. Mengingat harga kebut...
Kebiasaan belanja seperti ini yang membuat utang menumpuk
Kamis, 18 Juni 2020 - 11:11 WIB
Kebiasaan belanja adalah salah satu faktor penyebab yang membuat utang semakin menumpuk. Utang sebet...
Apakah menumpuk barang belanjaan, termasuk ciri-ciri pecandu belanja?
Kamis, 11 Juni 2020 - 10:08 WIB
Seseorang dapat mengalami kecanduan belanja. Sementara sebagian besar orang berbelanja untuk tujuan ...
Apa saja tipe-tipe orang saat belanja?
Jumat, 29 Mei 2020 - 12:35 WIB
Belanja merupakan salah satu kegiatan yang pernah dilakukan setiap orang. Namun, tak semua orang mem...
Mata pencaharian hilang atau gaji dipotong? Lakukan ini saat pandemi
Jumat, 15 Mei 2020 - 22:40 WIB
Dampak COVID-19, terjadi pemotongan gaji hingga hilangnya mata pencaharian yang dialami sebagian ora...
Tips berbelanja sayur dan buah online
Jumat, 15 Mei 2020 - 11:17 WIB
Untuk berbelanja buah dan sayur online, agar prosesnya semakin mudah dan mendapatkan manfaat yang le...
 Cara aman belanja online dengan kartu kredit
Jumat, 08 Mei 2020 - 10:09 WIB
Jika memutuskan untuk berbelanja online dengan kartu kredit, maka penting untuk mengikuti sejumlah p...
 Tips menghindari kesalahan saat belanja kebutuhan pokok secara online
Jumat, 24 April 2020 - 11:10 WIB
Sejak diberlakukannya social distancing, semua kegiatan sebisa mungkin dilakukan secara online terma...
 Kenali jenis sistem pembayaran online yang sering digunakan
Jumat, 17 April 2020 - 11:10 WIB
Tingginya tingkat transaksi online mendorong munculnya beragam sistem pembayaran online di dunia. Se...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV