Cegah kebocoran data, perusahaan harus tingkatkan sistem manajemen keamanan informasi
Elshinta
Jumat, 15 Mei 2020 - 15:55 WIB | Penulis : Cucun Hendriana | Editor : Administrator
Cegah kebocoran data, perusahaan harus tingkatkan sistem manajemen keamanan informasi
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/361lp3l

Elshinta.com - Pandemi Covid-19 menyebabkan kerugian di berbagai sektor bisnis. Sektor pariwisata, perhotelan, travel, serta transportasi merupakan sektor bisnis yang mengalami penurunan. Namun di sisi lain, sektor bisnis digital justru mengalami tren peningkatan. 

Berdasarkan data, terjadi peningkatan transaksi online dalam kategori kesehatan, bahan makanan, dan kebutuhan pokok di startup marketplace sebesar 30%.

Perkembangan teknologi digital dan akses internet sangat memudahkan terjadinya transaksi bisnis. Berdasarkan data tahun 2018, jumlah konsumen e-commerce di Indonesia mencapai 30 juta. Disinyalir, 8 dari 10 orang Indonesia setiap bulannya membeli paling tidak 1 produk melalui e-commerce. 

Secara umum, transaksi melalui e-commerce memang memiliki berbagai keuntungan. Transaksi dapat dilakukan secara cepat tanpa terbatas ruang dan waktu, produk yang tersedia sangat beragam, dan konsumen dapat langsung membandingkan harga antar seller, bahkan antar marketplace. Namun, dibalik itu semua ada tantangan pengendalian dan jaminan keamanan data pribadi konsumen. 

Direktur Pengembangan Standar Mekanika, Energi, Elektroteknika, Transportasi dan Teknologi Informasi Badan Standardisasi Nasional (BSN), Yustinus Kristianto Widiwardono sangat menyayangkan maraknya berita yang menyebutkan terjadinya pencurian data pribadi dalam e-commerce akhir-akhir ini. 

“Informasi merupakan aset yang sangat berharga. Perusahaan harus memiliki sistem manajemen yang baik agar dapat menjaga informasi perusahaannya. Apalagi perusahaan yang memiliki banyak mitra bisnis. Bila terjadi kebocoran informasi, tentu dapat menurunkan kredibilitas perusahaan tersebut,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/5).

Salah satu langkah yang dapat diterapkan oleh perusahaan untuk menjaga informasi adalah dengan menerapkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI). SMKI merupakan bagian dari sistem manajemen dalam suatu organisasi yang bertujuan untuk membangun, mengimplementasikan, mengoperasikan, memantau, memelihara, dan meningkatkan keamanan informasi. 

BSN telah mengadopsi identik standar ISO/IEC 27001:2013 – information technology – security techniques – information security management system – requirements menjadi SNI ISO/IEC 27001:2013 – Teknologi Informasi – Teknik keamanan - Sistem Manajemen Keamanan Informasi – persyaratan. 

SMKI merupakan pendekatan secara sistematik untuk menetapkan, menerapkan, mengoperasikan, memantau, mengkaji ulang, memelihara, dan meningkatkan keamanan informasi suatu organisasi untuk mencapai tujuan/sasaran bisnisnya. SMKI mencakup kebijakan, prosedur, pedoman/panduan serta sumber daya dan kegiatan terkait yang dikelola oleh suatu organisasi yang bertujuan untuk melindungi aset informasinya. 

SMKI mengikuti high level structure dalam standar sistem manajemen, sehingga ketika diterapkan, akan lebih mudah bagi penguna untuk mengintegrasikan/memadukan SMKI dengan sistem manajemen lainnya. “Jadi dalam standar ini tidak hanya tekait teknis teknologi informasinya, tetapi juga termasuk isu mengenai organisasinya,” terang Kristianto.

Hingga saat ini, BSN melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) telah mengakreditasi 10 Lembaga Sertifikasi yang memiliki ruang lingkup SMKI. Tercatat ada 159 organisasi di Indonesia yang telah menerapkan standar ini. Diharapkan, dengan berkembang pesatnya sektor bisnis digital, kesadaran akan pentingnya penerapan Sistem Manajemen Keamanan Informasi akan meningkat.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Penerapan teknologi evaluasi pelayanan publik di tengah pandemi
Kamis, 16 Juli 2020 - 12:24 WIB
Sebagai salah satu upaya rutin dalam peningkatan kualitas pelayanan publik, Kementerian Pendayagunaa...
Kominfo berhasil pertahankan slot orbit satelit Indonesia
Kamis, 16 Juli 2020 - 08:11 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berhasil mempertahankan slot orbit satelit milik In...
 Imbas Covid-19, setelah ditutup PP-IPTEK kembali dibuka untuk umum
Kamis, 09 Juli 2020 - 21:23 WIB
Setelah puncak pandemi Covid-19 melandai, Pusat Peraga Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) Kem...
SNI SMKI solusi wujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik
Kamis, 09 Juli 2020 - 14:17 WIB
Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, transparan dan akuntbel, serta ...
Kemenkes-Kementan diminta sinergi garap produk eucalyptus
Rabu, 08 Juli 2020 - 08:47 WIB
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Hasan Aminuddin meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk meninda...
Kementan tegaskan kalung eucalyptus tidak diklaim sebagai antivirus, namun demikian...
Selasa, 07 Juli 2020 - 07:54 WIB
Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian menegaskan bahwa produk in...
Eucalyptus diklaim bisa cegah COVID-19, ini penjelasan Kementan
Senin, 06 Juli 2020 - 12:48 WIB
Kementerian Pertanian akan memproduksi secara massal kalung dari tanaman eucalyptus yang diklaim bis...
Gelar HAI Fest 2020, TelkomGroup kedepankan pentingnya transformasi digital
Minggu, 05 Juli 2020 - 09:30 WIB
Sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar dan terdepan di Indonesia, PT Telekomunikasi Indonesia (P...
Pengangkut Rocket Lab gagal capai orbit, kehilangan muatan satelit
Minggu, 05 Juli 2020 - 08:49 WIB
Sebuah roket dari perusahaan peluncuran satelit berukuran kecil, Rocket Lab, gagal mencapai orbit se...
Tencent rilis TAD Sim 2.0 generasi baru, platform pengembangan simulasi swakemudi
Rabu, 01 Juli 2020 - 08:48 WIB
Raksasa teknologi dan game Tiongkok, Tencent merilis TAD Sim 2.0 generasi baru, berupa platform simu...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV