Kasal Yudo Margono tegaskan TNI AL tetap berpatroli saat pandemi
Elshinta
Rabu, 20 Mei 2020 - 13:45 WIB |
Kasal Yudo Margono tegaskan TNI AL tetap berpatroli saat pandemi
Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan ucapan selamat kepada Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) seusai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/05/2020). Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai KSAL dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai KSAU. Foto: Antara

Elshinta.com - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan berbagai operasi dan patroli TNI Angkatan Laut di wilayah laut Indonesia tetap berlangsung meski di tengah pandemi COVID-19.

"Tentunya untuk operasional kami jaga supaya tidak terpapar corona dan agar tetap melaksanakan operasi atau patroli kedaulatan hukum di sana," kata Yudo di lingkungan istana kepresidenan Jakarta, Rabu (20/5).

Pada hari ini Presiden Joko Widodo melantik Yudo Margono sebagai Kasal menggantikan Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. Presiden Jokowi juga menaikkan pangkat Yudo Margono satu tingkat, dari Laksamana Madya menjadi Laksamana.

"Harapan kami unsur-unsur kita tidak terkena corona sehingga kita dapat mengantisipasi dari sekarang dan kelangsungan operasional unsur-unsur dapat terus terjaga," tambah Yudo, seperti dikutip Antara.

Yudo juga meyakini kondisi di Laut Tiongkok Selatan masih terkendali sepanjang pandemi. "Enggak, enggak, tidak ada yang panas karena saya sebagai Pangkogabwilhan hampir setiap minggu saya melakukan patroli rutin di sana kalau kemarin ada unsur itu di luar ZEE (zona ekonomi ekslusif) kita, bukan di dalam," tambah Yudo.

Sebelumnya diberitakan di tengah pandemi COVID-19, Tiongkok dan Amerika Serikat bersitegang di Laut Tiongkok Selatan. Beberapa minggu terakhir kapal-kapal perang Angkatan Laut AS dan kapal pembom Angkatan Udara B-1 kerap berpatroli, AS juga disebut mengirimkan pesawat pengebom.

Tiongkok lalu secara rutin memprotes kegiatan Angkatan Laut AS di wilayah tersebut bahkan mengirim kapal atau pesawat terbang untuk membayangi kapal AS.

Tiongkok juga sudah membuat basis di salah satu pulau buatannya di Laut Tiongkok Selatan. Pesawat itu mendarat di Fiery Cross Reef, satu wilayah yang disengketakan.

Laut Tiongkok Selatan merupakan salah satu titik panas konflik yang melibatkan kekuatan-kekuatan besar dunia. Selain strategis bagi jalur pelayaran dan perdagangan dunia, kawasan itu disebut-sebut menyimpan potensi kekayaan sumber daya alam bernilai triliunan dolar AS.

"Kalau ada info-info tersebut saya telah langsung mengecek dengan patroli udara menggunakan boeing maupun pesawat AL beserta unsur-unsur KRI kita. Jadi KRI kita selalu ada 4 kapal di sana kemudian ada pesawat udara 1 dan 1 boeing yang setiap saat bisa dilaksanakan patroli, jadi seluruh kapal militer asing dan Tiongkok seluruhnya di luar ZEE kita tidak di dalam," tegas Yudo.

Menurut Yudo, sejak Januari 2020 saat kapal-kapal Tiongkok masuk ke ZEE Indonesia, pasukan TNI AL tetap melaksanakan pengamanan.

"Sehingga saat saya sebagai Pangkogabwilhan punya kantor di sana, posko di sana sehingga sewaktu-waktu ada eskalasi bisa langsung kita tindak lanjuti dengan unsur-unsur kita bersama dengan unsur Bakamla maupun unsur KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan)," tambah Yudo.

Pelantikan Yudo dihadiri undangan terbatas sekitar 20 orang termasuk Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Pol Idham Azis, mantan Kasal Laksamana Siwi Sukma Adji, mantan Kasau Marsekal Yuyu Sutisna, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta pejabat terkait lainnya. (Anj/Sik)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Komandan Kodim 1711 Boven Digoel kunjungi warga Kampung Kakuna Papua
Jumat, 25 September 2020 - 19:26 WIB
Komandan Kodim 1711/Boven Digoel Letkol Czi Daniel Panjaitan selaku Komandan Satuan Tugas TNI Man...
 Kapolres Malteng: Pembangunan akhlak keumatan perlu ditingkatkan
Rabu, 23 September 2020 - 18:25 WIB
Kapolres Maluku Tengah, AKBP Rositah Umasugi mengatakan, Bhabinkamtibmas akan bekerjasama dengan pen...
Korem 174 Merauke gelar donor darah dalam rangka menyambut HUT TNI ke-75
Selasa, 22 September 2020 - 21:36 WIB
Komando Resort Militer 174/Anim Ti Waninggap (Korem 174/ATW) Merauke menggelar kegiatan donor darah...
 Dilaksanakan sederhana, Polda Kalsel gelar syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-65
Selasa, 22 September 2020 - 20:38 WIB
Kapolda Kalsel Irjen Pol. Nico Afinta, memimpin Syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-65 tahun 20...
Maklumat Kapolri untuk Pilkada 2020: Keselamatan rakyat hukum tertinggi
Senin, 21 September 2020 - 18:37 WIB
Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis menerbitkan maklumat nomor Mak/3/IX/2020 tentang Kepatuhan terhada...
Jalin sinergitas TNI-Polri, Kapolda terima kunjungan Inspektur Koarmada II
Jumat, 18 September 2020 - 21:37 WIB
Dalam rangka menjalin hubungan silaturahmi antara TNI dan Polri, Kapolda Kaltara Irjen Pol Bambang K...
 Lewat mimbar Jumat, Bripka Irawan Karapesina tebar pesan kamtibmas
Jumat, 18 September 2020 - 21:25 WIB
Beragam cara untuk menyadarkan umat dalam menjaga dan memelihara situasi dan kondisi keamanan terus ...
Polsek Wanaraya Polres Barito gelar Operasi Yustisi tekan penyebaran Covid-19
Jumat, 18 September 2020 - 19:27 WIB
Upaya personil Polsek Wanaraya dalam menekan pandemi Covid-19 melaksanakan Operasi Yustisi di sekita...
 Hari ke empat Operasi Yustisi masih ada pelanggar yang terjaring
Jumat, 18 September 2020 - 19:11 WIB
Petugas gabungan dari Polresta Cirebon, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, dan Satpol PP Kabupaten Cirebo...
 Tengah jaga perbatasan RI-PNG, prajurit TNI mengadzani kelahiran putrinya via video call
Jumat, 18 September 2020 - 14:24 WIB
Prajurit Kepala (Praka) Saiful Zuhri, salah satu Prajurit Satgas Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad ya...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV