Halalbihalal virtual, Menperin-industriawan sepakat genjot manufaktur
Elshinta
Senin, 25 Mei 2020 - 16:11 WIB |
Halalbihalal virtual, Menperin-industriawan sepakat genjot manufaktur
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto: Antara

Elshinta.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menggelar halalbihalal secara virtual dalam suasana Idul Fitri, Minggu (24/5).

Silaturahmi yang bertajuk "Virtual Open House bersama Menteri Perindustrian" tersebut dilakukan bersama Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, asosiasi industri, para pelaku industri serta jajaran pejabat eselon I dan II di lingkungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

"Kepada para pejabat di lingkungan Kemenperin, serta para pelaku usaha di bidang industri manufaktur, saya bersama keluarga menyampaikan mohon maaf lahir dan batin. Semoga hikmat hari raya ini memberikan kekuatan dan semangat bagi kita untuk bekerja lebih baik ke depan," kata Menperin melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin (25/5).

Pada kesempatan itu Menperin mengajak para pejabat di lingkungan Kemenperin serta para pemangku kepentingan untuk menjadikan semangat hari kemenangan ini saling mendukung, menguatkan serta saling mengisi, dalam menghadapi masalah COVID-19.

"Tentu di dalam menghadapi masalah besar yakni COVID-19 diperlukan kebersamaan kita untuk memikirkan bagaimana agar ekonomi kita tidak terpuruk," ungkap Agus.

Menperin menyampaikan melalui berbagai kebijakan dan regulasi, Kemenperin terus mendorong agar industri manufaktur tetap dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian, meskipun di tengah pandemi COVID-19.

"Upaya kita berkontribusi untuk membangun bangsa, khususnya melalui pembangunan industri akan berhasil apabila ada kerja sama yang baik antara pemerintah dan pelaku industri. Pada kesempatan ini juga, kami dari Kemenperin memohon maaf apabila masih banyak pekerjaan rumah yang belum bisa diselesaikan. Namun kami sedang bekerja serius untuk menyelesaikannya," paparnya.

Para pelaku industri mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Kemenperin dalam mendukung para pelaku industri bisa tetap bertahan di tengah pandemi COVID-19, salah satunya terkait Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI).

Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) Adhi S Lukman sangat mengapresiasi upaya Kemenperin dengan mengeluarkan IOMKI, sehingga industri yang memproduksi kebutuhan primer seperti sektor industri makanan dan minuman (mamin) masih bisa beroperasi dan berkontribusi pada perekonomian selama dilakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Dalam suasana hari yang fitri ini, tentunya semua pelaku industri, khususnya industri mamin sangat mengapresiasi seluruh jajaran Kemenperin, karena selama COVID-19 ini, ternyata dukungan Kemenperin yang paling kami rasakan bagi kontribusi untuk pembangunan ekonomi kita," ujarnya.

Ketua Umum KADIN Indonesia Rosan Perkasa Roeslani, mengungkapkan hal senada. Ia berpendapat Kemenperin selaku pembina industri selalu mendukung, komunikatif dan sangat membantu para pelaku industri selama terjadi pamdemi COVID-19. "Di saat-saat seperti ini, kehadiran negara sangat tepat bagi kita semua, semoga kerja sama ini bisa memberikan asas manfaat untuk masyarakat Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar menyampaikan organisasi yang dipimpinnya akan senantiasa mengawal upaya Kemenperin agar industri tetap produktif selama pandemi COVID-19 masih ada. Upaya tersebut terutama melalui pengawalan IOMKI yang dilakukan tim pemantau HKI selama PSBB.

"Dari beberapa pertemuan antara Kemenperin dan pengurus HKI, banyak yang bisa dikerjasamakan dan semuanya siap untuk membantu dan bekerja sama," ujarnya.

Menperin menanggapi bahwa HKI merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari industri. Dengan upaya maksimal dari HKI, diharapkan investor-investor yang masuk bisa mengisi semua kawasan industri. "Kita berharap pelaku kawasan industri selalu siap memenuhi kebutuhan investor, pemerintah akan selalu memberikan dukungan," tegasnya.

Ia menambahkan pertemuan singkat antara jajaran Kemenperin dan para pelaku industri tersebut cukup konstruktif. “Mari kita buktikan bahwa industri kita mempunyai daya tahan yang luar biasa,” pungkasnya.

Pada 2019, ekspor sektor industri mencapai 126,57 miliar dolar AS, menyumbang 75,5 persen dari total ekspor Indonesia. Sektor yang memberikan sumbangsih paling besar terhadap capaian nilai ekspor tersebut antara lain industri makanan (21,46 persen), logam dasar (13,72 persen), bahan kimia dan barang dari bahan kimia (10 persen), industri pakaian (6,56 persen) serta industri kertas dan barang dari kertas (5,74 persen).

Adapun kontribusi sektor industri terhadap produk domestik bruto (PDB) total di tahun 2019 mencapai 17,58 persen, demikian Antara. (Anj)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pantau penanganan COVID-19 di Jatim, Menteri Terawan ngantor di Surabaya
Minggu, 12 Juli 2020 - 17:29 WIB
Masih tingginya jumlah kasus COVID-19 di Jawa Timur, mendapat perhatian serius Menteri Kesehatan (Me...
Jenazah terduga teroris yang ditembak di Sukoharjo diambil keluarganya
Minggu, 12 Juli 2020 - 17:10 WIB
Jenazah MJI alias IA, terduga teroris yang ditembak Densus 88 Antiteror dalam penangkapan di Dukuh N...
Pasien sembuh dari COVID-19 terus bertambah jadi 35.638
Minggu, 12 Juli 2020 - 16:55 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan sampai dengan saat ini p...
Kasus positif COVID-19 Kota Jayapura bertambah jadi 1.248 orang
Minggu, 12 Juli 2020 - 16:40 WIB
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Jayapura, Provinsi Papua, Ni Nyoman Sri ...
Manggarai Barat belum cairkan dana insentif petugas medis COVID-19
Minggu, 12 Juli 2020 - 14:33 WIB
Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur belum mencairkan dana insentif bag...
Wajib terapkan protokol COVID-19, pernikahan sudah diizinkan di Jambi
Minggu, 12 Juli 2020 - 14:27 WIB
Pemerintah Kota Jambi, Provinsi Jambi mulai Juli 2020 ini telah mengizinkan penyelenggaraan pernikah...
Menhan: Kasad ingin lulusan Akmil jadi pemimpin medan tempur
Minggu, 12 Juli 2020 - 13:29 WIB
Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, mengatakan bahwa Kepala Staf TNI Angkatan D...
Gugus Tugas siapkan aturan pemotongan hewan kurban
Minggu, 12 Juli 2020 - 13:12 WIB
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menyiapkan aturan terkait mekanisme pemotongan hewan kurb...
Kemenhub: Bandara Muhammad Sidik rencananya diresmikan Presiden Jokowi
Minggu, 12 Juli 2020 - 11:39 WIB
Bandar Udara Haji Muhammad Sidik di wilayah Desa Trinsing Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Uta...
Langgar disiplin protokol kesehatan, sejumlah kafe di Kudus terkena peringatan keras
Minggu, 12 Juli 2020 - 10:57 WIB
Pemerintah Kabupaten Kudus sedang menggencarkan upaya dalam mempersiapkan `new normal`. Kedisiplinan...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV