Apa saja tipe-tipe orang saat belanja?
Elshinta
Jumat, 29 Mei 2020 - 12:35 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Apa saja tipe-tipe orang saat belanja?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3greTYy

Elshinta.com - Belanja merupakan salah satu kegiatan yang pernah dilakukan setiap orang. Baik itu belanja untuk kebutuhan makan, pakaian, ataupun perlengkapan isi rumah. Belanja bisa menjadi salah satu kegiatan pelepas penat dari padatnya rutinitas.

Di era online seperti ini, proses belanja semakin mudah. Hanya dengan menggerakan jari-jemari, barang impian bisa dibeli dan dikirim ke rumah dengan cepat.

Namun, tak semua orang memiliki cara belanja yang sama. Setiap orang punya kebiasaan yang berbeda-beda. Dihimpun dari berbagai sumber,berikut ini adalah beberapa tipe atau kebiasaan orang di saat belanja:

Spontan
Tipe ini adalah karakter orang yang sering membeli suatu barang tanpa banyak pertimbangan dan tanpa pikir panjang.  Saat melihat suatu barang yang disukai maka akan langsung membeli atau bahkan memborongnya.

Terencana
Tipe seperti ini memiliki tujuan dan target khusus untuk masa depannya. Ia cenderung lebih suka menabung dibandingkan dengan menghabiskan terlalu banyak uang. Namun, karena terlalu fokus menabung dan investasi, karakter ini kadang tidak bisa terlalu menikmati kehidupan saat ini karena terlalu berhemat.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2M84pPR

Status
Tipe ini adalah orang yang lebih mementingkan status dalam berpenampilan. Lemarinya akan banyak dipenuhi produk ternama untuk terlihat eksklusif. Tipe ini cenderung sering membeli barang-barang mewah dan hidup menjadi sosialita. 

Peduli orang lain
Tipe belanja ini adalah tidak mementingkan dirinya sendiri. Tipe ini sering mentraktir atau juga memberikan kado yang cukup mahal untuk orang lain sedangkan mereka jusru jarang membeli barang untuk dirinya sendiri.

Bebas
Tipe ini adalah tipe orang yang berjiwa bebas. Bebas dalam mengatur finansialnya dan cenderung tidak memikirkan masa depan dan masa sekarang. Tipe ini malah sering lupa membayar tagihan dan tidak sadar jika sudah memasuki tanggal gajian. Tipe ini juga tidak akan mandiri secara finasial dan malah mengandalkan dukungan orang lain.

Impulsif
Tipe ini biasanya membeli barang di luar kebutuhan karena keinginan membeli barang tidak dapat terbendung. Mereka juga selalu punya alasan untuk membenarkan keinginan untuk belanja, misalnya karena alasan produk tersebut lucu.

Pemburu diskon
Tipe ini takkan belanja tanpa diskon atau promo. Pemburu diskon akan berusaha keras mendapatkan harga terbaik. Mereka tak segan menunggu diskon di tengah malam, atau pergi ke bazaar dengan diskon besar, hanya untuk mendapatkan produk dengan harga murah.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3eyZdkp

The Educated Shopper
The Educated Shopper benar-benar harus mengenal produk yang dibeli, agak tak menyesal di kemudian hari. Mereka akan membaca review terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli.The Educated Shopper tahu betul mana barang yang dibutuhkan atau sekadar ingin saja.

Menawar
Tipe ini suka sekali menawar harga. Mereka tak puas jika membeli barang dengan harga yang ditawarkan penjual. Mereka akan berusaha menawar sebisa mungkin, agar tak rugi. Mereka juga suka membandingkan harga di beberapa toko dan hanya akan membeli barang di toko yang menawarkan harga lebih murah.

Setia 
Pembelanja berjiwa royal memang tak pandang untung rugi untuk membeli produk dari brand kesayangannya. Biasanya mereka menjadi member khusus, karena tidak mau terlewat koleksi terbaru brand pujaannya.

Cepat
Tipe ini biasanya tidak suka banyak basi-basi. Cukup mendatangi satu atau dua toko, mencari barang yang akan dibelinya, kemudian bayar, setelah itu langsung pulang.

Beberapa alasan yang sering mendasari tipe orang ini adalah tidak punya waktu untuk belanja, atau memang malas untuk sekadar berkeliling melihat toko-toko lain.

Lama
Tipe ini justru lebih suka berlama-lama di tempat belanjaan. Mereka biasanya akan berkeliling dan memutari tempat belanjaan terlebih dahulu. Di samping berbelanja, juga tidak lupa menyempatkan diri untuk makan, nonton di bioskop, ataupun hanya sekadar duduk sambil memperhatikan lingkungan sekitar.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3grfidw

Apapun tipe belanjanya, harus bisa menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran. Jangan sampai pengeluaran jauh besar dari pendapatan. Usahakan tetap bisa menyisihkan uang untuk ditabung.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
YouTube uji coba fitur beli produk yang tampil dalam video
Minggu, 17 Januari 2021 - 13:00 WIB
YouTube dilaporkan sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna membeli produk yang mereka l...
Zalora siapkan tim dan gudang jelang Harbolnas 12.12
Jumat, 11 Desember 2020 - 11:27 WIB
Platform niaga elektronik khusus fesyen, Zalora, menyiapka kapasitas gudang hingga menambah tim menj...
Berbelanja dan menonton aman di tengah pandemi COVID-19
Sabtu, 05 Desember 2020 - 16:00 WIB
Orang-orang bisa kembali berbelanja di mal untuk memenuhi kebutuhan mereka di masa pandemi COVID-19,...
Survei: 43 persen Gen X dan Boomers mulai belanja online saat pandemi
Selasa, 10 November 2020 - 17:10 WIB
Studi terbaru dari Facebook IQ tentang Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas menunjukkan bahwa...
Saran dokter untuk pencinta `high heels`
Kamis, 22 Oktober 2020 - 17:46 WIB
Pakar gizi medik dari FKUI-RSCM, Prof. Saptawati Bardosono menyarankan Anda menurunkan ketebalan sep...
Kemenko Perekonomian: Transaksi e-commerce 2020 meningkat
Senin, 19 Oktober 2020 - 15:26 WIB
Staf Ahli Menteri Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan SDM Kemenko Perekonomian Mira Tayyib...
 Hal-hal yang harus diperhatikan saat akan membeli barang mahal
Kamis, 24 September 2020 - 09:49 WIB
 Belanja selalu menjadi aktivitas menyenangkan untuk sebagian besar orang. Membeli barang mahal bag...
Ini alasan mengapa window shopping memiliki banyak manfaat
Kamis, 17 September 2020 - 10:03 WIB
Bukan terkesan pelit atau hanya sekadar ingin coba-coba. Tujuan window shopping bukan ingin menghabi...
Ini alasan mengapa tidak perlu malu membeli barang bekas
Kamis, 10 September 2020 - 09:31 WIB
Salah satu cara untuk menekan pengeluaran adalah dengan membeli barang-barang bekas atau preloved. ...
 Bagaimana cara menghemat belanja make up?
Kamis, 03 September 2020 - 10:13 WIB
Tidak semua produk make up yang ada saat ini harus dimiliki semuanya, cukup membeli make up yang dib...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV