Presiden Jokowi ingatkan Pancasila harus hadir nyata dalam kehidupan
Elshinta
Senin, 01 Juni 2020 - 10:10 WIB |
Presiden Jokowi ingatkan Pancasila harus hadir nyata dalam kehidupan
Presiden Joko Widodo. Foto: Antara

Elshinta.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar nilai-nilai Pancasila harus hadir nyata dalam kehidupan bangsa Indonesia.

"Nilai-nilai luhur Pancasila harus kita hadirkan secara nyata dalam kehidupan kita. Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita," kata Presiden Jokowi saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual, di Ruang Garuda, Istana Bogor, Senin (1/6).

"Nilai yang hidup dalam kebijakan dan keputusan pemerintah, nilai yang terus hidup bergelora dalam semangat rakyat Indonesia," ujar Presiden Jokowi pula.

Upacara diikuti sejumlah pejabat tinggi negara dari tempat mereka masing-masing. Hadir secara virtual dalam upacara tersebut adalah Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila yang juga Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bersama para Dewan Pengarah BPIP yaitu Try Sutrisno, Wisnu Bawa Tenaya, Ahmad Syafii Ma'arif, Said Aqil Siradj, Sudhamek, Andreas Anangguru Yewangoe dan Rikard Bagun.

Hadir pula Ketua DPR RI Puan Maharani yang membacakan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang membacakan teks Pancasila serta Ketua BPIP Yudian Wahyudi beserta jajaran BPIP lainnya dan para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Presiden Jokowi mengaku tidak henti-hentinya mengajak seluruh penyelenggara negara dari pusat sampai daerah untuk meneruskan keberpihakan kepada masyarakat yang sedang dalam kesulitan.

"Untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras dan agama serta untuk memenuhi kewajiban kita untuk melindungi seluruh tumpah darah Indonesia," kata Presiden.

Presiden Jokowi mengajak seluruh elemen bangsa di mana pun berada dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote untuk terus memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan.

"Saling membantu, saling menolong dan saling bergotong royong serta selalu optimis bahwa bangsa kita adalah bangsa pemenang dalam menghadapi segala tantangan menghadang," ungkap Presiden.

Kekurangan dan kelemahan yang dimiliki bangsa Indonesia, menurut Presiden, tidak menghalangi Indonesia untuk terus maju.

"Kekurangan dan kelemahan harus sama-sama kita perbaiki, harus kita jadikan momentum perubahan untuk memicu lompatan kemajuan agar kita jadi bangsa kuat dan mandiri yang berdiri di atas kaki sendiri," kata Presiden.

Hari Lahir Pancasila menurut Presiden harus menjadi momentum untuk bersatu dan peduli khususnya di tengah pandemi COVID-19.

"Selamat hari lahir Pancasila, selamat hari lahir Pancasila, selamat hari lahir Pancasila, mari kita selalu bersatu saling peduli dan selalu berbagi untuk kemajuan negeri kita tercinta ini," kata Presiden.

Meski digelar secara virtual, para pejabat negara tersebut tetap berpakaian resmi dengan mengenakan jas dan kopiah bagi pria dan baju kerja resmi bagi wanita. Mereka juga kompak memakai masker.

Sebelumnya, upacara tersebut dijadwalkan digelar di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri Jakarta Pusat secara langsung. Bahkan pesertanya dijadwalkan hadir sekitar 100 orang.

Namun, pada akhirnya upacara tak jadi digelar secara langsung di Gedung Pancasila dan digelar secara virtual dari tempat para penyelenggara masing-masing, demikian Antara. (Anj)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Bank DKI gandeng GP Ansor dan Mountrash atasi persoalan sampah Jakarta
Minggu, 05 Juli 2020 - 15:57 WIB
Bank DKI menggandeng Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) DKI Jakarta untuk bekerja sama dalam pelatihan ...
3.586 pasien COVID-19 di Wisma Atlet sembuh
Minggu, 05 Juli 2020 - 12:59 WIB
Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, mencatat jumlah pasien COVID-19 yang semb...
Prakiraan cuaca Jakarta hari ini
Minggu, 05 Juli 2020 - 09:10 WIB
Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya diprediksi cerah berawan, Minggu (5/7).
Menteri Edhy: Prioritas utama budi daya lobster, bukan ekspor
Minggu, 05 Juli 2020 - 07:41 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menegaskan bahwa prioritas utama pemerintah adalah menge...
MPR: Pemerintah punya waktu hingga 20 Juli respon RUU HIP
Sabtu, 04 Juli 2020 - 13:39 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menilai pemerintah memiliki waktu hingga 20 Juli 2020 untuk merespon R...
Pasien positif hasil `swab test`di RSD Wisma Atlet bertambah sembilan orang
Sabtu, 04 Juli 2020 - 13:12 WIB
Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat mendapat tambahan pasien rawat inap positif...
Menperin: Kenaikan indeks PMI tunjukkan kebijakan telah `on the track`
Sabtu, 04 Juli 2020 - 12:43 WIB
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan kenaikan purchasing manager`s...
Presiden Jokowi beberkan upaya RI keluar dari `middle income trap`
Sabtu, 04 Juli 2020 - 12:13 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaparkan beberapa upaya agar Indonesia bisa kembali naik status menj...
Presiden Jokowi minta sesama perguruan tinggi saling membantu
Sabtu, 04 Juli 2020 - 11:58 WIB
Presiden Joko Widodo meminta agar berbagai perguruan tinggi yang tergabung dalam Forum Rektor Indone...
Anggota DPR ingin layanan internet lebih terjangkau warga
Sabtu, 04 Juli 2020 - 09:39 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menginginkan agar selama masa pandemi ini, berbagai perusahaan opera...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV