Penyebab rambut lepek bisa dari kebiasaan yang sering tidak disadari
Elshinta
Rabu, 03 Juni 2020 - 10:33 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
 Penyebab rambut lepek bisa dari kebiasaan yang sering tidak disadari
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2U4gZE5

Elshinta.com - Iklim tropis, cuaca panas, dan tingkat polusi yang tinggi membuat kulit kepala mudah berminyak dan gatal. Ciri rambut lepek yang paling mudah dideteksi adalah kulit kepala berminyak, akar rambut kempes dan kehilangan volumenya, serta sulit diatur. Selain cuaca, ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab rambut lepek. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kebiasaan-kebiasaan tersebut:

Salah pilih produk
Salah menggunakan produk perawatan bisa membuat rambut menjadi lepek. Masih banyak orang yang belum cukup peduli soal pentingnya menggunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan tipe rambut masing-masing.

Misalnya jika memiliki tipe kulit kepala berminyak, sebaiknya pilih shampoo khusus rambut berminyak. Begitu pula untuk yang berambut kering.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2BniMh3

Sering keramas 
Keramas memang bisa membersihkan rambut dan meluruhkan sebum, namun keseringan justru bisa mendatangkan masalah baru, yakni kulit kepala menjadi kering, rawan ketombe, bahkan lepek. Ketika keramas, shampo dapat membersihkan semua debu dan kotoran di kulit kepala, termasuk minyak alami rambut.

Akibatnya, tubuh akan mengira kulit kepala mengalami kekeringan dan akhirnya memproduksi minyak lebih banyak. Sebaiknya cuci setiap dua atau tiga hari sekali. 

Keramas menggunakan air panas
Keramas menggunakan air panas akan membuat rambut menjadi mudah lepek. Suhu air yang panas dapat meningkatkan produksi sebum berlebih pada kulit kepala.

Sebaiknya gunakan air dengan suhu normal saja. Selain itu keramas yang kurang bersih juga dapat menjadi penyebab rambut lepek. Sisa shampoo yang menumpuk pada kulit kepala bisa menebal dan berubah jadi ketombe. Kulit kepala juga jadi berminyak dan lepek.

Menunda keramas
Bagi yang mengenakan hijab,bukan berarti rambut tidak kotor. Penumpukan minyak dan keringat pada kulit kepala dapat menimbulkan bau apek dan memicu ketombe. Oleh karena itu jangan menunda keramas agar rambut tak lepek.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3eIbCT6

Cara menggunakan conditioner 
Banyak orang masih melakukan kesalahan dengan mengaplikasikan conditioner pada kulit kepala saat keramas. Sampai saat ini, banyak orang yang masih mengaplikasikan conditioner pada kulit kepala.

Padahal, kulit kepala tidak membutuhkan conditioner. Justru, jika melakukan hal ini, maka membuat rambut jadi mudah berminyak, terlalu lembap dan lepek.

Gunakan conditioner yang benar dengan mengusapkannya pada bagian tengah hingga ujung rambut, atau hanya mengoleskan pada bagian yang kering saja. Penggunaan pelembab rambut yang berlebihan justru akan membuat rambut menjadi lepek, bukannya malah berkilau. 

Mengikat rambut 
Selain menimbulkan ketombe, mengikat rambut dalam keadaan basah juga menjadi salah satu penyebab rambut lepek. Karena, rambut yang basah lalu diikat tidak dapat bernapas dan memicu produksi minyak berlebih.

Karena alasan terburu-buru atau malas mengeringkan rambut, tak jarang wanita yang langsung mengenakan hijab atau kerudungnya. Padahal  menggunakan hijab dalam keadaan rambut setengah basah akan menyebabkan rambut bau apek seharian.

Sering memegang rambut
Tangan yang kotor akan mentransfer kotoran atau minyak ke rambut. Sehingga tanpa disadari rambut jadi cepat berminyak. Selain itu, terlalu sering menyisir akan mengaktifkan produksi minyak pada kulit kepala secara berlebih. Jika dilakukan sekali-sekali, ini akan membuat rambut tampak berkilau, tetapi jika terlalu sering justru akan membuatnya lepek.

Terlalu lama terpapar sinar matahari
Kulit kepala yang terlalu lama terpapar sinar matahari akan mengeluarkan keringat melalui pori-pori rambut dan menyebabkan minyak berlebihan mengucur dari akar rambut, yang membuat rambut menjadi mudah lepek. Sebaiknya jangan terlalu berlebihan terkena sinar matahari agar kulit kepala tidak terlalu banyak berkeringat.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/36THWzE

Menggunakan sisir yang kotor
Kotoran dan debu yang berasal dari rambut akan menumpuk pada sisir dan dapat kembali menempel pada rambut saat digunakan untuk menyisir lagi. Bersihkan sisir minimal satu minggu sekali atau saat terasa kotor.

Makanan berlemak 
Makanan juga berpengaruh terhadap kesehatan dan kecantikan rambut. Salah satu makanan yang berpengaruh pada rambut adalah makanan yang berlemak. Minyak pada makanan berlemak tersebut akan dikeluarkan kembali pada pori-pori kulit, tak terkecuali kulit kepala.

Stres
Selain memengaruhi kesehatan tubuh, stres juga dapat menyebabkan rambut rontok, cepat timbul uban, berminyak hingga terjadinya kebotakan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk redakan stress dengan melakukan aktivitas yang bisa membuat bahagia dan rileks.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Apa penyebab makeup tidak bisa tahan seharian?
Senin, 28 September 2020 - 11:14 WIB
Umumnya, makeup yang terlihat sempurna itu hanya terjadi di pagi hari atau saat baru menyelesaikan r...
Selain wajah, mengapa bagian tubuh ini juga wajib dioleskan sunscreen?
Senin, 21 September 2020 - 09:36 WIB
Memakai sunscreen atau tabir surya merupakan hal yang wajib dilakukan agar tetap terlindungi dari si...
Hal-hal yang harus dilakukan sebelum mencoba skincare baru
Senin, 14 September 2020 - 10:16 WIB
Bagi pemula, tentu juga merasa bingung saat akan mencoba skincare. Banyaknya produk dan tahapan-taha...
 Kesalahan pada rambut yang membuat wajah terlihat lebih tua
Senin, 07 September 2020 - 09:29 WIB
Banyak wanita yang terkadang menyepelekan rambut mereka. Padahal ternyata rambut memberi pengaruh ba...
 Bagaimana cara makeup untuk kulit berjerawat agar terlihat mulus?
Senin, 31 Agustus 2020 - 10:45 WIB
Meskipun saat ini sudah banyak sekali produk-produk kecantikan yang bisa digunakan, jika tidak menge...
 Hindari kesalahan ini saat menggunakan bedak
Senin, 24 Agustus 2020 - 10:57 WIB
Sepintas, mengaplikasikan bedak memang tampak mudah. Kendati demikian, ternyata ada beberapa kesalah...
 Penyebab eyeliner luntur yang perlu dihindari
Senin, 10 Agustus 2020 - 10:31 WIB
Permasalahan eyeliner luntur memang sering dialami para pengguna makeup. Umumnya, eyeliner yang lunt...
Tahapan skin care untuk mendapatkan kulit wajah bersinar
Senin, 03 Agustus 2020 - 09:43 WIB
Seiring bertambahnya usia, tak dapat dipungkiri kandungan kolagen, elastin dan asam hialuronat dalam...
Kebiasaan tak terduga yang membuat kulit cepat tua
Senin, 27 Juli 2020 - 10:34 WIB
 Ada banyak racun dan partikel yang mudah menguap di lingkungan yang membuat cepat tua. Meskipun ba...
Bahan skincare berikut ini yang membuat kulit wajah bersinar
Senin, 20 Juli 2020 - 08:33 WIB
Memerhatikan komposisi bahan yang ada dalam skincare merupakan kunci dari keberhasilan perawatan kul...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV